Comscore Tracker

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enak

#RamadanMasaKini Gak perlu repot-repot masak

Menjelang Lebaran, terkadang badan sudah mulai lelah untuk bangun sahur. Kita jadi sering bangun kesiangan, bahkan melewatkan waktu sahur. Daripada tidak makan sama sekali, mungkin kamu bisa menyiapkan beberapa bahan makanan di bawah ini.

1. Kurma

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enakmomjunction.com

Bukan cuma saat berbuka puasa saja, kurma juga sangat bermanfaat ketika sahur. Kurma mengandung kalori yang baik sebagai sumber energi. Kandungan nutrisinya pun sangat baik bagi tubuh, seperti protein, magnesium, tembaga, mangan, vitamin B6, vitamin K, folat, antioksidan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Roti dan selai

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enaktoday.com

Gak sulit, kan membuat roti dengan selai? Bahkan, tidak memerlukan waktu lama, sehingga masih sempat disantap meskipun imsak. Kalau pengin mendapatkan protein yang baik, padukan roti gandum dan selai kacang.

3. Sereal

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enakhealthline.com

Sereal mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Supaya lebih bisa kenyang tahan lama, tambahkan susu sebagai sumber proteinnya.

4. Buah berserat tinggi

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enakaaptiv.com

Alternatif lainnya yang lebih sehat adalah mengonsumsi buah berserat. Misalnya apel, pir, anggur, pisang, jeruk, alpukat, dan lain-lain. Kandungan serat pada buah bisa membantumu mencegah rasa lapar dalam waktu lama.

5. Telur

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enakhealthline.com

Bermodalkan sebutir telur, kamu bisa membuatnya menjadi berbagai macam makanan. Dua telur rebus bisa membuatmu kenyang lebih lama, sekaligus mendapatkan asupan protein yang cukup.

6. Frozen food

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enakthisisinsider.com

Kalau bosan dengan telur, kamu bisa menggantinya dengan frozen food favoritmu. Bahkan, sekarang sudah banyak pilihannya, seperti kebab, ayam goreng, siomay, pizza, sosis, dan sebagainya. Sangat efisien, karena tak butuh waktu lama untuk memanaskannya.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Gak Boleh Dikonsumsi Saat Sahur, Bikin Puasa Gak Nyaman

7. Air lemon

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enakcleanfoodcrush.com

Sebenarnya air mineral saja sudah cukup untuk modal berpuasa. Namun, menurut buku Food Combining di Bulan Ramadan, segelas air hangat yang diberi perasan jeruk lemon atau nipis akan jadi opsi lebih baik lagi.

8. Zukini

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enakwellplated.com

Zukini termasuk dalam golongan labu yang bisa menjadi pengganti nasi. Dalam 100 gram zukini, terkandung 3,1 gram karbohidrat.

Sangat aman dikonsumsi dalam jumlah banyak, karena vitaminnya memang baik bagi tubuh. Kamu bisa menambahkan garam, merica, dan taburan keju parmesan supaya rasanya semakin nikmat.

9. Sarden kaleng

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enakhellosehat.com

Sarden kalengan ini juga sangat bermanfaat ketika kamu dituntut masak cepat. Rasanya enak, cara bikinnya mudah dan cepat.

Kamu tinggal memasukkan sarden kaleng ke dalam panci atau wajan. Panaskan sebentar, tambahkan sedikit air atau potongan cabai dan tomat sesuai selera. Siap disajikan!

10. Mie instan

10 Makanan Wajib Saat Telat Bangun Sahur, Praktis dan Rasanya Enakparenting.firstcry.com

Gak setiap hari juga, kan kamu menyantap mie instan saat Ramadan? Walaupun tidak direkomendasikan, tapi makanan ini memang sangat praktis. Makanlah mie instan di saat benar-benar gak ada pilihan makanan lainnya. Tapi, ini jadi opsi terakhir ya!

Itulah sepuluh makanan yang sebaiknya disiapkan kalau telat bangun sahur. Yang mana favoritmu?

Baca Juga: 10 Olahan Telur untuk Sahur, Cocok buat yang Telat Bangun

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You