Comscore Tracker

5 Warung Sop Sapi Enak di Yogyakarta, Tulang Sapinya Bikin Kaget!

Ada yang bisa diseruput, lho!

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan gudeg dan bakpia. Beragam sop dan soto dengan rasa yang khas juga bisa ditemukan di kota pelajar ini, termasuk sop sapi. Aneka menu dari olahan daging sapi yang lezat bisa kamu dapatkan di warung sop tertentu.

Apalagi memasuki musim hujan ini, paling nikmat makan yang berkuah hangat. Berikut rekomendasi warung sop sapi enak, unik, dan jumbo size yang bisa kamu kunjungi. Yuk, langsung disimak aja ulasannya!

1. Warung Sop dan Sate Pak Bayu

5 Warung Sop Sapi Enak di Yogyakarta, Tulang Sapinya Bikin Kaget!warung sop pak bayu (instagram.com/sopdansatesapipakbayu)

Warung ini berada di lokasi terpencil, yaitu di pinggir kali yang banyak pohon bambu. Meskipun termasuk hidden gem, namun warung ini ramainya luar biasa. Dalam sehari warung ini bisa melariskan hingga 500 porsi makanan. Untuk area makan di sini cukup luas, bisa menampung sekitar 150 orang.

Yang unik dan spesial di warung ini adalah sajian sop balung dinosaurus dan balung dinosaurus. Tulang sapi ini sangat besar sekali, ukurannya jumbo, layaknya kaki dinosaurus. Balung dinosaurus adalah tulang sapi yang dibakar dengan bumbu yang meresap. Meski hanya berbentuk tulang, tetapi tetap ada daging yang melekat di tulangnya. Rasanya gurih, fresh, dan empuk.

Sop spesial sengkel-nya juga istimewa, cara makannya diseruput pakai sedotan. Untuk aneka satenya ada sate sugih dan sate sultan. Sate sultan adalah sate tanpa lemak, isinya full daging. Minumannya pun ada beraneka macam. Ada teh, jeruk, kopi susu, kopi tubruk, es degan, wedang tomat, jahe ketumbar, es timun serut, es jendal tape, dan wedang uwuh.

Alamat: Jalan Yudistiro Nomor 2, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: Pukul 09.00—21.00 WIB (Senin: libur)

Harga: Mulai dari Rp8 ribu

2. Warung Sop Serasa

5 Warung Sop Sapi Enak di Yogyakarta, Tulang Sapinya Bikin Kaget!warung sop serasa (instagram.com/warungsopserasa)

Di daerah Pandanaran, ada warung yang menyuguhkan sop daging sapi yang enak dengan harga yang sangat ramah di kantong. Bayangkan, dengan harga Rp9 ribu kamu sudah bisa mendapatkan seporsi sop dengan daging sapi yang tebal serta kuah bening segar, termasuk seporsi nasi. Tempatnya agak tersembunyi dan sederhana, tapi menunya lengkap dan rasanya enak. Tak heran jika pembeli datang silih berganti.

Best seller di sini adalah sop balungan sapi, paru cabe ijo, dan iga bakar cobek. Sop sapi dimasak dengan sempurna, teksturnya lembut dan lunak ketika dikunyah. Bumbunya pun meresap sempurna sampai ke tulangnya. Paru cabe ijo, yakni paru goreng rempah yang dicampur sambel ijo khas warung sop Serasa. Menu lainnya ada sambel paru, sop spesial daging, dan jeroan goreng.

Ayam goreng laos biasanya menjadi pilihan favorit anak-anak yang gak suka makan daging sapi. Aneka gorengan juga hadir sebagai menu pendamping diantaranya, tempe mendoan, dan pisang goreng.

Alamat: Jalan Pandaran Bondosari, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: Pukul 07.00—15.00 WIB (Jumat: libur)

Harga: Mulai dari Rp9 ribu

3. Sop Kaki Sapi Cak Ragil

5 Warung Sop Sapi Enak di Yogyakarta, Tulang Sapinya Bikin Kaget!sop kaki sapi cak ragil (instagram.com/voilajogja)

Sudah berdiri sejak tahun 90-an, sop kaki sapi Cak Ragil termasuk yang paling diidolakan di Yogyakarta. Kedai sederhana ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Dalam sehari bisa menghabiskan sekitar 15 kg bahan kaki sapi dan sekitar 9—10 kg untuk koyoran dan daging. Sop kaki Cak Ragil ini khas Lamongan. Kuah kaldunya berasa rempah banget. Koyanya gurih, segar, dan potongan kikil sapinya besar-besar, sangat puas saat disantap.

Untuk menciptakan rasa yang empuk, semua bahan dasar daging, koyor, sandung lamur, kaki sapi, dimasak bersamaan dan digodok dengan bumbu rempah racikan khusus dalam waktu yang cukup lama. Kompornya selalu dalam keadaan menyala. Jika ada pembeli, langsung diracik dan diseduh kuah. Menyantap hidangan ini dengan nasi hangat, bisa bikin kalap, deh! Harganya juga sebanding dengan porsinya yang melimpah.

Alamat: Jalan Kyai Mojo III A, Tegalrejo, Yogyakarta

Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00—21.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp20 ribu

Baca Juga: 5 Sop Konro di Jakarta dan Bekasi, Gurihnya Bikin Wajib Coba

4. Sop Gajah Seyegan

5 Warung Sop Sapi Enak di Yogyakarta, Tulang Sapinya Bikin Kaget!sop gajah seyegan (instagram.com/sopgajah.seyegan)

Lokasi sop gajah Seyegan berada di tengah persawahan. Tempatnya super luas. Suasananya asri, nyaman, dan adem karena dikelilingi banyak pepohonan. Tempat ini menyediakan playground dan berkuda keliling lokasi. Kamu juga bisa petik sayur organik di lahan pertanian organik, lho!

Best seller di sini adalah balung mammoth bakar, yang porsinya super duper big. Proses marinasinya sempurna dan tingkat kematangannya juga pas. Rasanya juicy dan bumbunya meresap. Menu lainnya yang tersedia ada sop babat, sop balung gajah, sop sengkel, dan sop buntut.

Kamu juga bisa mencoba aneka satenya. Ada sate kere, sate klatak, dan sate babat. Varian minumnya ada mint tea, es timun, wedang tomat, kopi tubruk, wedang jahe, dan wedang telang. Jika weekend , sebaiknya reservasi dahulu supaya tidak kecewa.

Alamat: Kandangan, Margodadi, Seyegan, Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00—20.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp15 ribu

5. Sop dan Soto Sapi Lek Min

5 Warung Sop Sapi Enak di Yogyakarta, Tulang Sapinya Bikin Kaget!sop dan soto lek min (instagram.com/kulineryogya)

Sop dan soto sapi Lek Min sudah ada sejak tahun 2015. Berada di pinggir jalan raya, tapi bersih, dan jangan kaget antrinya bisa lama. Tempatnya memang kaki lima, tapi soal rasa boleh diadu. Sop sapinya terbaik. Kuahnya kental, kaya akan rempah, dan gak berminyak pula.

Rasa sotonya hampir mirip dengan kuah soto Betawi, tapi ini lebih ringan, segar, dan terasa koya-nya. Sop sapinya gurih. Ada aroma bawang putih goreng di dalam kuah. Yang istimewa di sini adalah potongan daging sapinya yang besar, tebal dan melimpah. Bukan yang diiris tipis seperti warung lain.

Tekstur daging sapinya begitu digigit terasa empuk sekali. Sumsum-nya masih dalam bentuk utuh, gurih, dan lembut banget. Kikilnya juga mantap, kenyal tapi lembut. Untuk harga memang sedikit lebih pricey dibanding dengan yang lain, tapi worth it, karena porsi dagingnya yang tidak pelit. Lauk pendampingnya ada tempe goreng, tahu bacem, perkedel, dan kerupuk.

Alamat: Jalan Tentara Mataram Nomor 29B, Bumijo, Jetis, Yogyakarta

Jam operasional: Pukul 08.00—12.00 WIB (Jumat: libur)

Harga: Mulai dari Rp17 rib

Mengolah daging sapi tidak mudah jika tidak mengetahui cara dan teknik yang tepat. Karena daging sapi bisa menjadi alot. Racikan bumbu rempah yang khas, pemilihan bahan, dan peralatan yang digunakan pun turut mempengaruhi tekstur dan rasa dari daging sapi itu sendiri. Nah, pencinta masakan sapi, kamu biasa makan di warung yang nomor berapa nih?

Baca Juga: 5 Olahan Daging Sapi Berkuah Khas Indonesia, Kaldunya Kental

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya