Comscore Tracker

6 Bahan Makanan Bergizi Tinggi & Ekonomis yang Wajib Ada di Kulkas

Jangan cuma diisi frozen food dan cemilan

Kulkas merupakan salah satu penemuan paling penting sepanjang sejarah. Kamu patut bersyukur, sebab dengan adanya kulkas, kamu telah terselamatkan dari kegiatan membuang makanan sisa yang basi, juga bisa mengonsumsi berbagai macam hidangan dalam keadaan segar dan dingin.

Tapi ngomong-ngomong, coba intip lagi apa saja yang ada di dalam kulkasmu? Sayang sekali jika isinya hanya ada frozen food dan juga cemilan awetan. Sebab, seharusnya kamu memanfaatkan kulkas yang kamu miliki dengan mengisinya dengan berbagai makanan bergizi tinggi dan menyehatkan. Dengan begitu, jika suatu waktu kamu lapar, kamu bisa memasak makanan dari bahan-bahan yang bergizi. Lalu bahan makanan apa saja yang wajib ada di dalam kulkas?

1. Telur

6 Bahan Makanan Bergizi Tinggi & Ekonomis yang Wajib Ada di Kulkasmedicalnewstoday.com

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki gizi tinggi serta mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Ditambah harganya yang ekonomis, membuat semua kalangan bisa merasakan manfaat dari konsumsi telur.

Cara pengolahannya pun amatlah mudah dan beragam, cukup dengan digoreng, orak-arik, dan sebagainya, kamu sudah bisa mendapatkan lauk yang praktis lagi menyehatkan. Nah, daripada nyetok makanan instan yang rendah gizi, lebih kamu kamu penuhi isi kulkasmu dengan telur yang bergizi tinggi ini.

2. Tempe

6 Bahan Makanan Bergizi Tinggi & Ekonomis yang Wajib Ada di Kulkasbolehkah.com

Kamu patut bersyukur tinggal di Indonesia, sebab di sini makanan kaya akan protein seperti tempe bisa kamu nikmati dengan harga yang relatif murah. Makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai ini mengandung protein yang sangat tinggi dan mudah dicerna oleh tubuh.

Tak hanya itu, tempe juga memiliki segudang manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Ditambah bahan makanan ini dapat diolah dengan mudah dan memiliki rasa yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Supaya kamu bisa mendapatkan manfaat tempe kapan saja, kamu wajib mengisi lemari es dengan persediaan tempe yang banyak.

3. Sayuran

6 Bahan Makanan Bergizi Tinggi & Ekonomis yang Wajib Ada di KulkasSelf.com

Bahan makanan lain yang harus ada di rumahmu adalah sayuran. Dengan harga yang amat sangat terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan bahan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral. Jadi, sudah sepatutnya sayuran hijau selalu ada di rumahmu dan menjadi salah satu menu wajib setiap hari.

Baca Juga: Sama-sama Jadi Bahan Minuman, ini Bedanya Matcha dan Green Tea

4. Susu

6 Bahan Makanan Bergizi Tinggi & Ekonomis yang Wajib Ada di Kulkasminimalistbaker.com

Bisa dibilang susu merupakan minuman yang sempurna karena mengandung banyak mineral yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat minum susu bahkan bisa dirasakan oleh semua usia, dari anak-anak hingga orang tua.

Kalau kamu khawatir makanan yang kamu konsumsi tidak dapat memenuhi semua nutrisi yang kamu butuhkan, sebaiknya kamu minum susu untuk melengkapi kekurangan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar lebih sehat, sebaiknya jenis susu yang kamu stok di dalam kulkas adalah jenis susu uht, murni, atau tawar.

5. Yoghurt

6 Bahan Makanan Bergizi Tinggi & Ekonomis yang Wajib Ada di KulkasThekitchn.com

Produk turunan susu ini juga termasuk salah satu yang wajib ada di dalam kulkas setiap saat. Yoghurt kaya akan kandungan probiotik yang dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan. Selain itu, yoghurt juga terbukti dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi lemak yang berlebihan seperti kolesterol, jantung, dan kegendutan.

Konsumsi yoghurt secara rutin ampuh untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kadar lemak dalam tubuh. Agar mendapatkan manfaat yoghurt secara maksimal, sebaiknya jenis yoghurt yang kamu stok adalah jenis plain yoghurt.

6. Alpukat

6 Bahan Makanan Bergizi Tinggi & Ekonomis yang Wajib Ada di Kulkaselarrayan.com

Lemak merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi cadangan. Kendati demikian, jangan sampai kamu mengonsumsi lemak secara berlebihan, apalagi lemak yang kamu konsumsi adalah jenis lemak jahat.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan lemak harianmu, kamu bisa mendapatkan sumber lemak dari alpukat. Sebab buah yang satu ini memiliki kandungan lemak baik dan bermanfaat bagi tubuh. Supaya kamu bisa mendapatkan asupan lemak yang baik setiap saat, sebaiknya sediakan beberapa butir buah alpukat di dalam kulkas.

Karena makan sejatinya bukan sekedar mengisi perut sampai kenyang, tetapi juga memberi asupan nutrisi bagi tubuh. Maka, sudah sepatutnya kamu membiasakan konsumsi makanan yang bergizi. Dan cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyetok makanan bergizi dan menyehatkan di dalam kulkas.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan yang Bisa Jadi Menu Andalan Vegetarian, Semuanya Enak!

Ekaay Ekaay Photo Community Writer Ekaay Ekaay

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You