Comscore Tracker

7 Kafe Bernuansa Perpustakaan di Jakarta, Nongkrong Jadi Lebih Asyik

#HariBukuSedunia Dijamin betah seharian di sini

Selama 24 tahun ini, UNESCO menetapkan Hari Buku Sedunia setiap 23 April. Tujuannya untuk mengenang dan menghargai penulis terkenal yang lahir atau meninggal pada tanggal tersebut.

Salah satu tokoh yang dianggap sangat berpengaruh adalah Miguel de Cervantes yang menghasilkan novel modern pertama, Don Quixote de la Mancha. Sebuah karya megah dalam sastra Barat yang juga terbesar dalam bahasa Spanyol.

Walaupun bukan tanggal merah, bukan berarti hari bersejarah ini tidak berarti sama sekali. Tak jarang ada orang atau komunitas yang merayakannya dengan cara datang ke perpustakaan, mengadakan workhsop, membaca sastra para cendekiawan, dan sebagainya.

Bahkan jika kamu di Jakarta, ada beberapa kafe kekinian, sekaligus bisa menjadi sarana edukasi yang baik. Coba deh, simak beberapa kafe di bawah ini yang bikin kamu betah baca buku.

1. Bookopi, Jakarta Selatan

7 Kafe Bernuansa Perpustakaan di Jakarta, Nongkrong Jadi Lebih Asyikguetau.com

Kafe yang berada di Apartemen Kalibata CIty, Jakarta Selatan, ini kece banget, lho. Konsepnya memadukan perpustakaan dengan kedai kopi. Suasananya nyaman banget, kamu bakal betah berlama-lama di sini.

2. The Reading Room, Jakarta Selatan

7 Kafe Bernuansa Perpustakaan di Jakarta, Nongkrong Jadi Lebih Asyiksintiaastarina.com

Masih di Jakarta Selatan, tepatnya di Kemang Timur, terdapat kafe serupa bernama The Reading Room. Kafe yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 ini sering dijadikan tempat kumpul pecinta sastra. 

Bahkan saking asyiknya, kafe ini rutin digunakan sebagai lokasi pemutaran film dan acara talkshow. Sebagai pelengkap, The Reading Room menawarkan makanan ringan hingga berat, lengkap dengan kopi dan teh terbaiknya.

3. Nanny's Pavillon, Jakarta Barat

7 Kafe Bernuansa Perpustakaan di Jakarta, Nongkrong Jadi Lebih Asyikinstagram.com/widwijaya/

Lokasinya cukup strategis karena berada di dalam Sogo Central Park Mall, Jakarta Barat. Menu yang ditawarkan tidak beda jauh dengan cabang Nanny's Pavillion lainnya.

Hanya saja, di sini mereka memadukan perpustakaan kecil yang didominasi warna pastel pada interiornya. Buka hingga pukul 22.00, tentunya tempat ini bisa jadi alternatif saat kamu suntuk.

4. Comic Cafe, Jakarta Selatan

7 Kafe Bernuansa Perpustakaan di Jakarta, Nongkrong Jadi Lebih Asyikindonesiamural.com

Berbeda dengan konsep kafe perpustakaan lainnya, para pecinta komik atau animasi akan sangat dimanjakan di Comic Cafe. Kafe yang berlokasi di Tebet Raya, Jakarta Selatan, ini memenuhi rak bukunya dengan komik, khususnya superhero besutan Marvel dan DC. 

Kafe unik satu ini juga cukup totalitas dengan menghiasi beragam ornamen superhero di dalamnya. Berbicara makanannya, Comic Cafe menyediakan beragan sajian Western hingga tradisional. Comic Cafe buka setiap hari pada pukul 11.00 hingga 23.30.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kuliner Enak di Jakarta yang Paling Favorit

5. Zoe Cafe and Library, Depok

7 Kafe Bernuansa Perpustakaan di Jakarta, Nongkrong Jadi Lebih Asyikinstagram.com/indragsr

Gak akan rugi kalau kamu jauh-jauh dari Jakarta ke Depok buat main ke Zoe Cafe and Library. Kafe yang berada di kawasan Menteng ini setidaknya memiliki lebih dari 30 ribu koleksi buku. Kamu bisa menemukan komik hingga buku sejarah di sini.

Layaknya sebuah perpustakaan, kamu juga bisa meminjam koleksi bukunya. Sebelum itu, kamu harus mendaftarkan diri sebagai anggota dengan membayar sekitar Rp50 ribu.

6. Pigeonhole, Jakarta Pusat

7 Kafe Bernuansa Perpustakaan di Jakarta, Nongkrong Jadi Lebih Asyikinstagram.com/faniez

Di Jakarta, Pigeonhole memiliki dua cabang yakni di Menteng, Jakarta Pusat dan Bintaro, Jakarta Selatan. Keduanya memiliki konsep kafe yang minimalis dengan koleksi berbagai genre buku.

Koleksinya termasuk buku-buku ringan yang membuatmu semangat untuk membacanya. Tempatnya pun oke banget untuk foto-foto. Mau nongkrong atau mengerjakan tugas, dijamin betah kalau di sini.

7. Dia.lo.gue, Jakarta Selatan

7 Kafe Bernuansa Perpustakaan di Jakarta, Nongkrong Jadi Lebih Asyikmindalubis.com

Terakhir ada dia.lo.gue yang berlokasi di Kemang Selatan, Jakarta Selatan. Kafe ini bisa menjadi alternatif tempat ngumpul terbaik bagi pecinta seni maupun sastra. Pasalnya, dia.lo.gue merupakan ruang seni publik yang terbuka untuk umum.

Di dalamnya terdapat kedai kopi, ruang kesenian, ruang pameran, toko kesenian, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa belajar banyak hal di sini. Desain interiornya pun Instagramable banget. 

Itulah tujuh kafe yang bisa jadi sarana wisata, sekaligus edukasi di Jakarta. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi?

Baca Juga: 10 Tempat Makan Keluarga di Jakarta yang Nyaman & Bikin Seru

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You