Comscore Tracker

9 Fakta Unik Lobster yang Jarang Didengar, Tak Semewah Sekarang

Gak nyangka banget ya

Selama ini, kita hanya tahu kalau lobster adalah santapan yang enak dimakan dengan harga yang sangat mahal. Namun, tahukah kita kalau ternyata hewan itu memiliki sembilan hal mengejutkan ini?

1. Lobster dulunya adalah makanan orang tak mampu

9 Fakta Unik Lobster yang Jarang Didengar, Tak Semewah Sekarangecoblader.com

Lobster yang kini dianggap lezat, pada abad pertengahan di Eropa, adalah makanan bagi orang tak mampu, bahkan dianggap sebagai obat. Bagian depan tubuhnya ditumbuk dan digunakan untuk membantu orang sembuh dari batu ginjal.

Lobster tak lain menjadi sebuah jamu dan makanan yang membosankan. Namun, pada 1.800an, semuanya berubah. Penduduk kota mulai berbondong-bondong ke pantai dan menikmati lobster.

Hingga akhirnya pasokan terus menurun karena makin banyak orang mengkonsumsi. Kini, lobster dianggap sebagai makanan yang mahal dan mewah.

2. Lobster tak berwarna merah sebelum dimasak

9 Fakta Unik Lobster yang Jarang Didengar, Tak Semewah Sekarangnationalgeographic.com

Di alam liar, kebanyakan lobster berwarna cokelat kehijauan dan bermotif bintik-bintik. Lobster akan berubah warna menjadi merah setelah dimasak dan terkena panas.

Warna merah berasal dari ekspresi astaxanthin, jenis pigmen karotenoid yang ditemukan dalam tanaman berwarna oranye, dimakan oleh hewan yang makan lobster.

3. Lobster mengeluarkan kencing dari wajahnya

9 Fakta Unik Lobster yang Jarang Didengar, Tak Semewah Sekarangbr.wikipedia.org

Lobster mengeluarkan kencing dari wajahnya. Air kencing lobster dikeluarkan dari dekat antenanya. Sebab, organ-organ ekskresi, disebut kelenjar hijau, letaknya di sana.

Urine mereka mengandung feromon, yang menenangkannya dan mengembalikan suasana hati. Lobster juga akan membuang air kecil di wajah lawannya ketika berkelahi untuk mengekspresikan diri.

4. Lobster punya dua perut

9 Fakta Unik Lobster yang Jarang Didengar, Tak Semewah Sekarangredlobster.com

Lobster memiliki dua perut. Satu terletak di apa bagian yang kita anggap kepala lobster, tepat di belakang matanya. Perut ini berisi gigi yang digunakan untuk menghancurkan makanan. Setelah dihancurkan cukup baik, makanan akan disalurkan ke perut lain.

Baca juga: 10 Cokelat Terenak untuk Kado Valentine, Bikin Makin Cinta Deh!

5. Kehilangan kuku adalah hal yang sangat menyedihkan

9 Fakta Unik Lobster yang Jarang Didengar, Tak Semewah Sekarangwashingtonpost.com

Lobster biasanya memiliki dua penjepit dengan ukuran yang berbeda. Yang lebih besar adalah crusher, digunakan untuk menghancurkan mangsanya. Yang lebih kecil terdiri atas dua cakar, berfungsi sebagai pemotong atau penakluk.

Gunanya untuk mencabik mangsa dan membentuknya menjadi potongan-potongan kecil, sehingga antena dapat mengantar potongan itu ke dalam mulut lobster. Kalau kehilangan kuku atau cakarnya, mereka akan sangat sedih karena merasa seperti kehilangan kehidupan.

6. Mereka akan membuat kebisingan

9 Fakta Unik Lobster yang Jarang Didengar, Tak Semewah Sekarangbusinessinsider.co.id

Beberapa orang menghindari memasak lobster di rumah karena ngeri mendengar suara lobster menjerit yang menjerit kesakitan saat dimasak. Masalahnya, lobster tidak memiliki pita suara. Suara yang terdengar mungkin udara dari shell  lobster.

7. Hubungan cinta lobster terjalin selama dua minggu

9 Fakta Unik Lobster yang Jarang Didengar, Tak Semewah Sekarangthechronicleherald.ca

Bukan cuma manusia yang menjalin cinta, lobster pun begitu. Namun, bedanya, hubungan lobster akan berlangsung selama kurang lebih dua pekan atau sepuluh hari, hingga akhirnya si jantan membuahi si betina.

8. Lobster bisa menjadi hewan kanibal dalam kasus-kasus tertentu

9 Fakta Unik Lobster yang Jarang Didengar, Tak Semewah Sekarangfirthofforthlobsterhatchery.org.uk

Setelah menetas, lobster akan terlihat seperti lobster kecil. Mereka akan bergabung dengan zooplankton, telur ikan, dan jenis-jenis larva lagi. Mereka bersaing berebut makanan.

Dalam jarak dekat, lobster akan memakan sesamanya tanpa ragu. Hal ini membuat mereka selalu dipisahkan penangkaran sampai dewasa.

9. Lobster tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan

9 Fakta Unik Lobster yang Jarang Didengar, Tak Semewah Sekarangmauimagazine.net

Lobster tidak sama seperti kebanyakan hewan lainnya. Mereka tidak lemah atau kehilangan kemampuan untuk mereproduksi, dan akan terus berkembang. Namun, tidak berarti mereka hidup selamanya.

Bila tidak dipanen, mereka mati karena penyebab alami. Seringkali mereka kehabisan energi. Jadi, kita mengerti bahwa lobster akhirnya akan mati, tapi tidak tahu kapan. Lobster mencapai ukuran dewasa mereka ketika mereka memiliki berat antara 1,5-2 pon (680 dan 907 gram).

Wah, menarik ya?! Kamu suka lobster dengan olahan seperti apa nih?

Baca juga: 10 Olahan Mochi Enak dan Paling Terkenal, Dijamin Bikin Gagal Diet!

 

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya