Comscore Tracker

5 Tempat Kuliner di Kawasan Semarang Atas, Cocok untuk Nongkrong

Ada yang pet-friendly juga lho #LokalIDN

Liburan tanpa kuliner pastinya hampa. Itulah sebabnya sebelum bepergian orang cenderung untuk mencari rekomendasi tempat makan melalui situs pencarian Google.

Kalian yang berencana ke Semarang dan mencoba searching tempat kuliner di kota ini, mungkin akan menemukan nama-nama seperti lumpia, bakmi jawa, atau es puter conglik. 

Namun, variasi kuliner di kota ini lebih dari sekadar menu-menu yang sudah melekat dengan nama kota Semarang. Kota Semarang dalam kurun waktu 6 tahun terakhir tidak hanya menghadirkan tempat kuliner dengan rasa yang inovatif, tetapi juga mempertimbangkan desain dan target market.

Kawasan Semarang atas merupakan contoh daerah yang banyak bermunculan tempat makan baru. Konsepnya bermacam-macam. Ada yang berupa bakery, dine-in, atau healthy-conscious.

Kira-kira seperti apa tempat nongkrong yang terletak di Semarang Atas? Berikut ini ulasannya.

1. The Good Friends Bakery

5 Tempat Kuliner di Kawasan Semarang Atas, Cocok untuk NongkrongSuasana di dalam The Good Friends Bakery Cafe (dok.pribadi/Maria Sutrisno)

The Good Friends Bakery terletak di Jalan Argopuro Nomor 21, Semarang. Bakery ini beroperasi setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Beberapa menu spesial di tempat ini antara lain:

  • Bombolini yang terbagi menjadi 2 rasa utama yaitu manis dan gurih.
  • Roti tawar (milk toast) dengan berbagai rasa seperti talas, original, charcoal, dan wheat.
  • Milk bun
  • Minuman seperti Earl Grey Latte dan Cereal Milk.

Meskipun tempatnya kecil, namun desain di The Good Friends Bakery cukup estetis dan nyaman sehingga cocok untuk dijadikan tempat mengobrol bersama teman atau pasangan. Estimasi harga makanan dan minuman di Bakery ini cukup terjangkau.

Kalian juga dapat singgah di butik yang berada tepat di samping bakery. Butik ini menjual aksesori, pakaian wanita, dan sepatu.

2. Kedai Kopi Oma

5 Tempat Kuliner di Kawasan Semarang Atas, Cocok untuk NongkrongKedai Kopi Oma (dok.pribadi/Maria Sutrisno)

Masih berada di kawasan Semarang atas dan lokasinya tidak jauh dari The Good Friends Bakery, kalian dapat menemukan restoran bernama Kedai Kopi Oma. Restoran yang terletak di Jalan Rinjani Nomor 21 ini ideal untuk dikunjungi bersama keluarga.

Tidak hanya itu saja, Kedai Kopi Oma menawarkan beragam hidangan mulai dari makanan khas Indonesia, Western, hingga Asian seperti Pad Thai.

Kedai Kopi Oma beroperasi setiap hari dari jam 11 pagi hingga jam 12 malam. Harga makanan utama (main course) dimulai dari Rp45.000 per porsi.

Beberapa menu yang patut untuk dicoba antara lain nasi goreng naga, jagung goreng kepiting, dan teh Tolak Angin. Porsi hidangan relatif besar sehingga dapat share dengan keluarga.

Baca Juga: 5 Wisata Malam di Semarang untuk Melepas Penat, Murah Meriah!

3. Keva

5 Tempat Kuliner di Kawasan Semarang Atas, Cocok untuk NongkrongKeva (instagram.com/rinfooddiary)

Khusus untuk kalian yang sangat memperhatikan kalori, boleh nih mencoba Keva yang terletak di Jalan Papandayan Nomor 4, Semarang. Keva Cafe menyajikan menu mulai dari brunch ala Aussie hingga main course seperti steak sampai makanan Mediterania. 

Estimasi harga untuk makanan pembuka adalah Rp28.000 hingga Rp 48.000 per menu. Sedangkan untuk hidangan salad yang mana ini cocok untuk kalian yang memperhatikan asupan kalori, Rp50.000-80.000 per menu.

Lalu mereka juga mempunyai menu klasik seperti nasi jeruk serimping X.O dengan kisaran harga Rp48.000-55.000 per menu. Yang terakhir untuk hidangan steak, harga dimulai dari Rp55.000 ke atas. 

Jam operasional Keva dimulai dari jam 12 siang hingga 9 malam untuk hari Minggu sampai Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu, Keva buka jam 12 siang hingga 10 malam.

4. Levain Cafe

5 Tempat Kuliner di Kawasan Semarang Atas, Cocok untuk NongkrongLevain Cafe (dok.pribadi/Maria Sutrisno)

Levain Cafe merupakan salah satu kafe baru di kota Semarang. Terletak di Jalan Sisingamangaraja Nomor 31, Levain Cafe menjadi tempat ideal untuk anak muda dan turis. Sebabnya, tidak jauh dari kafe ini terdapat dua hotel yaitu Hotel Patra Jasa dan Hotel Grand Candi.

Tidak hanya itu saja, Levain Cafe juga pet-friendly sehingga kalian yang mempunyai hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat membawanya ke sini. Namun, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi saat membawa hewan peliharaan, contohnya seperti:sudah toilet trained dan tidak mengganggu pengunjung lain.

Di Levain Cafe, kalian dapat memesan pastry seperti pain au chocolate hingga rice bowl dan brunch. Kisaran harga makanan di tempat ini antara Rp30.000 hingga Rp60.000 per menu. Untuk pastry, estimasi harga Rp20.000-30.000.

Jam operasional kafe ini dimulai dari jam 7 pagi hingga 10.30 malam.

5. Pelangi Tambora

5 Tempat Kuliner di Kawasan Semarang Atas, Cocok untuk NongkrongSuasana di dalam Peatery, Pelangi Tambora (instagram.com/pelangitambora.smg)

Pelangi yang terletak di Jalan Tambora Nomor 4, Semarang merupakan tempat makan sekaligus pusat oleh-oleh.

Saat kalian tiba di sini kalian akan mendapati kafe bernama Hibiniu yang buka dari jam 8 pagi hingga 9 malam, kemudian restoran Peatery dengan jam operasional 11 pagi hingga 9 malam, dan yang terakhir Pelangi Oleh-Oleh yang buka dari 7 pagi hingga 9 malam. 

Tempat ini ideal untuk segala usia dan mereka juga menawarkan pilihan menu yang bervariasi.

Apabila terburu-buru dan tidak ingin makan yang terlalu berat, maka Cafe Hibiniu adalah tempat yang cocok.

Namun, bila datang bersama keluarga dan ingin makan sedikit lebih kenyang maka Peatery adalah tempatnya. Menu-menu di Peatery cukup lengkap. Ada menu khas Indonesia hingga Western seperti burger dan steak. Harga untuk main course di Peatery dimulai dari Rp30.000 ke atas.

Tak lupa setelah selesai makan, kalian dapat membeli oleh-oleh di toko mereka. Pelangi cafe terkenal akan roti chiffon kejunya. 

Itulah 5 rekomendasi tempat kuliner di kawasan Semarang atas. Sedikit berbeda dari tipikal makanan kota Semarang, menu-menu di tempat ini lebih bervariasi sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja. Kemudian tempatnya yang nyaman membuat kelima tempat ini ideal untuk dijadikan tempat nongkrong bersama teman, pasangan, atau keluarga. 

 

 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Enak di Semarang Terbaru untuk Akhir Tahun 2021

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya