Comscore Tracker

5 Manfaat Sehat Susu Kedelai, Bisa Mencegah Kanker Prostat!

Bisa mendukung program dietmu juga lho guys!

Susu kedelai merupakan minuman nabati, yang diekstrak dari kedelai (jenis kacang-kacangan yang termasuk anggota keluarga kacang polong), dengan cara merendam dan menggiling kedelai utuh, kemudian merebus campurannya dengan air, dan menyaring sisa partikelnya. Susu kedelai merupakan susu yang paling bernutrisi dan kaya akan protein lho guys dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Susu kedelai diperkaya akan vitamin dan mineral. 

Selain itu, susu kedelai juga memiliki jumlah karbohidrat yang seimbang, dengan kadar lemak yang rendah, sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti susu bebas lemak, dan mampu menawarkan berbagai macam untuk kesehatan, dan aman dikonsumsi untuk semua kondisi kesehatan. Oleh sebab itu, susu kedelai biasanya digunakan sebagai alternatif susu, oleh orang yang tidak bisa mentolerir susu maupun yang tidak bisa mengonsumsinya susu sama sekali. Nah, berikut ini ulasan 5 manfaat sehat susu kedelai. 

1. Mengurangi gejala menopause

5 Manfaat Sehat Susu Kedelai, Bisa Mencegah Kanker Prostat!rockymountainwomenshealthcenter.com

Manfaat pertama dari susu kedelai untuk kesehatan adalah dapat mengurangi gejala menopause. Wanita yang telah mengalami menopause, biasanya mengalami kekurangan hormon estrogen. Nah, isoflavon pada susu kedelai ini, mampu mempertahankan kadar hormon estrogen pada wanita yang telah mengalami menopause, sehingga mampu mencegah penyakit yang timbul akibat kekurangan kadar estrogen.

Selain itu, efek antioksidan dan isoflavon pada susu kedelai, mampu mengurangi resiko penyakit kronis, yang sering terjadi pada wanita yang telah mengalami menopause, terutama yang berhubungan  dengan sistem kardiovaskular. 

2. Mencegah kanker prostat

5 Manfaat Sehat Susu Kedelai, Bisa Mencegah Kanker Prostat!gakenya.com

Nah, ini dia salah satu manfaat terbesar dari susu kedelai, yaitu mampu mencegah kanker prostat. Kanker prostat merupakan kanker yang umumnya terjadi pada para pria. Kanker ini terjadi pada prostat, yaitu kelenjar kecil berbentuk kenari pada bagian tubuh pria, yang berfungsi untuk menghasilkan cairan mani yang sehat dan mengangkut sperma.

Nah, susu kedelai ini, merupakan sumber terbaik dari hormon phytoestrogen, merupakan hormon tanaman unik, yang mampu menghambat produksi hormon testosteron pada pria. Dengan berkurangnya jumlah hormon testosteron pada pria secara signifikan, tentunya juga akan mampu mengurangi resiko kanker prostat. Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa mengonsumsi isoflavon yang terdapat pada kedelai, mampu mengurangi resiko kanker prostat. 

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)

5 Manfaat Sehat Susu Kedelai, Bisa Mencegah Kanker Prostat!usatoday.com

Tak hanya mampu mencegah kanker prostat, susu kedelai juga mampu lho menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Makanan yang terbuat dari kedelai, baik susu kedelai maupun tahu, dipercaya ampuh dalam menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL). Mengonsumsi 25 gram protein kedelai dalam sehari yaitu sekitar 10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai, akan dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekitar 5% sampai 6%.

Baca Juga: 7 Manfaat Sehat Tempe, Mampu Memerangi Sel Kanker!

4. Membantu menurunkan berat badan

5 Manfaat Sehat Susu Kedelai, Bisa Mencegah Kanker Prostat!drmohans.com

Selain dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), susu kedelai juga mampu membantu menurunkan berat badan. Dibandingkan dengan jenis susu lainnya, kandungan gula pada susu kedelai jauh lebih rendah, sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan secara signifikan jika mengonsumsinya. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal pada susu kedelai, mampu menghambat penyerapan lemak usus, yang nantinya juga akan berkontribusi terhadap penurunan berat badan. 

5. Mencegah osteoporosis

5 Manfaat Sehat Susu Kedelai, Bisa Mencegah Kanker Prostat!artria.id

Tak hanya mampu menurunkan berat badan dan kolesterol jahat (LDL) saja, susu kedelai juga bisa mencegah osteoporosis. Kandungan fitoestrogen pada susu kedelai, mampu membantu mempercepat proses penyerapan kalsium oleh tubuh, sehingga bisa mencegah hilangnya massa tulang, yang merupakan penyebab dari osteoporosis.

Selain itu, terapi pergantian hormon dengan isoflavon pada kedelai, mampu meningkatkan retensi massa dan kepadatan tulang, sehingga mampu menurunkan resiko patah tulang pada wanita yang telah mengalami menopause.

Nah, itulah ulasan 5 manfaat sehat susu kedelai, yang ternyata memberikan banyak manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Yuk, rutin mengonsumsi susu kedelai dari sekarang guys! 

Baca Juga: 7 Jenis Susu Ini Penuh dengan Nutrisi, Kamu Suka yang Mana?

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya