Comscore Tracker

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  

Kamu sudah pernah mencicipi yang mana saja?

Selain kekayaan budaya, sejarah, dan industri film Bollywoodnya, India juga dikenal sebagai salah satu negara di Asia Selatan yang memiliki beragam kuliner lezat.

Makanan India memiliki ciri khas berupa aroma dan rasa rempah-rempah yang sangat kuat. Tak sedikit pula makanan India yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

Di bawah ini ada sepuluh makanan khas India yang populer dan mudah dijumpai di Indonesia. Simak ya, mana saja yang sudah pernah kamu cicipi!

1. Siapa yang gak kenal dengan nasi biryani? Makanan ini terbuat dari beras basmati yang diolah dengan beragam rempah. Gurih banget!

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  ilustrasi nais biryani (unsplash.com/shouravsheikh01)

2. Ayam tandoori biasanya jadi pendamping nasi biryani. Ayam ini dibumbui rempah-rempah, lalu dimasak ke dalam lubang selama berjam-jam

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  Ilustrasi ayam tandoori (archanaskitchen.com)

3. Samosa adalah camilan dengan isian daging sapi, ayam, atau sayuran yang dibumbui dengan rempah-rempah. Sekilas mirip pastel, kan?

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  Ilustrasi samosa (pixabay.com/u_7eh23qoxdu)

4. Roti canai atau roti cane adalah sejenis flatbread yang rasanya gurih dan biasanya disajikan dengan kari kambing atau domba

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  Ilustrasi roti canai (instagram.com/ahbi_nose)

5. Naan juga sejenis flatbread yang rasanya lebih gurih daripada canai. Roti ini terbuat dari tepung gandum, dibumbui bawang dan rempah-rempah

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  Ilustrasi naan (simplyrecipes.com)

6. Kari kambing khas India aroma dan cita rasa rempahnya sangat kuat dengan warna yang pekat. Biasa disajikan dengan nasi atau cocolan roti canai

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  Ilustrasi kari kambing khas India (thespruceeats.com)

Baca Juga: 11 Makanan Favorit Member BLACKPINK, Banyak Makanan Sehat!

7. Butter chicken atau murgh makhani terbuat dari ayam, saus tomat, mentega, dan rempah-rempah yang diolah hingga tekstur kuahnya kental banget

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  Ilustrasi butter chicken khas India (unsplash.com/potofgold07)

8. Hampir sama dengan butter chicken, tikka masala ini terbuat dari ayam, yoghurt, krim, tomat, dan rempah-rempah kari yang sangat kuat

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  Ilustrasi tikka masala (instagram.com/kitchensanctuary)

9. Kofta adalah bola-bola daging cincang berbumbu rempah-rempah. Dagingnya bisa berupa daging sapi, kambing, domba, ayam, atau campuran

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  ilustrasi kofta (pixabay.com/timokefoto)

10. Dosa masala adalah salah satu varian dari dosa yang terbuat dari nasi, lentil, kentang, fenugreek, ghee, dan daun kari. Makan ini gak berdosa, kok!

10 Makanan Khas India yang Populer dan Mudah Dijumpai di Indonesia  ilustrasi masala dosa (pexels.com/Saveurs Secretes)

Itu dia makanan khas India yang populer dan mudah kita jumpai di Indonesia. Sebutkan makanan mana saja yang pernah kamu makan dan jadi favoritmu hingga sekarang di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Kuliner India yang Mirip dengan Makanan Indonesia, Pernah Coba?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya