Comscore Tracker

5 Kuliner Meksiko Populer yang Justru Gak ada di Negaranya Sendiri

Kuliner Meksiko tapi di negara asalnya malah gak ada?

Bukan rahasia lagi bahwa di Amerika Serikat, banyak masakan yang lahir karena akulturasi. Misalnya fortune cookies. Mungkin kamu akan berpikir bahwa kue tersebut berasal dari Tiongkok karena selalu disajikan bersamaan dengan chinese food lainnya. Padahal, sebenarnya fortune cookies berasal dari Amerika Serikat dan murni gak ada hubungannya sama kebudayaan Tiongkok itu sendiri.

Begitu pula dengan di negara Meksiko. Ada 5 hidangan Meksiko yang populer di mancanegara tapi justru di negara asalnya hidangan ini gak ada. Apa saja?

1. Burrito

5 Kuliner Meksiko Populer yang Justru Gak ada di Negaranya Sendiribettycrocker.com

Kebab besar yang digulung dari daging, keju, dan sayuran ini bukanlah makanan Meksiko. Burrito pada dasarnya merupakan kreasi kuliner Amerika Serikat. Burrito, seperti yang kita kenal di Amerika Serikat, tidak dapat ditemukan di Meksiko.

2. Chile con Queso

5 Kuliner Meksiko Populer yang Justru Gak ada di Negaranya Sendiriunsplash.com/@evanreimer

Disajikan bersama keripik tortilla hangat, chile con queso adalah hidangan tidak resmi Texas. Paling sering disebut sebagai queso, hidangan ini hanya campuran keju dan cabai. Di Texas, hampir setiap sudut rumah makan akan menyediakan queso sebagai salah satu hidangannya.

Selama bertahun-tahun, popularitas chile con queso telah tumbuh jauh di luar tempat kelahirannya, Texas. Bahkan Chipotle dan Wendy's memperkenalkan queso versi mereka sendiri sebagai jawaban terhadap permintaan konsumen untuk keju cocol ini.

Baca Juga: Selain Taco, 7 Deretan Makanan Khas Meksiko Ini Menarik untuk Dicicipi

3. Chimichanga

5 Kuliner Meksiko Populer yang Justru Gak ada di Negaranya Sendiricuriouscuisiniere.com

Meskipun tidak ada bukti pasti tentang di mana tepatnya chimichanga ditemukan — tapi ada yang bilang hidangan ini berasal dari Arizona. Chimichanga adalah perpaduan Meksiko-Amerika dan masyarakat Meksiko tidak benar-benar memakannya.

Chimichanga atau "chimi," sangat populer di Tucson. Chimichanga adalah burrito besar campuran Meksiko-Amerika yang disiapkan dengan pilihan daging, sayuran, dan rempah-rempah yang kemudian digoreng dan disajikan dengan selada, keju, serta saus.

Mirip risoles goreng gak sih?

4. Margarita

5 Kuliner Meksiko Populer yang Justru Gak ada di Negaranya Sendiriunsplash.com/@dean_du

Margarita sering dipuji sebagai koktail klasik Meksiko. Tetapi seperti halnya cerveza, asal-usul minuman ini tidak sepenuhnya berasal dari Negeri Sombrero ini. Tidak ada yang tahu siapa yang menciptakan koktail lezat ini . Ttetapi kisah di balik penemuan margarita cukup berwarna dan beberapa di antaranya yang benar-benar terjadi di Meksiko.

Dikisahkan Carlos "Danny" Herrera, pemilik restoran Tijuana Rancho La Gloria, mengklaim ia menemukan minuman itu pada tahun 1938. Apa yang mengilhaminya? Seorang penari yang pemilih mengatakan bahwa ia alergi terhadap semua alkohol kecuali tequilla, tapi ia juga tidak suka rasanya. Jadi Herrera memutar otak untuk membuat olahan tequilla dan mencampur semua bahan hingga terciptalah margarita.

5. Fajita

5 Kuliner Meksiko Populer yang Justru Gak ada di Negaranya Sendiriunsplash.com/@alexandermils

Fajita berarti strip kecil. Terlepas dari namanya, fajita sama Amerika-nya dengan pai apel. Kebetulan, pai apel telah dimakan di Eropa selama ratusan tahun sebelum kedatangan Mayflower, tapi itu cerita lain.

Fajita pertama kali disebutkan di media cetak pada tahun 1971. Mereka terinspirasi oleh bahan-bahan dari Meksiko tetapi khawatir akan tampak asing bagi kebanyakan orang yang tinggal di selatan Rio Grande. 

Fajita adalah daging panggang yang biasanya disajikan sebagai taco pada tortilla. Istilah awalnya mengacu pada steak, potongan daging sapi yang pertama kali digunakan dalam hidangan ini.

Siapa sangka bahwa lima hidangan yang kental nuansa Meksikonya ternyata gak berasal dari Meksiko dan justru malah kreasi dari negara lain. Kalau kamu, sudah mencoba yang mana nih?

Baca Juga: 5 Minuman Non Alkohol Khas Meksiko yang Perlu Banget Dicoba

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya