Comscore Tracker

5 Tips Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama dan Tidak Gampang Busuk

Tipsnya super mudah!

Sebenarnya para ibu senang menyajikan wortel sebagai salah satu menu sayur pilihan, apalagi ia juga bisa disajikan sebagai jus yang lezat dan bergizi. Namun ternyata tak dapat bertahan lama, kebanyakan mereka akan kisut atau malah busuk. Mulai saat ini para ibu tak perlu khawatir, ada cara praktis membuat wortel tetap segar, sehingga dapat disajikan kapan saja. Berikut 5 tips menyimpan wortel agar tahan lama & tidak mudah busuk!

1. Pilih wortel yang segar

5 Tips Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama dan Tidak Gampang Busukunsplash.com/Jonathan Pielmayer

Yang pertama adalah pilihlah wortel yang segar dan berkualitas baik. Wortel segar dan berkualitas baik biasanya akan terasa manis dan tidak terlalu langu.

2. Cuci bersih wortel

5 Tips Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama dan Tidak Gampang Busukunsplash.com/Markus Spiske

Dan yang kedua adalah cuci bersih wortel di bawah air dingin yang mengalir. Sikat dengan sikat berbulu nilon untuk menyingkirkan kotoran dari permukaan kulit wortel. Ini akan membuat wortel bersih dari sisa pestisida dan juga kotoran atau tanah yang masih menempel. 

Baca Juga: 5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

3. Potong daun wortel

5 Tips Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama dan Tidak Gampang Busukunsplash.com/Irina Blok

Dengan memotong daunnya, wortel tak akan mudah layu atau gampang kering. Disarankan memilih wortel yang masih dalam keadaan keras serta padat. Jika wortel sudah lembek atau mudah dibengkokkan, itu tanda wortel sudah tak segar lagi.

4. Bungkus dengan kertas atau plastik

5 Tips Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama dan Tidak Gampang Busukunsplash.com/Thomas Gamstaetter

Wortel yang baru dibeli tapi tidak langsung dimasak bisa dibungkus dengan kertas dapur. Pastikan wortel masih dalam keadaan kering dan tidak dicuci. Bersihkan kotoran secukupnya dan buang bagian yang busuk (bila ada) sebelum dibungkus. Bila kertas dapur sudah mulai tampak lembap, ganti dengan kertas yang kering. Nanti baru ketika wortel akan diolah, kamu bisa mencucinya.

5. Simpan dalam wadah tertutup berisi air

5 Tips Menyimpan Wortel Agar Tahan Lama dan Tidak Gampang Busuklifeisohsodandy.com

Wortel bisa kamu rendam dalam wadah yang sudah kamu isi air. Setelah itu kamu perlu menutupnya rapat dan menyimpannya di dalam kulkas. Bila air sudah tampak keruh, kamu bisa menggantinya sesuai kebutuhan.

Itulah 5 tips menyimpan wortel agar tahan lama. Semoga tipsnya bisa bermanfaat dan cukup membantumu untuk menyimpan wortel agar tidak mudah busuk, ya.

Baca Juga: 5 Olahan Wortel yang Rasanya Luar Biasa, Pernah Cobain Wortel Goreng?

Ika Photo Verified Writer Ika

Don't give up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya