Comscore Tracker

5 Makanan Rebusan Khas Prancis yang Kaya Rasa, Nikmatnya Nyata!

Kelezatannya melekat di lidah

Makanan dengan cara direbus banyak ditemukan di berbagai negara. Berbeda dengan sup, biasanya rebusan mempunyai sedikit kuah. Prancis menjadi salah satu negara yang mempunyai banyak menu rebusan, lho.

Makanan jenis ini sebagian besar terbuat dari bumbu-bumbu pilihan yang membuatnya kaya rasa. Menu ini juga dapat disandingkan dengan nasi atau roti.

Wajib masuk list kulineranmu saat berkunjung ke Prancis, berikut beberapa rekomendasi makanan rebusan yang nikmat. Siap-siap dibuat ngiler, ya!

1. Beef bourguignon

5 Makanan Rebusan Khas Prancis yang Kaya Rasa, Nikmatnya Nyata!beef bourguignon (instagram.com/cadremadison)

Beef bourguignon merupakan makanan dari daerah Burgundy. Dalam pembuatannya, diperlukan red wine burgundy yang kuat. Wine ini berguna untuk melunakkan potongan daging sapi charolais yang keras.

Setelah itu baru ditambahkan dengan bawang bombay, bawang putih, thyme, wortel, kentang, dan jamur. Penambahan kulit jeruk agar rasa makin nikmat.

Bahan tersebut direbus dalam waktu yang lama sampai dagingnya benar-benar lembut dan meresap. Banyak yang berpendapat kalau makanan ini makin nikmat setelah disimpan di kulkas selama 24 jam, lalu dipanaskan kembali, lho.

2. Cassoulet

5 Makanan Rebusan Khas Prancis yang Kaya Rasa, Nikmatnya Nyata!cassoulet (instagram.com/ffeliot)

Cassoulet merupakan makanan yang menjadikan kacang dan daging sebagai bahan utamanya. Bahan-bahan tersebut direbus selama berjam-jam dalam panci casserole terakota berlapis kaca dengan suhu rendah sampai cukup lunak.

Banyak orang yang menambahkan sayuran segar di atasnya, seperti selada. Namun, di antaranya juga menambahkan sosis untuk memperkuat rasa, lho.

3. Coq au Riesling

5 Makanan Rebusan Khas Prancis yang Kaya Rasa, Nikmatnya Nyata!coq au riesling (instagram.com/spectatorlife)

Coq au riesling merupakan makanan yang terbuat dari ayam, jamur, bawang, lardon, dan wine riesling kering yang berasal dari Alsace. Banyak orang mengatakan bahwa makanan ini lebih nikmat ketika dihangatkan kembali keesokan harinya.

Hal itu disebabkan karena rasanya lebih meresap saat dibiarkan di lemari es semalaman. Makanan ini dapat dikombinasikan dengan mi telur, nasi putih, hingga kentang rebus. Cobalah mengonsumsinya ketika musim dingin. ya.

Baca Juga: 5 Jenis Charcuterie Board Menawan, Seni Menyusun Makanan dari Prancis

4. Poulet Basquaise

5 Makanan Rebusan Khas Prancis yang Kaya Rasa, Nikmatnya Nyata!poulet basquaise (instagram.com/jesuisuncuisinier)

Poulet basquaise adalah hidangan sederhana yang kaya rasa dengan aroma sedap. Makanan ini menjadi salah satu semur Prancis paling populer. Bahan utama dalam pembuatannya adalah ayam.

Namun, umumnya hanya menggunakan kaki atau pahanya. Bahan dibumbui dengan lada espelette, sejenis lada asli Prancis. Bahan tradisional lainnya mencakup ham asin kering yang dapat memberikan sensasi berasap pada rebusan.

5. Blanquette de veau

5 Makanan Rebusan Khas Prancis yang Kaya Rasa, Nikmatnya Nyata!blanquette de veau (instagram.com/amandinecooking)

Blanquette de veau adalah rebusan daging sapi muda yang ditambahkan jamur dan bawang bombay. Cara pembuatannya mudah, bahan-bahan dimasak dalam blanquette, yang artinya direbus dalam kaldu putih atau air dengan beragam bumbu. 

Makanan ini dapat dihidangkan bersama dngan nasi atau sayuran, seperti buncis, kacang polong, hingga wortel. Hidangan ini juga dapat dikonsumsi dengan roti, lho.

Dari penampilannya saja, menu rebusan asal Prancis ini sudah berhasil bikin kamu ngiler, kan? Kalau punya kesempatan, cobalah salah satu menu rebusan di atas. Dijamin gak menyesal, deh!

Baca Juga: 5 Roti-Kue ala Eropa yang Jadi Kuliner Khas di Indonesia, Suka Mana?

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya