Comscore Tracker

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih Produktif

Rasanya enak, mudah didapat, dan gizinya tinggi

Sarapan pagi berperan sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sarapan bisa membuatmu berenergi dan lebih fokus dalam beraktivitas. 

Namun, sebagian besar orang memilih sembarang makanan untuk sarapan. Asal kenyang, katanya. Padahal, sebenarnya tak begitu juga aturannya.

Beberapa jenis makanan di bawah ini jadi menu terbaik untuk sarapan. Badan lebih sehat, berenergi, dan jadi lebih produktif deh!

1. Telur

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih Produktifpexels.com/bruce mars

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi telur saat sarapan dapat menjaga kadar gula darah dan insulin. Selain itu, kuning telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang membantu mencegah gangguan mata, seperti katarak dan degenerasi makula, sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. 

2. Greek yogurt

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih Produktifpexels.com/Artem Bali

Greek yogurt merupakan sumber probiotik yang baik, seperti bifidobacteria yang membantu usus tetap sehat. Untuk lebih mengenyangkan, tambahkan buah beri atau lainnya untuk meningkatkan kandungan vitamin, mineral, dan serat makanan. 

3. Kopi

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih ProduktifPexels.com/Tirachard Kumtanom

Kopi mengandung kafein yang terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Studi  Europe PMC menemukan 100 mg kafein per hari membantu membakar 79-150 kalori ekstra selama 24 jam.  

Selain itu, kopi kaya akan antioksidan yang bisa mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, hingga mengurangi risiko diabetes dan penyakit hati. 

4. Oatmeal atau havermut

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih Produktifpexels.com/Jerry D

Oatmeal  terbuat dari biji gandum yang kaya protein. Kamu bisa menambahkan susu plain, telur, dan sepotong keju. Kenyangnya jadi lebih tahan lama dan gizinya lebih lengkap.

5. Biji chia

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih ProduktifPexels.com/Bruno Scramgnon

Biji chia sangat bergizi dan salah satu sumber serat terbaik. Selain melancarkan sistem metabolisme tubuh, biji chia bisa membuatmu kenyang lebih lama. Antioksidannya yang tinggi bisa melindungi sel-sel radikal bebas.

6. Berbagai jenis buah beri

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih Produktifpexels.com/Trang Doan

Tak hanya enak dan menyegarkan, berbagai jenis buah beri mengandung gizi yang tinggi. Adapun jenis yang populer antara lain blueberry, raspberry, stroberi, dan blackberry yang rendah gula serta tinggi serat.

Semua jenis beri masing-masing mengandung 8 gram serat per cangkir. Kamu bisa menikmatinya bareng oatmeal dan yoghurt.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Nutella untuk Menu Sarapan Bikin Harimu Jadi Ceria

7. Kacang-kacangan

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih Produktifpexels.com/Marta Branco

Kacang cocok dikonsumsi penderita diabetes, karena dianggap bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Kamu bisa menikmatinya bareng yoghurt atau oatmeal. 

8. Teh hijau

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih Produktifpexels.com/Mareefe

Teh hijau merupakan salah satu minuman paling sehat di dunia. Teh hijau juga dipercaya bisa membantu melawan diabetes. Sejumlah studi mengungkapkan minum teh hijau secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah.

Teh hijau juga mengandung antioksidan yang dikenal yang dapat melindungi otak, sistem saraf, dan jantung. Mood mengawali hari pun jadi lebih semangat!

9. Flaxseed atau biji rami

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih Produktifpixabay.com/semsems

Biji rami kaya akan serat kental yang membuat kita kenyang lebih lama. Biji rami juga dapat mengurangi kadar gula darah, serta mencegah risiko kanker payudara. 

Pastikan memilih biji rami tanah atau menggilingnya terlebih dahulu, karena biji rami utuh tidak dapat diserap oleh usus.

10. Cottage cheese

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih Produktifpixabay.com/DraCat

Cottage cheese tinggi protein, dapat meningkatkan metabolisme, serta memberi efek mengenyangkan. Tambahkan buah beri dan biji rami atau kacang cincang untuk membuatnya lebih bergizi.

11. Buah-buahan

11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Sarapan Pagi, Bikin Lebih Produktifpixabay.com/Couleur

Sarapan yang paling simpel bisa diperoleh dari buah-buahan. Vitamin, kalium, dan seratnya cukup tinggi. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung, atau dengan yoghurt biar lebih kaya rasa.

Nah, itulah beberapa menu terbaik untuk sarapan dan memulai harimu. Dari sebelas makanan di atas, mana yang paling kamu suka?

Baca Juga: 8 Rekomendasi Tempat Sarapan di Yogyakarta, Enak dan Murah Meriah

yummy-banner

Topic:

  • Roh Cahaya Padang
  • Dewi Suci R.

Just For You