Comscore Tracker

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Coba

#PANJATPOIN Pokoknya kalau ke Tegal gak boleh diet!

Tegal adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Kamu yang terbiasa mudik melewati jalur pantura menjelang lebaran pasti sudah tidak asing dengan kota ini. Selain dikenal akan wartegnya, ternyata kota Tegal juga memiliki jajanan khas yang terkenal enak dan sangat melegenda, lho. Mau tahu apa saja? Simak, ya.

1. Kacang bogares

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobam.bukalapak.com

Rasa kacang bogares yang gurih, renyah, manis dan asin banyak digemari oleh masyarakat Tegal. Terbukti mereka selalu menyajikan kacang tersebut untuk menjamu para tamu di rumah. Tidak sulit mencari keberadaan camilan yang satu ini, datang saja ke toko penjual oleh-oleh khas Tegal yang banyak dijumpai di dekat alun-alun kota. Untuk satu bungkus kacang bogares dibanderol dengan harga sekitar Rp35.000 saja.

2. Olos

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu CobaInstagram.com/kulinertegal

Olos adalah makanan favorit di kalangan muda-mudi kota Tegal, lho. Camilan berbentuk bulat ini berisi sayuran dan cabai. Olos banyak dijual dalam gerobak-gerobak yang biasanya ada di depan sekolah-sekolah. Pecinta pedas jangan sampai melewati jajanan yang satu ini, ya. Soal harga jangan khawatir, satu biji olos hanya Rp500.

3. Latopia

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobabobo.grid.id

Ke Tegal jangan sampai melewatkan jajanan khas yang sudah dikenal ratusan tahun silam ini ya. Jajanan khas latopia terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan bahan lainnya sebagai isi latopia, seperti kacang hijau, cokelat dan strawberry. Rasanya gurih dengan tekstur yang padat. Harga satu biji latopia berkisar Rp2.500 hingga Rp4.000 dan banyak ditemukan di toko oleh-oleh khas Tegal.

4. Gemblong ocar acir

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu CobaInstagram.com/pekopeko.da

Ingin jajanan yang lebih mengenyangkan perut? Gemblong ocar acir bisa menjadi pilihan. Bahan utama jajanan ini terbuat dari ketan dengan topping kelapa yang sudah diparut dan gula aren yang sudah dicairkan. Tidak sulit menemukan penjual gemblong ocar acir, datang saja ke pasar tradisional kota Tegal dan dengan Rp5.000 saja kamu sudah bisa menikmati gurih dan lezatnya jajanan ini.

5. Kue tempel

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/bluegingervintage

Kue tempel terbuat dari tepung beras yang dipipihkan di wajan lalu diberi pisang, gula jawa dan kelapa muda sebagai isinya. Kamu bisa membeli kue ini di jalan HOS Cokroaminoto kota Tegal. Harganya sekitar Rp5.000 saja per porsi.

Baca Juga: 5 Jajanan SD yang Bikin Kamu Merasa Gaul di Era 90an, Ingat Rasanya?

6. Glotak

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/tegal.fnb

Makanan dengan bahan utama gembus ini disebut glotak dikarenakan pada saat proses memasaknya menimbulkan suara glotak-glotak dari tulang ayam yang bergesekan dengan panci. Glotak semakin sedap oleh tambahan beberapa rawit di dalamnya. Seporsi glotak biasanya hanya dibanderol Rp5.000 lho.

7. Rujak teplak

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/kulinertegal

Apa sih yang membedakan rujak teplak khas Tegal dengan rujak-rujak lainnya? Rujak teplak ini memiliki sambal yang khas karena ada campuran singkongnya. Rujak teplak terdiri dari aneka macam sayuran mulai dari kangkung, daun singkong, pare, kol dan tauge. Makan rujak teplak semakin nikmat dengan kerupuk. Apalagi seporsi rujak ini hanya Rp5.000 dan banyak dijual di pasar tradisional kota Tegal.

8. Es sagwan

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/dede_sulaimanrich

Kenyang menikmati jajanan khas Tegal, saatnya minum yang segar-segar, ya. Cobalah mencicipi kesegaran dari es yang di dalamnya terdapat butiran panjang berwarna putih yang terbuat dari tepung kanji. Mau pilih rasa strawberry atau cokelat sesuaikan saja dengan seleramu. Segelas es sagwan ini dibanderol hanya dengan harga Rp3.000 saja.

9. Pilus kletuk

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobam.bukalapak.com

Pilus kletuk yang renyah dan gurih sangat nikmat disajikan sebagai teman makan bakso dan mie. Pilus ini berbentuk bulat kecil dan ketika dimakan akan terdengar bunyi kletuk-kletuk, inilah alasan pilus khas Tegal disebut sebagai pilus kletuk. Pilus kletuk banyak dijumpai di toko oleh-oleh khas Tegal dengan harga bervariasi, tapi biasanya dengan Rp10.000 kamu bisa mendapatkan pilus kletuk 250 gram.

10. Tahu aci

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/tahunytan

Tidak sulit menemukan penjual tahu aci yang gurih, enak dan kenyal ini di kota Tegal. Hampir di sepanjang jalan kamu akan melihat banyak pedagang yang menjual tahu aci, baik dalam gerobak maupun toko oleh-oleh. Harganya berkisar Rp2.500 untuk satu biji tahu aci.

11. Tahu pletok

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/queenollay2310

Selain tahu aci, kamu juga bisa mencicipi gurihnya tahu pletok. Jika tahu aci dibuat dengan cara membagi tahu kotak menjadi dua bagian dengan bentuk segitiga, tahu pletok terbuat dari potongan tahu aci yang dibelah-belah kembali, tetapi potongannya tidak sampai terlepas.

Rasanya tidak kalah gurih dari tahu aci. Biasanya pedagang yang menjual tahu aci juga akan menjual tahu pletok. Harga tahu pletok tidak berbeda dengan tahu aci, yaitu Rp2.500 per biji.

12. Kerupuk antor

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobajatenglive.com

Selain enak, jajanan khas Tegal juga terkenal unik, ya. Seperti kerupuk antor ini. Kerupuk antor atau yang biasa disebut kerupuk pasir yang memiliki rasa bawang dimasak dengan menggunakan media pasir, tapi pasirnya sudah dibersihkan terlebih dahulu kok. Harganya sangat terjangkau untuk bisa menikmati kerupuk gurih dengan rasa manis ini, hanya Rp30.000 untuk 1 kilogramnya.

13. Teh poci

Enaknya Kebangetan, 13 Jajanan Khas Tegal Ini Wajib Kamu Cobaracikanemak.blogspot.com

Teh poci atau moci sudah menjadi ciri khas masyarakat Tegal. Aroma teh dengan rasa sedikit sepet ini sangat khas. Menikmati teh poci paling tepat saat masih hangat sedikit panas. Harganya berkisar Rp7.000,00 untuk satu packnya.

Nah, itulah jajanan khas Tegal yang terkenal lezat dan ramah di kantong. Pasti bikin ketagihan, nih!

Baca Juga: Wajib Dicoba, Kuliner Khas Indonesia Ini Punya Rasa yang 'Rame'!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya