Comscore Tracker

Jenis-jenis Tepung yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Kalau Masak

Gak semua bisa disamakan lho!

Tepung adalah bahan dasar makanan yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Dari sekian banyaknya jenis tepung di seluruh dunia, tentu masing-masing memiliki ciri dan kegunaannya yang berbeda-beda.

Nah supaya kamu gak salah ketika memilih tepung untuk masakanmu, sebaiknya simak dulu nih jenis-jenis tepung yang diulas dalam artikel ini. Jangan sampai bingung ya, supaya kamu gak salah pilih kalau masak nanti. Yuk, simak!

1. Tepung berbahan dasar gandum

Jenis-jenis Tepung yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Kalau Masakthespruceeats.com/

Hampir semua negara mengonsumsi makanan berbahan dasar gandum, hingga tak terhitung jenis penganan yang dibuat dari tepung jenis ini. Tak heran, tanaman berbulir ini paling umum dijadikan sebagai tepung dengan variasi terbanyak. Berikut ini adalah beberapa jenis tepung yang terbuat dari gandum:

1. Terigu protein tinggi (bread flour)

Terbuat dari gandum keras dengan sedikit campuran barley yang digiling halus menjadikan tepung ini mengandung protein gluten yang sangat tinggi. Kadar protein tinggi dapat menghasilkan adonan bersifat elastis, sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat roti yang empuk, lembut dan kenyal.

2. Terigu protein sedang/serba guna (cake flour/all purpose flour)

Tepung jenis ini dibuat dari campuran gandum keras (kadar gluten tinggi) dan gandum lunak (kadar gluten rendah). Tepung ini dapat digunakan untuk bahan dasar hampir semua jenis makanan, antara lain: cake, kue mangkuk, bakpao, panekuk, gorengan dan aneka kue yang membutuhkan proses fermentasi.

3. Terigu protein rendah (pastry flour)

Terigu protein rendah dihasilkan dari gandum lunak dan teksturnya sangat halus. Karena dibuat dari gandum lunak, kandungan proteinnya rendah tetapi kadar karbohidratnya tinggi. Karena karekteristik tersebut, tepung ini biasa dipakai untuk membuat pastry atau sebagai campuran untuk mengempukkan roti.

4. Tepung gandum utuh (whole wheat flour)

Karena dibuat dari bulir gandum merah utuh yang tidak digiling halus, tepung ini mengandung lebih banyak serat dan nutrien lainnya. Makanan yang dihasilkan akan lebih berat, tetapi jika dicampur dengan tepung serba guna akan menghasilkan tekstur yang lebih ringan dan mengembang.

5. Tepung semolina

Tepung semolina dibuat dari gandum keras, jenis durum atau semolina dan berprotein tinggi yang umumnya digiling dengan tekstur agak kasar. Kegunaannya antara lain untuk membuat hidangan pasta, gnocchi, puding dan couscous.

2. Tepung jagung (corn flour)

Jenis-jenis Tepung yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Kalau Masakthespruceeats.com/

Terdapat dua jenis tepung jagung, yakni tepung jagung utuh (corn flour) dan tepung maizena (cornstarch) yang dibuat dari pati endosperm. Tepung ini tidak mengandung gluten dan biasanya dicampur dengan terigu untuk merenyahkan makanan yang dioven atau sebagai pengental kuah dan saus.

3. Tepung beras (rice flour)

Jenis-jenis Tepung yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Kalau Masakfactoryshoponline.co.za/

Dibuat dari beras putih utuh yang digiling sangat halus, tepung ini umumnya digunakan untuk membuat aneka kue basah dan bihun. Selain itu, tepung beras juga biasa digunakan sebagai bahan campuran tepung terigu yang berfungsi sebagai perenyah adonan gorengan. Umumnya, tepung beras tidak digunakan dalam jumlah banyak karena seringkali hanya digunakan sebagai campuran tepung terigu saja.

Baca Juga: Cooking 101: Apa Perbedaan Tepung Maizena dan Tepung Tapioka?

4. Tepung ketan (glutinous rice flour/sticky rice flour)

Jenis-jenis Tepung yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Kalau Masaktripu.vn/

Walaupun disebut glutinous rice flour, bukan berarti tepung ketan memiliki kandungan gluten yang tinggi. Malahan, jika dibandingkan dengan tepung jenis lain, tepung ketan memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi. Tekstur adonannya yang lengket dan elastis menjadikan tepung ini cocok untuk membuat jajanan tradisional seperti mochi, kue lapis dan dodol.

5. Tepung kedelai (soy flour)

Jenis-jenis Tepung yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Kalau Masakspiceography.com/

Tepung kedelai merupakan salah satu jenis tepung yang baik bagi tubuh karena memiliki kandungan protein tinggi, karbohidrat rendah, kalsium, zat besi dan magnesium. Umumnya tepung ini digunakan sebagai pengental saus dan tepung gorengan karena sifatnya yang tidak menyerap minyak.

6. Tepung kacang hijau

Jenis-jenis Tepung yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Kalau Masakidntimes.com/

Tepung kacang hijau yang terkenal di Indonesia memiliki nama dagang Hunkwe. Tepung kacang hijau ini terbuat dari sari pati kacang hijau dan berwarna putih. Umumnya tepung ini dibuat menjadi penganan tradisional contohnya nagasari, kue lapis dan cendol. 

7. Tepung sagu

Jenis-jenis Tepung yang Wajib Kamu Tahu, Biar Gak Salah Kalau Masakidntimes.com/

Tepung sagu dibuat dari pati batang pohon sagu. Makanan yang terbuat dari tepung ini umumnya akan memiliki tekstur kenyal dan elastis. Beberapa makanan yang dibuat dari tepung sagu antara lain papeda, pempek dan bika ambon.

Setelah menyimak penjelasan di atas, kamu jadi tahu 'kan apa saja jenis-jenis tepung yang lazim digunakan dalam makanan Indonesia? Nah kalau sudah tahu, dijamin gak akan salah pilih tepung lagi nih ketika memasak atau membuat kue di rumah. 

Baca Juga: 10 Jenis Tepung Bebas Gluten dan Kegunaannya yang Harus Kamu Tahu

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya