Comscore Tracker

9 Jenis Kacang Populer di Nusantara dengan Berbagai Manfaatnya

Sebagian kecil dari kekayaan Nusantara

Indonesia tercipta sebagai negara kaya, beragam jenis makanan tumbuh di tanah Nusantara ini. Tak terkecuali jenis kacang-kacangan, begitu banyak jenis kacang yang bisa kita temukan.

Kacang merupakan jenis makanan berupa biji, namun didalamnya terkandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Beberapa jenis kacang-kacangan yang biasa kita temukan di Indonesia ialah seperti:

1. Kacang mete

9 Jenis Kacang Populer di Nusantara dengan Berbagai Manfaatnyapixabay.com/darf_nicht_mehr_hochladen

Kacang mete (cashew nut) merupakan kacang yang dihasilkan dari biji jambu mete (jambu monyet). Kacang dengan tekstur renyah dan gurih, cocok dijadikan camilan.

Tak hanya renyah, ternyata kacang mete berkhasiat untuk tulang lebih padat, menjaga kesehatan jantung, melindungi kesehatan mata dan cocok dijadikan camilan untuk yang sedang program diet berkat kandungan serat yang tinggi sehingga membuat kenyang lebih lama.

Nutrisi lainnya yang terdapat pada kacang mete ialah asam folat, kalium, vitamin C, vitamin B6, asam folat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor dan zinc.

2. Kacang kedelai

9 Jenis Kacang Populer di Nusantara dengan Berbagai Manfaatnyapixabay.com/egroll

Umumnya kacang mete dijadikan bahan baku pembuatan tempe, tahu maupun susu kedelai. Kacang kedelai mengandung vitamin K, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B1, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, vitamin B5 dan folat. Selain itu kacang kedelai juga mengandung zat besi, fosfor, mangan, magnesium, kalium, kalsium, selenium, dan zinc.

Dari kandungan nutrisi tersebut penelitian menemukan bahwa kacang kedelai bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, tulang, melawan serangan radikal bebas kanker, serta meningkatkan imunitas tubuh.

3. Kacang tanah

9 Jenis Kacang Populer di Nusantara dengan Berbagai Manfaatnyapixabay.com/Pezibear

Kacang tanah diolah dalam berbagai ragam makanan, namun tak jarang dimakan langsung dengan cara direbus terlebih dahulu. Kacang tanah mengandung nutrisi seperti kalium, potasium, zat besi, karbohidrat, serta vitamin A, B, C dan E.

Kacang tanah berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker perut, menjaga kesehatan kulit serta membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan, Baik untuk Kulit Wajah Lho

4. Kacang polong (kapri/encis)

9 Jenis Kacang Populer di Nusantara dengan Berbagai Manfaatnyapixabay.com/PublicDomainPictures

Kacang polong (Pisum sativum L) ialah jenis kacang yang memiliki bentuk hijau dan bulat, cocok jadikan tambahan masakan atau bahkan camilan. Kacang polong mengandung serat, kalori, protein, mangan, vitamin K, vitamin B1 dan B9.

Ternyata dari kandungan nutrisi tersebut kacang polong bermanfaat menjaga gula darah, menyehatkan sistem pencernaan hingga mengatasi hipertensi.

5. Kacang hijau

9 Jenis Kacang Populer di Nusantara dengan Berbagai Manfaatnyapixabay.com/PDPics

Kacang yang biasa dijadikan olahan bubur ini sama halnya kacang-kacangan yang lain, banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti natrium, kalium, protein seperti vitamin A, D, B12 serta kalsium.

Gak ada salahnya juga kamu mengonsumsi kacang hijau secara rutin, karena kacang hijau bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, mengurangu jerawat, hingga mencegah kanker dan penyakit jantung.

6. Kacang merah

9 Jenis Kacang Populer di Nusantara dengan Berbagai Manfaatnyapixabay.com/PublicDomainPictures

Sama halnya kacang jenis lain, kacang merah mengandung nutrisi natrium, kalium, karbohidrat seperti serat pangan dan gula. Selain itu protein seperti A, D, B12 serta kalsium yang tentunya semua itu bermanfaat untuk nutrisi tubuh.

Beberapa manfaat kacang merah ialah mencegah diabetes, kanker,  jantung, melancarkan pencernaan, mencegah penuaan dini dan berkhasiat juga untuk menambah nafsu makan.

7. Kacang tolo (tunggak)

9 Jenis Kacang Populer di Nusantara dengan Berbagai Manfaatnyaresepkoki.id

Kacang tolo mengandung zat gizi protein, zinc, folat, kalsium, serat kacang yang rendah lemak. Kacang tolo sangat baik dikoyibu hamil karena bermanfaat untuk menyehatkan janin. Selain itu bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengaitkan gigi, kekebalan tubuh serta mencegah sembelit.

8. Kacang kenari (almond)

9 Jenis Kacang Populer di Nusantara dengan Berbagai Manfaatnyapixabay.com/stevepb

Kacang almond terbilang populer di Indonesia, meskipun harganya terbilang tinggi. Kacang almond mengandung zat gizi serat, protein, lemak, vitamin E, mangan, magnesium dan vitamin B12. 

Manfaat mengonsumsi kacang almond ialah menjaga kolesterol, mencegah penyakit jantung, gula darah, kanker dan menstabilkan tekanan darah. Selain itu kacang mete bermanfaat untuk menjaga imun tubuh, menambah produksi ASI ibu menyusui serta baik dikonsumsi yang sedang program diet.

9. Kacang koro (pedang)

9 Jenis Kacang Populer di Nusantara dengan Berbagai Manfaatnyacamilannusantara.com

Kacang yang memiliki nama ilmiah Canavalia gladiata dewasa ini mulai populer dan dikagumi. Sama halnya kacang-kacangan jenis diperkaya dengan zat gizi seperti magnesium, fosfor, kalium, zat besi dan vitamin B12.

Dari kandungan nutrisi tersebut kacang koro bermanfaat mengontrol gula darah, sistem saraf pusat, menjaga kesehatan jantung, mencegah hipertensi, meminimalisir risiko penyakit kanker hingga menjaga imunitas tubuh.

Itulah beberapa jenis kacang-kacangan yang populer di Nusantara, selain itu tentunya masih sangat banyak jenis kacang-kacangan lain dan tentunya memiliki zat gizi yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengagumkan Kacang Pinus untuk Kesehatan

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya