Comscore Tracker

8 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Bisa mencegah osteoporosis juga lho

Kacang hijau merupakan salah satu anggota keluarga kacang-kacangan yang memiliki rasa agak manis. Kacang yang nama ilmiahnya adalah Vigna Radiata ini, seringkali digunakan untuk masakan, contohnya seperti gulai kacang hijau. Meski seringkali digunakan untuk masakan, kacang hijau ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan antioksidan, yang ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Wah, kira-kira apa saja ya manfaat kacang hijau untuk kesehatan? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Menjaga kesehatan mata

8 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatanpharmaca.com

Manfaat kacang hijau yang pertama untuk kesehatan adalah dapat menjaga kesehatan mata. Kacang hijau mengandung vitamin A, yang memiliki peranan besar dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan karotenoid pada kacang hijau dapat mencegah terjadinya degenerasi makula, yang merupakan kondisi dimana kemampuan untuk melihat mengalami penurunan.

2. Memperkuat tulang

8 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatantimesnownews.com

Kandungan mineral pada kacang hijau, yaitu fosfor dan kalium memiliki peranan yang besar untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, mineral tersebut dapat mencegah osteoporosis pada orang dewasa, dan berperan penting dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak.

3. Menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL)

8 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatanabbyonety.com

Ternyata kacang hijau tak hanya bisa menjaga kesehatan mata dan memperkuat tulang saja, namun juga bisa menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan, hasilnya menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada kacang hijau, mampu menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL).

Untuk penelitian yang dilakukan pada manusia, hasilnya menunjukkan bahwa kacang-kacangan mengandung kolestrol jahat (LDL) yang rendah. Selain itu, 10 penelitian lain juga menunjukkan bahwa makanan yang mengandung kacang-kacangan mampu untuk menurunkan kolestrol jahat hingga 5%.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung

8 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatanibeat.com

Tak hanya dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) saja, tetapi kacang hijau juga mampu untuk mencegah oksidasi kolestrol jahat (LDL), sehingga pembuluh darah tetap bersih dan sirkulasi udara juga dapat meningkat. Hal tersebut tak hanya dapat mengurangi peradangan saja, namun juga bisa memperbaiki kerusakan pembuluh darah lho, sehingga dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit jantung.

Baca Juga: Sandi Sebut Kacang Hijau dan Susu untuk Tangani Stunting, Ini Kata TKN

5. Membantu menjaga kesehatan pencernaan

8 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatanaarp.org

Kacang hijau mengandung pati resisten, yang berfungsi untuk menjaga bakteri sehat pada usus. Bakteri sehat tersebut akan mencerna makanan dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek, contohnya yaitu asam butirat. Menurut studi, asam butirat dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, contohnya saja seperti meningkatkan pertahanan kekebalan usus, dan menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

6. Mengobati anemia

8 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatangulfnews.com

Kandungan zat besi yang tinggi pada kacang hijau sangat efektif dalam mengobati anemia, karena zat besi tersebut dapat memproduksi sel darah merah. Kandungan zat besi pada kacang hijau lebih tinggi lho daripada zat besi pada kacang lainnya.

7. Mengurangi gejala PMS

8 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatanpexels.com/rawpixel

Premenstrual Syndrome (PMS) merupakan gejala yang sering terjadi pada wanita menjelang menstruasi. Gejalanya biasanya berupa perut yang kram dan kembung, suasana hati yang berubah menjadi buruk, dan sakit kepala. Nah, dengan rutin mengonsumsi kacang hijau, maka dapat mengurangi gejala akibat PMS tersebut, mengapa bisa? Karena kacang hijau mengandung magnesium dan vitamin B6 yang tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi gejala-gejala PMS tersebut.

Selain itu, kandungan folat, vitamin B6, dan magnesium dapat membantu mengatur fluktuasi hormon yang menyebabkan timbulnya gejala PMS.

8. Mengontrol gula darah

8 Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatanmatamatanews.com

Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang baik untuk penderita diabetes lho, mengapa bisa? Karena kacang hijau memiliki beberapa sifat yang dapat membantu mengontrol agar kadar gula darah tetap stabil.

Selain itu, kandungan serat dan nutrisi yang tinggi pada kacang hijau dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah, sehingga dapat mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

Nah, itulah 8 khasiat kacang hijau untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui. Yuk, rutin mengonsumsi kacang hijau!

Baca Juga: Manis & Legit, Ini Resep Mudah Bikin Bubur Kacang Hijau di Rumah!

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You