Comscore Tracker

Serupa tapi Beda Nama, 5 Kue Tradisional yang Mirip di Indonesia

Bentuknya sama, rasa tak jauh beda, di daerahmu disebut apa?

Indonesia memang negeri sejuta pesona, baik wisata alam maupun kebudayannya. Tak ketinggalan, warisan kuliner leluhurnya yang beraneka ragam di tiap daerahnya yang sangat khas dan menggoyang lidah.

Namun, siapa sangka ternyata beberapa kue tradisional dari berbagai daerah di Indonesia juga punya kemiripan satu dengan lainnya. Walaupun berbeda nama, namun kue tradisional ini punya bentuk dan rasa yang tak jauh berbeda.

Penasaran? Ini dia 5 kue tradisional dari berbagai daerah yang mirip dan hanya berbeda nama saja.

1. Kue Engkak & Kue Lapis Legit

Serupa tapi Beda Nama, 5 Kue Tradisional yang Mirip di Indonesiabumbukuliner.com & traditionalcake.id

Pernahkah kamu mendengar tentang Kue Engkak? Namanya memang jarang kita dengar, tapi siapa sangka tampilannya tak jauh berbeda dengan Kue Lapis Legit.

Kue engkak sendiri merupakan kue tradisional khas Lampung, sedangkan Kue Lapis Legit berasal dari Surabaya. Sekilas, kedua kue tradisional berbeda daerah ini memang serupa. Perbedaannya, Kue Engkak terbuat dari tepung ketan dan teksturnya lebih lembut, juga lebih tahan lama dibanding Kue Lapis Legit.

2. Kue Laklak & Kue Cubit

Serupa tapi Beda Nama, 5 Kue Tradisional yang Mirip di IndonesiaBerbagai sumber

Bali tak cuma terkenal dengan pesona wisata alamnya namun juga citarasa kulinernya yang menggoyang lidah. Salah satu kue tradisionalnya yang wajib dicoba adalah Kue Laklak.

Sekilas bentuknya mirip Kue Cubit asal Jakarta. Bedanya, Kue Laklak terbuat dari tepung beras dan disajikan bersama kelapa dan gula merah. Orang Bali biasa mengonsumsinya saat sarapan dan banyak dijajakan di pasar tradisional ketika pagi hari.

Baca Juga: Mengenal Bolu Kemojo, Kue Enak Khas Riau yang Cocok buat Oleh-oleh

3. Lalampa & Lemper

Serupa tapi Beda Nama, 5 Kue Tradisional yang Mirip di IndonesiaTastemade ID & Ikokue.com

Lalampa dan lemper, satu lagi kue tradisional nusantara yang serupa dan rasanya mirip.

Berasal dari daerah yang berbeda, Lalampa dari Manado dan Lemper dari Jawa, kedua kue tradisional ini sama-sama menggoyang lidah. Bedanya, hanya terletak pada isian dan cara memasaknya.

Lalampa biasanya berisi ikan cakalang dan dimasak dengan cara dibakar setelah dibungkus daun pisang. Sedangkan, lemper berisi daging ayam yang dimasak dengan cara dikukus sebelum dibentuk dan dibungkus daun pisang.

4. Kue Bingka & Kue Lumpur

Serupa tapi Beda Nama, 5 Kue Tradisional yang Mirip di IndonesiaInstagram/@snackkiloansamarinda & selerasa.com

Satu lagi, kue tradisional berbeda pulau yang rasanya hampir sama. Kue Bingka dan Kue Lumpur merupakan kue tradisional dengan bahan yang sama dan rasanya tak jauh berbeda.

Kue Bingka sendiri merupakan kue tradisional khas Banjar, sedangkan Kue Lumpur berasal dari Jawa. Sama-sama dimasak dengan cara dipanggang dan menggunakan bahan yang tak jauh berbeda, kedua kue ini memiliki rasa yang hampir sama.

Selain berbentuk bulat, Kue Bingka biasanya dipanggang dengan bentuk bunga dan disajikan sebagai kudapan saat acara pernikahan dan bulan Ramadan. Sedangkan, kue lumpur selalu konsisten dengan bentuk bulat dan tambahan kismis di tengahnya.

5. Pancong & Pukis

Serupa tapi Beda Nama, 5 Kue Tradisional yang Mirip di IndonesiaWordpress/kuepancongpasteur & inspirasibaking.com

Dimasak menggunakan pemanggang yang sama, membuat Kue Pancong dan Kue Pukis memiliki bentuk serupa. Rasanya pun boleh dibilang hampir sama.

Kue Pancong merupakan kue tradisional yang terkenal dari Betawi, sedangkan Kue Pukis dari Jawa. Bedanya, Kue Pancong dicetak dan disajikan secara bergandengan, lalu ditabur topping di atasnya. Setelah itu Kue Pancong siap dihidangkan. Sedangkan, Kue Pukis disajikan secara satuan dan apabila ada toppingnya pun ditabur saat Kue Pukis dimasak.

Itu dia tadi beberapa kue tradisional khas daerah nusantara yang punya bentuk dan rasa yang tak jauh berbeda namun hanya berbeda nama saja. Di daerahmu, apakah ada kue tradisional serupa seperti di atas? 

Baca Juga: Kreatif dan Unik, 5 Kreasi Kue Onde-Onde Ini Harus Kamu Coba! 

Ken Kirana Photo Community Writer Ken Kirana

Setengah pekerja, setengah mahasiswa. Tapi bahagianya gapernah setengah - setengah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You