5 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama, Gak Mudah Busuk

Biar masih tetap enak saat dimakan

Pisang adalah buah yang paling empuk dengan rasa manis yang bikin nagih. Paling pas buat mengganjal rasa lapar. Ayo, siapa yang tidak suka pisang? Buah kesukaan sejuta umat. Buah yang paling oke diolah menjadi apapun. Baik jadi kue, puding, salad, kolak, dan lain-lain.

Beruntungnya pisang masuk dalam kategori buah yang mudah didapat, harganya pun masih terjangkau. Menjadi buah yang selalu jadi pilihan untuk dikonsumsi setiap hari. Kamu harus tahu bagaimana cara menyimpan pisang agar tahan lama. Agar tidak mubazir, yuk ikuti 5 cara di bawah ini.

1. Bungkus bonggol pisang

5 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama, Gak Mudah Busukunplash.com/@lenneek

Membungkus bonggol pisang dengan aluminium foil adalah mencegah muncul dan menyebarnya gas etilena yang diproduksi secara alami oleh pisang selama proses pematangan.

2. Simpan pisang dengan cara digantung

5 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama, Gak Mudah Busukpexels.com/Pixabay

Menyimpan pisang dengan cara digantung agar terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung dan mengkondisikan sirkulasi udara di sekitar pisang untuk memperlambat proses pematangan. Pisang lebih tahan lama dan tidak mudah busuk.

3. Simpan buah pisang secara terpisah

5 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama, Gak Mudah Busukpixabay.com/mooruk

Menyimpan pisang secara terpisah dari buah-buah yang lain adalah upaya mencegah penyebaran gas etilena yang membuat buah pisang menjadi cepat matang.

Baca Juga: 5 Alasan Pisang Bisa Jadi Makanan Pokok Pengganti Nasi

4. Simpan pisang dalam suhu ruang

5 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama, Gak Mudah Busukpixabay.com/jgzelaya

Menyimpan pisang yang benar adalah pada suhu ruang. Jadi, tidak pada suhu yang dingin atau pun yang langsung terpapar sinar matahari. Agar pisang melalui proses pematangan yang sempurna dan tidak terlalu cepat matang.

5. Simpan irisan pisang dalam keadaan segar

5 Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama, Gak Mudah Busukpixabay.com/tookapic

Apabila kamu memiliki lebihan dari irisan pisang. Kamu bisa menyimpannya dalam kulkas dengan ditambahkan perasan jeruk lemon ke irisan pisang tersebut. Sehingga pisang dalam keadaan segar dan bisa bertahan lama.

Itu tadi 5 cara menyimpan pisang agar tahan lama dan tidak mudah busuk. Mudah kan?

Baca Juga: 6 Langkah Bikin Sale Pisang untuk Camilan Buka Puasa 

Susi Yanti Nurraini Photo Community Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You