Comscore Tracker

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!

Sekali coba, dijamin bikin nagih

Jalan-jalan ke Madiun, kurang lengkap rasanya kalau tidak berwisata kuliner. Cita rasanya lezat dan harganya relatif terjangkau.

Nah, kalau kamu sedang singgah atau liburan di sana, sepuluh makanan khas Madiun ini bisa jadi bucket list kulineranmu.

1. Nasi pecel

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!instagram.com/kulinerjogja

Madiun termasuk salah satu daerah yang punya pecel enak. Perbedaannya terletak pada wadah yang digunakan, yakni berupa pincuk dari daun pisang. Selain itu, ada pula tambahan kembang turi dan kerupuk nasi.

2. Soto kutilang

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!thecolourofindonesia.com

Soto di Madiun mungkin tidak sepopuler Lamongan atau Lombok. Namun, rasanya boleh diadu. Banyak orang merekomendasikan soto ayam kampung Bu Topo alias kutilang. Lokasinya berada di sebelah Hotel Kartika Abadi. Rasa sotonya dikenal sangat gurih dan nikmat.

3. Sego jotos

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!instagram.com/jogjacarimakan

Sego (nasi) jotos merupakan makanan khas lainnya yang mirip nasi kucing. Lauknya serupa, ada tahu, tempe, telur, sate usus, ayam, dan sebagainya. Keunikan nasi jotos terletak pada sambalnya yang istimewa.

4. Pentol corah

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!blog.reddoorz.com

Pentol corah ini bisa jadi camilan yang pas saat jalan-jalan. Bahannya terbuat dari campuran tepung terigu, tepung kanji, air, dan aneka rempah-rempah. Sebagai tambahan, kamu bisa memberikannya cabai, saus sambal, bawang, merica, dan lain-lain.

5. Lento

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!instazu.com

Lento Madiun dibuat dengan memadukan serutan singkong, tempe basi, cabai keriting, cabai rawit, daun jeruk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan garam. Setelah digoreng, teksturnya renyah di luar dan empuk di dalam.

6. Brem

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!IDN Times/Edwin Fajerial

Brem sudah terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Madiun. Makanan ini halal, karena menggunakan beras yang masih segar, lalu difermentasi.

Seiring perkembangan zaman, kini brem sudah dimodifikasi dengan banyak rasa. Ada original, stroberi, cokelat, keju, dan lain-lain.

Baca Juga: 12 Bahan Makanan Khas Indonesia Ini Terkenal di Dunia, Suka yang Mana?

7. Madumongso

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!resepnusantara.id

Jenang khas Madiun ini menggunakan ketan hitam sebagai bahan utamanya. Rasanya sedikit asam, tapi ada rasa manis yang tertinggal. Supaya lebih menarik pembeli, madumongso dibungkus kertas warna-warni yang menarik.

8. Bluder cokro

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!instagram.com/bludercokro

Banyak orang ke Madiun untuk melayani jasa titip bluder cokro. Apakah kamu salah satunya? Rotinya begitu lembuk dengan beragam isian di dalamnya, seperti cokelat, kismis, nanas, keju, abon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

9. Kue manco

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!carelstoreid.weebly.com

Kue tradisional lain yang gak kalah enaknya adalah kue manco. Rasanya ada ketan, beras, dan kacang. Konon kabarnya hanya Desa Tambak Mas yang bisa membuat jajanan ini.

Cara membuatnya cukup sederhana, tinggal rebus tepung ketan, lalu keringkan. Selanjutnya potong kecil-kecil dan digoreng hingga mengembang.

10. Lempeng puli

10 Makanan Khas Madiun yang Wajib Banget Dicoba, Enak Banget!bukalapak.com

Terakhir, ada kerupuk khas Madiun yang terbuat dari nasi. Hati-hati dalam memilih saat membeli, karena banyak yang menggunakan bahan pengawet.

Ciri lempeng puli berkualitas adalah tidak mudah pecah, gak terlalu keras, dan lebih cepat berjamur kalau tidak segera digoreng. Rasanya gurih, pas untuk teman makan atau dicocol sambal petis.

Itulah makanan-makanan khas Madiun yang bisa jadi rekomendasi kulineranmu. Dari sepuluh makanan di atas, kamu sudah cobain yang mana saja?

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jakarta yang Paling Favorit, Kamu Sudah Coba Semua?

yummy-banner

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Just For You