Comscore Tracker

5 Menu Olahan Ikan Blue Marlin, Kuliner Khas Pesisir Barat

Jadi menu andalan rumah makan di Pesisir Barat

Kabupaten Pesisir Barat di Lampung terkenal memiliki segudang tempat wisata pantai yang eksotis dan kuliner lezat yang khas. Kuliner berbahan ikan blue marlin adalah salah satu menu makanan yang khas di Pesisir Barat. Kuliner ini sangat disukai para wisatawan yang berkunjung ke Pesisir Barat, sehingga sebagian rumah makan di sana menyajikan berbagai jenis menu andalan olahan ikan blue marlin.

Di daerah Pesisir Barat, orang-orang menyebut ikan blue marlin ini dengan sebutan ikan tuhuk, lho. Jangan heran kalau restoran atau rumah makan di sana memiliki menu andalan yang bertuliskan ikan tuhuk. Penasaran? Berikut ini menu olahan ikan blue marlin yang disukai wisatawan di Pesisir Barat.

1. Sate ikan tuhuk

5 Menu Olahan Ikan Blue Marlin, Kuliner Khas Pesisir BaratSate ikan tuhuk (instagram.com/rm.pondokuring)

Sate ikan tuhuk adalah sate berbahan daging ikan blue marlin yang diolah dengan bumbu pilihan. Gak heran kalau sate ikan tuhuk tidak beraroma amis dan bumbunya meresap sempurna. Rasa daging sate ini lebih cenderung seperti daging ayam, tetapi lebih lembut dan sedikit agak manis.

Kamu bisa menikmati sate ini dengan bumbu kacang ataupun dengan bumbu kecap yang ditaburi potongan cabai rawit. Sate ikan tuhuk yang khas ini bisa kamu temui di beberapa rumah makan terkenal di Pesisir Barat, seperti di RM Pondok Kuring. Wajib dicoba!

2. Sop ikan tuhuk

5 Menu Olahan Ikan Blue Marlin, Kuliner Khas Pesisir BaratSop ikan tuhuk (instagram.com/rm.pondokuring)

Sop ikan tuhuk merupakan sop yang terbuat dari daging ikan blue marlin yang diolah bersama bumbu khusus pilihan. Cara pengolahan dan memasaknya yang tepat, menjadikan daging ikan terasa lembut, serta menjadikan rasa rempah yang kuat pada kuah sop ini. Sop ikan tuhuk biasanya disajikan bersamaan sambal, acar, dan kerupuk, serta jeruk nipis yang menambah cita rasa kesegarannya.

Jika kamu berwisata ke Pesisir Barat, tambah lengkap jika kamu mencoba kuliner sop tuhuk khas Pesisir Barat yang ada di RM. Pondok Kuring, tepatnya di Simpang Bandara Serai. Di RM Pondok Kuring ini, sop ikan tuhuk menjadi menu andalannya selain sate tuhuk. Rasanya lengkap deh!

3. Batagor ikan tuhuk

5 Menu Olahan Ikan Blue Marlin, Kuliner Khas Pesisir BaratBatagor ikan tuhuk (instagram.com/rm.pondokuring)

Batagor ikan tuhuk merupakan batagor yang sama seperti batagor pada umumnya yang terbuat dari olahan tepung dan daging ikan yang disajikan dengan saus kacang. Perbedaannya hanyalah pada jenis daging ikan yang digunakan, karena batagor ini menggunakan daging ikan tuhuk pilihan.

Karena ikan tuhuk sangat populer di Pesisir Barat, maka dagingnya banyak juga digunakan sebagai bahan membuat batagor maupun makanan sejenis lainnya. Selain di restoran, di kafe sederhana pun banyak menyediakan menu makanan ini, terkhusus di daerah Krui, ya. Kamu juga dapat membelinya dalam bentuk kemasan frozen, lho. Mantap!

Baca Juga: 5 Kedai Kuliner Khas Korea di Bandar Lampung Bikin Lapar!

4. Bakso ikan tuhuk

5 Menu Olahan Ikan Blue Marlin, Kuliner Khas Pesisir BaratBakso ikan tuhuk (instagram.com/baksoikan2)

Bakso ikan tuhuk juga merupakan makanan populer yang dijadikan menu andalan tempat makan di Pesisir Barat. Penyajiannya memang cukup simpel seperti pada umumnya, tetapi dengan bahan daging ikan tuhuk dan kuah rempah yang khas menjadikan cita rasa yang luar biasa gurihnya.

Jika kamu ingin menikmati bakso ikan tuhuk khas Pesisir Barat, berkunjunglah ke RM Dua Samudera yang berlokasi di Pantai Labuhan Jukung Krui. Kamu juga bisa membelinya dalam bentuk kemasan frozen yang ditawarkan di rumah makan tersebut. Praktis dan pasti lezat!

5. Gulai taboh ikan tuhuk

5 Menu Olahan Ikan Blue Marlin, Kuliner Khas Pesisir BaratGulai taboh ikan tuhuk (instagram.com/yara_artandcraft)

Gulai taboh ikan tuhuk merupakan kuliner khas Pesisir Barat yang perpaduan antara ikan tuhuk dan kuah santan dengan cita rasa rempah yang lezat. Makanan ini selalu disajikan saat gelaran acara adat, dan juga menjadi menu andalan rumah makan.

Gulai taboh ikan tuhuk juga biasanya berisi khattak atau kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang panjang, rebung, dan kentang. Tak hanya ikan laut sebenarnya, gulai taboh juga kerap disajikan dengan ikan sungai, udang, ayam atau telur. Gurih rasanya!

Kelezatan daging ikan blue marlin memang sangat terkenal dan melekat di hati masyarakat Pesisir Barat. Kepopuleran ikan blue marlin membuat masyarakat berkreasi menciptakan jenis makanan olahan ikan tersebut. Nah, itulah menu olahan ikan blue marlin yang disukai wisatawan di Pesisir Barat. Kamu harus coba!

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Khas Maluku yang Paling Enak, Ada Favoritmu?

Mardiansyah Saputra Photo Writer Mardiansyah Saputra

Coretan ini semoga bermanfaat. Mari berteman! IG: Mard.Saputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya