Comscore Tracker

5 Inspirasi Menu Bekal Ekonomis dengan Cita Rasa Lada Hitam

Gampang dibikin dalam sekejap mata, nih

Membuat bekal untuk pergi sekolah atau ke kantor adalah cara menghemat uang jajan dengan cara baik. Namun begitu, kadang-kadang kita dipusingkan oleh bahan masak yang terbatas untuk diolah menjadi sajian sedap.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk membuat bekal, berikut ini ada lima olahan ekonomis dengan rasa lada hitam yang cocok buat dijadikan lauk bekal. Jangan di-skip sampai akhir, biar gak menyesal.

1. Sosis lada hitam 

5 Inspirasi Menu Bekal Ekonomis dengan Cita Rasa Lada Hitamilustrasi sosis lada hitam (pexels.com/mali maeder)

Bicara soal bahan ekonomis, sosis juga punya beberapa jenis yang tergolong ramah kantong, lho. Jadi gak harus selalu masak pakai sosis premium, bahan yang kamu temukan di pasar atau warung dekat rumah pun bisa digunakan.

Biar semakin endul, bumbu lada hitam yang dipersiapkan pun perlu dilengkapi dengan bawang, cabai, saus tiram, saus tomat, kecap manis, lada hitam bubuk, dan bumbu perasa. Tinggal susun di dalam wadah bersama nasi hangat, olahan pun siap, deh!

2. Tahu saus lada hitam 

5 Inspirasi Menu Bekal Ekonomis dengan Cita Rasa Lada Hitamilustrasi tahu saus lada hitam (pexels.com/Alesia Kozik)

Tahu terkenal memiliki rasa yang cenderung tawar, maka gak heran kalau bumbu yang digunakan terkadang memerlukan komposisi lebih tajam rasa. Kali ini, bekal kamu akan istimewa karena tahu sukses diolah menjadi lauk makan yang sedap.

Hampir mirip dengan olahan sebelumnya, dalam kandungan saus lada hitam ini ada penggunaan bawang, cabai hijau dan merah, lada hitam, tomat, serta saus tiram. Lalu sebaiknya gunakan tahu putih yang sudah dipotong-potong untuk ditumis bersama.

3. Telur ceplok lada hitam 

5 Inspirasi Menu Bekal Ekonomis dengan Cita Rasa Lada Hitamilustrasi telur ceplok lada hitam (pexels.com/Julia Khalimova)

Telur ceplok alias telur mata sapi adalah masakan paling simpel yang cocok buat dijadikan bekal praktis. Kandungan lemak dan protein yang mumpuni, bikin olahan ini mampu menggantikan daging-dagingan yang lebih mahal harganya.

Tumisan bawang-bawangan, tomat, cabai, lada hitam, saus tiram, kecap manis, dan air untuk memasak bumbu. Kemudian aduk bersama telur mata sapi yang telah digoreng terpisah sebelumnya. Bekal pun jadi terasa istimewa walau sederhana.

Baca Juga: 5 Ragam Inovasi Crunchwrap yang Cocok buat Bekal Makan Siang

4. Steik tempe lada hitam 

5 Inspirasi Menu Bekal Ekonomis dengan Cita Rasa Lada Hitamilustrasi steik tempe lada hitam (pexels.com/Shameel mukkath)

Mau masak bekal steik tapi versi ekonomis? Bisa kok, tinggal beli sepapan tempe di warung terdekat, maka kamu sudah bisa membuat steik sendiri dengan saus lada hitam yang menggugah. Makannya bisa bareng sayuran atau nasi juga ok.

Demi membuat steik tempe terasa nikmat, jangan lupa campurkan bawang dan perasa. Kemudian gulingkan adonan di dalam tepung. Langsung masak dengan cara digoreng beberapa saat. Lalu siapkan saus lada hitam dan campur saat siap makan.

5. Kentang goreng lada hitam

5 Inspirasi Menu Bekal Ekonomis dengan Cita Rasa Lada Hitamilustrasi kentang goreng lada hitam (pexels.com/Mister Mister)

Bila kamu enggan membawa bekal nasi putih, maka hidangan yang juga mengenyangkan untuk dijadikan bawaan adalah kentang. Gak harus muluk-muluk, kamu bisa menyajikan kentang goreng sebagai menu ekonomis kali ini.

Siapkan dulu kentang yang telah dibersihkan, lalu potong-potong dan rebus sebentar. Bila sudah agak kering, bisa dicampur tepung untuk membuat sajian ini jadi lebih garing. Sebagai bumbu pelengkap, siapkan juga lada hitam agar tambah nikmat.

Bekal gak harus terdiri dari banyak bahan masak, kan? Dengan mengetahui lima contoh bekal di atas, kamu sudah bisa bikin lauk ekonomis, disertai bumbu lada hitam yang menggugah selera saat disantap ketika waktu istirahat berlangsung.

Baca Juga: Resep Ayam Telur Asin ala EATLAH untuk Bekal Makan Siang di Kantor 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya