Comscore Tracker

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga

Gak akan bingung lagi besok mau masak apa

Jumlah makanan Indonesia banyaknya bukan main, tapi kita masih saja suka bingung mau masak apa di awal hari. Apalagi kalau masaknya untuk satu keluarga yang punya menu favorit berbeda-beda.

Sebagai referensi, kali ini IDN Times sudah merangkum nih dari beberapa sumber tentang 10 inspirasi menu masakan sehari-hari untuk keluarga yang banyak disukai dan menjadi paling favorit. Penasaran apa ajah sih? Simak ulasan berikut ini ya.

1. Sop ayam rumahan

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk KeluargaInstagram.com/krupukbocahtua

Sop ayam rumahan bisa jadi senjata ampuh buat yang tak punya banyak waktu untuk masak. Bahannya mudah didapat, murah, masaknya cepat, dan semua orang suka.

Tinggal menggunakan variasi isian berbeda setiap kali masak sop ayam. Misalnya dengan tambahan sosis, bakso, udang, tahu sutra, bihun, kacang polong, dan sebagainya.

Makin lengkap kalau disajikan bersama ayam goreng ungkep, ayam tepung, atau perkedel kentang. Nikmat dan memenuhi kebutuhan gizi harian.

2. Capcay

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk KeluargaInstagram.com/bundogafi

Gak kalah dengan sup ayam, capcay juga jadi pilihan praktis dan nikmat untuk santap harian bersama keluarga. Bahannya pun bisa disesuaikan dengan selera, seperti menambahkan daging atau seafood ke dalamnya.

Selain capcay, makanan oriental lainnya seperti fuyunghai atau tamie bisa jadi kombinasi menu yang pas.

3. Sambal goreng kentang dan hati

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk KeluargaInstagram.com/lestarisahidin _______

Enak, bergizi, dan mengenyangkan jadi tiga alasan kenapa lauk satu ini jadi favorit banyak orang. Selain hati sapi, kentang, serta wortel, bahan lainnya, seperti petai, juga pas banget untuk jadi campuran. 

4. Udang goreng asam manis

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluargaslimmingeats.com

Udang memang serasi diolah dengan bumbu apapun, bahkan ketika digoreng hanya menggunakan garam dan bawang putih.

Namun, untuk menambah variasi rasanya, masakan paling sederhana yang bisa kamu buat di rumah adalah udang bumbu asam manis. Tinggal tambah bawang bombai, saus tomat, dan gula, jadi deh!

5. Sayur lodeh

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk KeluargaInstagram.com/limjenjen

Hidangan sayur bersantan ini memanfaatkan nangka muda sebagai bahan utamanya. Nilai plus dari memasak sayur lodeh di rumah adalah rasanya justru makin enak saat dihangatkan berkali-kali.

Kalau sudah ada sayur lodeh, gak perlu pusing cari lauk pendamping, karena hampir semua makanan yang digoreng cocok disantap bersama lodeh. Misalnya ayam goreng, tempe dan tahu goreng, atau ikan goreng.

6. Ayam kecap

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk KeluargaIDN Times/Sukma Mardya Shakti

Meski nampak sederhana, ayam kecap ada banyak versi resepnya. Mulai dari ayam kecap sederhana hingga ayam kecap dengan Chinese style.

Baca Juga: 7 Resep Olahan Babi yang Paling Nikmat, Mana yang Paling Kamu Suka?

7. Opor ayam

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk KeluargaInstagram.com/ayudiahrespatih

Gak cuma nikmat disantap saat perayaan tertentu, opor ayam bisa jadi pilihan menu harian lho. Opor juga salah satu hidangan yang makin enak pas dipanaskan berulang-ulang, apalagi disajikan sama nasi panas.

Tapi jangan terlalu sering juga ya. Selain bikin daging ayamnya hancur, kandungan kolesterol jahatnya juga bisa ikutan naik.

8. Sayur bening

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk KeluargaInstagram.com/luis_widarto

Sayur kaya zat besi satu ini bikinnya gak sampai 10 menit. Apalagi masaknya cuma butuh empat bahan, yakni bayam, bawang merah, bawang putih, dan kencur.

Karena rasanya tidak terlalu kuat, sayur bening cocok dipadukan dengan lauk apa saja, terutama yang berbumbu kuat. Misalnya orek tempe, telur bumbu Bali, ayam kecap, dan sebagainya.

9. Bakwan jagung

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk KeluargaInstagram.com/hana_kitchenn

Bakwan jagung memang biasanya gak dijadikan lauk utama, tapi makanan satu ini cocok mendampingi sesi makan dengan menu apa saja. Mulai dari olahan sayuran seperti sop, capcay, atau sayur bening, sampai makanan seperti pecel dan krengsengan.

10. Pepes

10 Inspirasi Menu Masakan Sehari-hari untuk KeluargaInstagram.com/linagui.kitchen

Memang proses masaknya memakan waktu, tapi pepes biasanya bisa disimpan beberapa hari. Setelah matang dan didinginkan, pepes bisa diletakkan dalam lemari es dan dipanaskan kembali saat akan makan. 

Isiannya pun bisa bervariasi meski menggunakan satu bumbu. Mulai dari pepes ikan, pepes udang, pepes ayam, hingga pepes tahu.

Demikianlah rekomendasi beberapa menu masakan sehari-hari yang paling favorit dan dapat menjadi inspirasimu. Nah, sekarang gak bingung lagi, kan mau masak apa untuk menu keluarga yang nikmat? Mau coba masak yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 7 Kreasi Resep Masakan untuk Daging Kurban yang Enak, Gak Bikin Bosan 

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You