Comscore Tracker

5 Cara Memasak Beras Merah biar Pulen dan Matang Sempurna

Rasanya sama-sama enak, lebih sehat pula

Meski jauh lebih sehat karena rendah gula dan tinggi gizi daripada beras putih, beras merah jarang difavoritkan karena teksturnya yang agak keras. Selain manfaat beras merah banyak tapi ada yang harus kamu ketahui juga yaitu cara mengolahnya yang tepat, tekstur "mengganggu" tersebut bisa diminimalisir, kok.

Kali ini IDN Times mau kasih tips atau cara memasak beras merah yang pulen dan matang secara merata, tenang ajah mudah kok caranya. Langsung ajah simak dibawah ini langkah-langkahnya:

1. Rendam beras dalam air terlebih dahulu

5 Cara Memasak Beras Merah biar Pulen dan Matang Sempurnablueapron.com

Setelah beras dicuci bersih, rendam di dalam air sekitar 30 menit supaya sedikit melunak. Sehingga, saat nanti dimasak, kamu bakal mendapat tekstur beras yang matang sempurna.

Sebagai catatan, jangan berlebihan saat mencuci beras, biar vitaminnya tak banyak hilang, cukup 2-3 kali saja maksimal.

2. Perbandingan air yang tepat

5 Cara Memasak Beras Merah biar Pulen dan Matang SempurnaInstagram.com/zenzeroh2o

Takaran air yang dibutuhkan untuk menanak beras merah memang lebih banyak daripada masak beras biasa, karena sifat teksturnya. Namun dalam hal ini, jenis biji beras hingga metode masak yang kamu gunakan bisa mempengaruhi kebutuhan air.

Umumnya, orang memakai perbandingan 1:3, yakni satu gelas takar beras membutuhkan tiga gelas takar air. Namun, ada pula yang memakai rasio 1:4 untuk menghasilkan tekstur yang lebih empuk. Jadi perlu menyesuaikannya dengan spesifikasi alat, serta biji beras yang kamu miliki.

3. Metode memasak

5 Cara Memasak Beras Merah biar Pulen dan Matang Sempurnathecanadianafrican.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, metode masak beras merah bisa memengaruhi hasil teksturnya, meski tak signifikan. Banyak yang mengatakan menanak beras merah secara manual dengan panci hasilnya lebih pulen dan empuk dibanding rice cooker, meski tentu saja tidak lebih efektif.

Tapi kembali lagi ke selera dan kebutuhan masing-masing, ya. Kamu bisa membandingkan keunggulan metode keduanya di bawah ini. 

Cara memasak secara manual:

  1. Masukkan beras dan air ke dalam panci. Tutup panci dan masak hingga air mendidih.
  2. Saat air sudah mendidih, buka tutup panci dan aduk-aduk beras. Lakukan proses ini hingga air asat atau habis dan beras nampak setengah matang. Matikan api.
  3. Siapkan kukusan dan rebus airnya hingga mendidih. Pindahkan beras merah ke dalam kukusan dan masak sampai matang.

Cara memasak menggunakan rice cooker:

  1. Cukup masukkan air dan beras merah ke dalam wadah rice cooker.
  2. Tekan tombol "cook" dan biarkan hingga nasi otomatis matang. 
  3. Kamu bisa menambahkan garam, mentega, atau minyak untuk rasa yang lebih kaya.

Baca Juga: 10 Tips Memasak Nasi Goreng biar Gak Lembek dan Enak, Maknyus Abis!

4. Jangan langsung menyantapnya setelah matang

5 Cara Memasak Beras Merah biar Pulen dan Matang Sempurnabiscuitsandladles.com

Kalau yang satu ini, tips untuk kamu yang memasak beras merah menggunakan rice cooker. Baiknya biarkan 15 menit dalam mode warm sebelum disantap, agar uap air keluar, sehingga teksturnya ringan dan mengembang.

Biasanya begitu indikator rice cooker menunjukkan sudah matang, masih ada sisa air dan starch yang belum sepenuhnya hilang. Sehingga, membuat teksturnya lengket dan bergetah.

5. Campur beras merah dan beras putih

5 Cara Memasak Beras Merah biar Pulen dan Matang Sempurnanutritionport.in

Untuk sebagian orang yang terbiasa makan nasi putih, beralih ke beras merah memang jadi hal baru yang mungkin butuh waktu penyesuaian. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencampur beras merah dengan beras putih terlebih dahulu, supaya teksturnya tetap familiar di lidah.

Demikianlah beberapa tips memasak beras merah yang harus kamu tahu. Mudah bukan? Jadi, sudah siap beralih hidup sehat belum, nih? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Baca Juga: Tips Memasak Beras Secara Tradisional, Nasi Jadi Lebih Pulen dan Gurih

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You