Comscore Tracker

Suka yang Manis-manis? 5 Permen Unik Ini Wajib Dicoba Saat ke Turki

Salah satu jenis permennya sudah mendunia lho

Selain karena sejarah dan budayanya, Turki juga terkenal dengan ragam kulinernya. Dari makanan berat hingga camilan bisa kamu temukan di sana.

Bagi kamu yang ingin menikmati sesuatu yang manis tanpa mengganggu aktivitas jalan-jalan, menikmati permen-permen ini bisa jadi pilihan. Tak hanya nikmat, beberapa permen di bawah juga kaya manfaat. Ini dia permen unik dari Turki.

1. Cezerye 

Suka yang Manis-manis? 5 Permen Unik Ini Wajib Dicoba Saat ke Turkisultanofbazaar.com

Selain memiliki bentuk seperti lembaran-lembaran di atas, cezerye juga berbentuk kotak atau bulat. Permen ini terbuat dari karamelisasi wortel dan gula yang kemudian dicampur dengan kacang-kacangan seperti kenari, hazelnut, atau pistachio.

Agar tidak mudah lengket, cezerye ditabur dengan kelapa kering. Bagi masyarakat Turki, permen manis ini sering dianggap sebagai afrodisiak dan sangat populer pada acara-acara khusus.

2. Cevizli Sucuk 

Suka yang Manis-manis? 5 Permen Unik Ini Wajib Dicoba Saat ke Turkikadinveotesi.com

Permen ini terbuat dari kacang kenari yang dimasukkan ke dalam campuran jus anggur dan tepung. Bentuknya memanjang karena sebelum direndam kacang disusun memanjang dengan bantuan benang. Selain kenari, ada juga pilihan cevizli sucuk  yang terbuat dari almond, hazelnut, pistachio, hingga kismis.

Kalori cevizli sucuk yang tinggi bisa jadi sumber energi. Cevizli sucuk juga membantu melawan anemia, kurang gizi, dan diare. Kerennya lagi, permen ini dibuat tanpa menggunakan gula sama sekali. Jadi rasa manisnya berasal dari jus anggur itu sendiri.

Baca Juga: 6 Camilan Manis dan Lezat yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan ke Turki

3. Lokum

Suka yang Manis-manis? 5 Permen Unik Ini Wajib Dicoba Saat ke Turkiblog.radissonblu.com

Lokum adalah permen khas Turki yang sudah mendunia, bahkan kepopulerannya sudah sampai di Indonesia. Kebanyakan orang mengenalnya dengan nama Turkish Delight. Permen ini terbuat dari perasan lemon, tepung maizena, gula, hingga perasa dan pewarna makanan. Terkadang ada juga permen yang dicampur kacang-kacangan.

Permen ini membantu menghilangkan stres bahkan bagus untuk ginjal. Bagi penderita asam lambung, lokum yang terbuat dari kunyit dan pistachio bisa jadi pilihan.

4. Macun

Suka yang Manis-manis? 5 Permen Unik Ini Wajib Dicoba Saat ke Turkionedio.com

Permen yang satu ini pasti disukai anak-anak. Selain karena warnanya menarik, juga karena kamu bisa melihat cara penjual membentuk macun di sebuah stik.

Awalnya macun justru dibuat sebagai obat. Jadi tak heran jika selain gula dan buah, macun juga menggunakan beragam rempah. Konon macun dipercaya memiliki efek terapi untuk meningkatkan kekuatan tubuh hingga sebagai penenang.

5. Pismaniye 

Suka yang Manis-manis? 5 Permen Unik Ini Wajib Dicoba Saat ke Turkigrandbazaarist.com

Pismaniye adalah permen rambut nenek khas Turki. Bahannya sederhana, hanya terdiri dari air, gula, pewarna makanan, dan asam sitrat. Namun pembuatannya cukup rumit,  bahan harus direbus hingga kekentalan pas agar mudah ditarik.

Proses menarik permen jadi helaian tipis pun membutuhkan keahlian tersendiri. Biasanya pismaniye Turki ini juga disajikan dengan kacang pistacio atau dilapisi cokelat dan dicetak.

Nah, itu dia permen unik yang bisa kamu coba saat di Turki. Selain menikmati sendiri, permen-permen tadi juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Mulai Langka, 10 Permen Tradisional Indonesia Ini Bikin Nagih

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya