Comscore Tracker

Sering Muncul di Drakor, Makanan Ini Ternyata Masakan Korea-China!

Cocok gak, ya, sama lidah orang Indonesia?

Kalau kamu sering nonton drama Korea? Pasti sudah gak asing sama makanan-makanan yang ditampilkan. Makanan yang dimakan oleh karakter dalam film gak jarang bikin penonton ingin merasakannya juga.

Ternyata, makanan-makanan yang sering muncul di drama maupun variety show Korea merupakan perpaduan makanan antara China dan Korea, lho! Ingin tahu apa saja? Mari, simak ulasan berikut.

1. Jjajangmyeon

Sering Muncul di Drakor, Makanan Ini Ternyata Masakan Korea-China!bowl-me-over.com

Jjajangmyeon pertama kali muncul pada 1905 di Gonghwachun, sebuah restoran di kawasan pecinan Incheon yang dijalankan oleh imigran dari Provinsi Shandong di China. Kini, restoran tersebut menjadi Museum Jjajangmyeon. Meskipun nama jajangmyeon mirip dengan sajian China yaitu zhajianmian, kedua makanan ini berbeda, lho.

Kata jjajang berasal dari bahasa China yaitu zhajiang yang berarti 'saus goreng'. Sedangkan myeon berarti 'mi'. Jjajangmyeon menggunakan mi tebal yang terbuat dari tepung terigu, garam, baking soda, dan air. Sausnya, bernama jajang, terbuat dari chunjang goreng dengan bahan-bahan lain, seperti kecap (atau saus tiram), daging (biasanya daging babi atau sapi), seafood (biasanya cumi-cumi atau udang), rempah wewangian (seperti daun bawang, jahe, dan bawang putih), sayuran (biasanya bawang merah, timun, kubis), dan bubur tepung.

Saat disajikan, jjajangmyeon bisa ditaburi dengan mentimun, daun bawang, hiasan telur, telur rebus atau goreng, udang, dan irisan rebung. Hidangan ini biasanya disajikan dengan danmuji (lobak acar kuning), irisan bawang mentah, dan saus chunjang untuk dicelupkan ke bawang. Jjajangmyeon juga biasa dikenal dengan mi hitam Korea.

2. Jjamppong

Sering Muncul di Drakor, Makanan Ini Ternyata Masakan Korea-China!feastofstarlight.com

Jjamppong adalah hidangan sup dengan isian seafood yang dibumbui dengan bubuk cabai. Bahan utamanya, meliputi bawang merah dan putih, timun Korea, wortel, kubis, cumi-cumi, kerang, dan daging babi.

Sama seperti jjajangmyeon, makanan ini juga berasal dari Shandong, menyerupai makanan bernama chaomamian. Selama okupasi Jepang pada 1910 hingga 1945, orang Jepang melihat chaomamian di restoran China di Korea dan menamakannya chanpon. Di telinga orang Korea, kata chanpon yang diucapkan orang Jepang terdengar seperti jjamppong.

Awalnya sup ini berwarna putih, namun pada 1960-an, orang-orang Korea menambahkan bubuk cabai dan minyak cabai di jjamppong.

3. Tangsuyuk

Sering Muncul di Drakor, Makanan Ini Ternyata Masakan Korea-China!mykoreankitchen.com

Tangsuyuk adalah hidangan Korea-China yang merupakan sajian daging dengan saus asam manis. Tangsuyuk bisa menggunakan daging babi maupun daging sapi. Hidangan ini pertama kali dibuat oleh imigran China di kota pelabuhan, Incheon, tempat mayoritas populasi etnis China di Korea Selatan tinggal. Makanan ini juga berasal dari Shandong yang menyerupai makanan bernama tangcurou.

Daging yang dipotong dengan ukuran gigitan ini kemudian dilapisi dengan adonan yang biasanya dibuat menggunakan campuran rendaman kentang atau tepung ubi jalar dan tepung jagung dalam air selama beberapa jam.

Tangsuyuk disajikan dengan saus asam manis, yang dibuat menggunakan rebusan cuka, gula dan air, dan berbagai buah-buahan serta sayuran seperti wortel, mentimun, bawang, jamur kayu, dan nanas. Bubur tepung digunakan untuk mengentalkan sausnya.

4. Ulmyeon

Sering Muncul di Drakor, Makanan Ini Ternyata Masakan Korea-China!thisisgame.co.

Ulmyeon adalah satu lagi hidangan mi yang merupakan perpaduan antara masakan Korea dan China. Ulmyeon adalah mi yang diisi dengan sayur-sayuran (seperti jamur shitake, jamur kancing putih, dan wortel), telur, dan seafood (teripang, udang, cumi-cumi, atau sotong). Kemudian dimasukkan dalam kaldu seperti sup kental dengan tepung jagung. Makanan ini berasal dari hidangan China yang bernama wenlumian.

Baca Juga: Mau Makan Makanan Korea di Jogja? Ini 5 Rekomendasinya!

5. Gochu Japchae

Sering Muncul di Drakor, Makanan Ini Ternyata Masakan Korea-China!10000recipe.com

Gochu japchae adalah jenis makanan yang terdiri atau terbuat dari irisan bistik sapi yang dimasak dengan irisan paprika (hijau atau merah) ditambah bumbu lainnya, seperti kecap dan jahe. Sajian ini asalnya dari makanan Fujian yang dikenal dengan nama qingjiao rousi yang menggunakan daging babi ketimbang bistik sapi sebagai bahan utamanya.

6. Jungguk Naengmyeon

Sering Muncul di Drakor, Makanan Ini Ternyata Masakan Korea-China!clien.net

Jungguk Naengmyeon adalah salah satu jenis mi dingin di Korea. Makanan ini terdiri dari kaldu mi yang dingin, seafood, sayuran segar, dan telur rebus. Sajian ini dipengaruhi oleh sajian mi China seperti, liang mian dan gan ban mian yang disajikan secara dingin, namun bukan merupakan sup mi.

7. Kkanpunggi

Sering Muncul di Drakor, Makanan Ini Ternyata Masakan Korea-China!mykoreankitchen.com

Kkanpunggi merupakan salah satu sajian ayam perpaduan Korea dan China. Kkanpunggi adalah sajian ayam, baik itu dengan tulang maupun tanpa tulang, yang kemudian dibumbui dengan saus asam manis. Hidangan ini berasal dari makanan China bernama gan peng ji.

8. Kkanpung Saeu

Sering Muncul di Drakor, Makanan Ini Ternyata Masakan Korea-China!twitter.con/hyosunro

Kkanpung saeu merupakan hidangan udang asam manis dengan rasa pedas yang lebih ringan daripada salah satu makanan Korea-China lainnya, yaitu tangsuyuk. Kkanpung saeu disajikan dengan saus manis, kacang polong, wortel, bawang hijau, dan cabai merah.

9. Rajogi

Sering Muncul di Drakor, Makanan Ini Ternyata Masakan Korea-China!mysplendidlifestyle.tistory.com

Sajian perpaduan antara Korea dan China yang terakhir adalah rajogi. Rajogi berasal dari makanan bernama lajiaoji dari Sichuan, yang merupakan sajian ayam pedas dari China.

Itulah sembilan makanan yang ternyata merupakan perpaduan antara Korea dan China. Kamu ingin mencicip yang mana? Sampaikan keinginanmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: Susah Bedain, 7 Makanan Korea Ini Mirip dengan Hidangan Indonesia

Habibah Abdaliah Photo Community Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You