Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kuliner Malam di Kota Makassar, Ada yang Buka 24 Jam!

Cocok jadi teman begadangmu! #LokalIDN

Menikmati kuliner malam memang menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Suasana yang dingin, penuh dengan lampu-lampu yang menghiasi kota membuat suasanya selalu dinanti-nantikan. Apalagi jika menghabiskan waktu malam bersama keluarga ataupun sahabat, tentu terdengar manis banget, kan?

Saat berkunjung ke Kota Makassar, gak perlu khawatir bagi kamu pecinta kuliner malam. Ada begitu banyak ditawarkan di kota metropolitan wilayah timur Indonesia ini, mulai dari lalapan, coto hingga songkolo bagadang.

Berikut ini 5 rekomendasi wisata kuliner malam di kota Makassar.

1. Sari laut mbak atun

5 Rekomendasi Kuliner Malam di Kota Makassar, Ada yang Buka 24 Jam!ilustrasi Sari Laut Mbak Atun (instagram.com/nganre_rong)

Rekomendasi kuliner malam pertama jatuh pada Sari Laut Mbak Atun. Bagi kamu si pecinta makanan laut, maka tempat satu ini menjadi kewajibanmu untuk dikunjungi kala berkunjung ke Makassar.

Terletak di dekat tempat wisata Benteng Fort Rotterdam, Sari Laut Mbak Atun menawarkan berbagai macam menu lho, dari hewan darat hingga laut semuanya ada. Misalnya saja ayam lalapan, cumi goreng krispi, hingga kepiting tumis yang sangat menggugah selera.

Cita rasa yang dimiliki Sari Laut Mbak Atun ini sangat lah khas dan selalu dirindukan bagi siapa pun. Apalagi untuk sambal cobek-cobeknya yang selalu menjadi incaran pengunjung.

Soal harga, dimulai dari Rp20.000 untuk menikmati seporsi menu makanan di sini. Untuk jam bukanya mulai dari 06.00 WITA hingga 00.00 WITA ya.

Lokasi: Jl. Ujung Pandang No. 8, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171

2. Pisang epe losari

5 Rekomendasi Kuliner Malam di Kota Makassar, Ada yang Buka 24 Jam!ilustrasi Pisang Epe Losari (instagram.com/ngemil_lucu)

Tak diragukan lagi kepopuleran nama pisang epe di kota Anging Mammiri. Sajian khas yang berbahan dasar dari buah pisang yang disiram air gula membuat siapa saja yang pernah mencicipinya pasti ingin mencicipi kembali. Sajiannya pun sangat beragam, ada yang mencampurkan dengan parutan keju, kacang, hingga meses cokelat.

Tak perlu ragu untuk mencobanya, kamu bisa mengunjungi wilayah Pantai Losari yang terletak di jalan.. Di sepanjang pinggiran pantai, tersedia banyak warung yang menawarkan menu pisang epe. Buka mulai ba'da Magrib bahkan ada yang sampai menjelang Subuh, lho.

Untuk harga, seporsi pisang epe dibanderol dengan harga Rp10.000 hingga Rp20.000 saja.

Lokasi: Pantai Losari, Kota Makassar.

Baca Juga: 7 Tempat Kuliner Legendaris Makassar, Lezatnya Konsisten!

3. Songkolo bagadang antang

5 Rekomendasi Kuliner Malam di Kota Makassar, Ada yang Buka 24 Jam!ilustrasi Songkolo Bagadang Antang (instagram.com/caecillia_h)

Songkolo merupakan salah satu makanan yang paling digemari masyarakat asli suku Makassar. Makanan yang terbuat dari beras ketan hitam dan diberi parutan kelapa, juga dengan tambahan ikan kering dan sambal cobek-cobek ini selalu menjadi incaran bagi siapa pun.

Songkolo Bagadang Antang menjadi salah satu pilihan apabila kamu ingin menikmati lezatnya songkolo di sini. Terletak di Antang, warung satu ini bahkan terbuka sampai 24 jam, lho! Nama songkolo' bagadang itu sendiri diartikan sebagai makanan yang disajikan untuk orang-orang yang begadang.

Soal harga, mulai Rp10.000 hingga Rp25.000 kamu sudah bisa menikmati songkolo bagadang ini yang berisikan songkolo, ikan teri, dan cobek-cobek.

Lokasi: Jl. Pannara No.19, Antang, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90234

4. Aroma coto gagak

5 Rekomendasi Kuliner Malam di Kota Makassar, Ada yang Buka 24 Jam!ilustrasi Aroma Coto Gagak (instagram.com/makanterusss)

Kuliner legendaris selanjutnya ada coto makassar. Salah satu warung yang bisa dikunjungi ialah Aroma Coto Gagak yang terletak di Jalan Gagak. Kepopuleran warung kuliner satu ini ialah karena usianya yang telah berdiri sejak tahun 1973. Tak luput oleh waktu, hingga kini Aroma Coto Gagak selalu ramai kedatangan pengunjung.

Soal rasa, coto di sini sudah tak perlu diragukan lagi. Harga seporsinya pun termasuk masih terjangkau, yakni dengan harga Rp20.000 saja. Untuk pelengkap, di warung ini juga ditawarkan berbagai menu lainnya seperti ketupat dan es jeruk.

Menariknya lagi, Aroma Coto Gagak selalu buka hingga 24 jam, lho! Wah seru banget deh untuk dijadikan sebagai wisata kuliner malam bersama sahabat ataupun keluarga.

Lokasi: Jl. Gagak No.27, Mariso, Kec. Mariso, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

5. Nasi kuning pak mus (Golkar)

5 Rekomendasi Kuliner Malam di Kota Makassar, Ada yang Buka 24 Jam!ilustrasi Nasi Kuning Golkar (instagram.com/nganre_rong)

Menu makanan satu ini tentunya tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sajian nasi yang berwarna kuning ini memang selalu menjadi incaran siapapun. Jika sedang berada di kota Makassar, maka Nasi Kuning Golkar pun cocok menjadi teman begadangmu. 

Ada yang unik dari namanya, dinamakan Nasi Kuning Golkar karena lokasi wisata kuliner satu ini terletak berada di pelataran Gedung Golkar. Orang-orang pun telah terbiasa dan hafal dengan nama yang populer ini. Berdiri sejak tahun 2002, di warung Pak Mus ditawarkan berbagai macam menu nasi kuning yang berisi sate, ayam palekko, paru rica, sayur dan lainnya. 

Untuk soal harga pun di Nasi Kuning Golkar ini termasuk sangat terjangkau, lho. Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp11.000 hingga Rp20.000 tergantung dari lauk nasinya. Murah banget, kan? Perlu diingat, Nasi Kuning Golkar mulai buka pada pukul 20.00 hingga 02.30, ya. So, cocok banget deh jadi teman begadangmu.

Lokasi: Jl. Bonto Lempangan No.3, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar 90115 (Pelataran Gedung Golkar)

Kota Makassar memang menyimpan begitu banyak wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi saat malam hari tiba. Urusan rasa pun tak perlu diragukan lagi karena semuanya memang terbukti akan memanjakan lidah siapapun.

Nah, dari beberapa rekomendasi wisata kuliner di atas, mana aja nih yang pernah kamu kunjungi? Yuk, tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Spot Kuliner Sop Konro di Makassar, Wajib ke Sini!

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya