Comscore Tracker

7 Kuliner Nasi Basah yang Ini Kelezatannya Ada dalam Satu Piring!

Karena yang disatukan itu biasanya lebih enak

Kalau biasanya kalian menyantap nasi soto ayam, antara soto dan nasi dipisah. Kuliner nasi basah, tidak! Memang apa sih kuliner nasi basah?

Kuliner nasi basah adalah kuliner yang mana penyajiannya identik dijadikan satu dalam piring bersama lauk yang berkuah. Sehingga kalian gak perlu lagi tuh, menyatukan antara nasi dan lauk dari wadah yang terpisah.

Penasaran seperi apa wujud kuliner nasi basah? Berikut, tujuh kuliner nasi basah dari berbagai daerah di Indonesia yang kelezatannya ada dalam satu piring!

1. Nasi cawuk

7 Kuliner Nasi Basah yang Ini Kelezatannya Ada dalam Satu Piring!instagram.com/ardi_ir4

Kuliner nasi basah pertama ini berasal dari Banyuwangi. Dalam satu piring yang biasnya beralaskan daun pisang, nasi cawuk memiliki isian berupa nasi putih, semanggi, telur pindang, irisan timun, tempe goreng, serta disiram dengan kuah pindang dan trancam.

Biar makin nikmat, biasanya nasi cawuk disantap dengan tambahan sambel dan renyahnya kerupuk bawang.

2. Nasi gandul

7 Kuliner Nasi Basah yang Ini Kelezatannya Ada dalam Satu Piring!instagram.com/nasigandulpakbo

Nasi gandul terbuat daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah, dan memiliki kuah santan berwarna kecokelatan berasal dari kecap manis.

Kuliner lezat ini berasal dari daerah Pati, Jawa Tengah. Sebelum disajikan kepada penikmatnya, nasi gandul ditaburi terlebih dahulu dengan bawang goreng yang bikin rasanya jadi nampol banget di lidah.

3. Nasi pindang

7 Kuliner Nasi Basah yang Ini Kelezatannya Ada dalam Satu Piring!instagram.com/riderkulineran

Masih dengan kuliner nasi basah berkuah santan dan memiliki warna cokelat. Bedanya, warna gelap pada nasi pindang bersumber dari kluwek.

Menggunakan daging sapi dan terasa sekali kaldu sapi pada kuahnya, nasi pindang ini kuliner nasi basah asal Kudus.

Identik terdapat potongan daun mlinjo, nasi pindang cocok banget disantap oleh kalian yang doyan makan pedas. Irisan cabai rawitnya itu lho bikin gak tahan melahapnya bersama daging.

Baca Juga: Mengenal 7 Olahan Sedap dari Sorgum, Makanan Pokok Serupa Nasi

4. Nasi becek

7 Kuliner Nasi Basah yang Ini Kelezatannya Ada dalam Satu Piring!instagram.com/nganjukfoodhunter

Nasi becek adalah kuliner nasi basah asal Nganjuk, Jawa Timur. Kuliner nasi basah ini menggunakan jeroan kambing sebagai bahan utamanya.

Dalam sepiring nasi becek berisi nasi putih hangat yang dilengkapi irisan kol, taoge, seledri, dan diguyur dengan kuah santan berisi potongan jeroan kambing yang telah dimasak bersama rempah-rempah.

Untuk menyempurnakan kelezatannya, nasi becek biasanya ditambahkan dengan sate kambing.

5. Nasi tewel

7 Kuliner Nasi Basah yang Ini Kelezatannya Ada dalam Satu Piring!instagram.com/visitjawatengah

Berasal dari daerah Pati lagi nih! Jika sebelumnya ada nasi gandul, yang ini adalah nasi tewel.

Kuliner nasi basah ini berisi nasi putih yang diguyur semacam sayur nangka muda bersantan dan terasa sekali bumbu rempah-rempahnya.

Disajikan bersama tempe goreng, yang bikin khas dari nasi tewel yaitu penggunaan daun pohon jati sebagai alas penyajiannya.

6. Nasi penggel

7 Kuliner Nasi Basah yang Ini Kelezatannya Ada dalam Satu Piring!instagram.com/nellyrokhim

Beralaskan daun pisang, nasi penggel ialah kuliner nasi basah asal Kebumen yang terdiri dari nasi putih dikepal-kepal sehingga menghasilkan bentuk bulat. Yang kemudian dilengkapi dengan lauk berupa sayur nangka muda, daun singkong, tumis kikil, tahu cokelat, dan tempe goreng.

Kuliner nasi basah ini memiliki kuah kental yang punya rasa gurih, manis, dan sedikit pedas.

7. Nasi tumpang lethok

7 Kuliner Nasi Basah yang Ini Kelezatannya Ada dalam Satu Piring!merahputih.com

Kuliner nasi basah dari Klaten ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Jika nasi cawuk dan lainnya memiliki kuah yang teksturnya encer.

Nasi tumpang lethok punya tekstur kental yang berasal dari sambal tumpang. Sambal tersebut terbuat dari tempe semangit yang dimasak bersama santan dan bumbu.

Dalam sepiring nasi tumpang lethok berisi sayuran yang telah direbus seperti daun pepaya, taoge, kacang panjang, daun bayam, nangka muda, daun kemangi, serta koyor dan telur rebus atau pindang.

Itu tadi tujuh kuliner nasi basah yang kelezatannya ada dalam satu piring. Dari kuliner nasi basah yang telah disebutkan tadi mana saja yang pernah kalian cicipi?

Baca Juga: 8 Tempat Makan Nasi Nusantara di Jakarta yang Bikin Perut Kenyang

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya