Comscore Tracker

Jangan Melulu Dikonsumsi, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Garam

Ada banyak bahan yang bisa dieksplorasi, lho!

Saat memasak, tak lengkap rasanya jika kita tidak menggunakan garam. Tidak dapat dimungkiri bahwa garam memiliki peran paling penting dalam proses pengolahan masakan. Garam dipercaya memang dapat memberikan cita rasa yang seimbang bagi setiap olahan yang akan disantap. Oleh sebab itu, tak heran banyak orang menyukainya.

Untuk kamu yang sering memasak, sudahkah kamu tahu bahwa ada lima daftar bahan yang dapat digunakan untuk menggantikan peran garam? Simak, yuk, apa saja daftarnya!

1. Minyak Zaitun

Jangan Melulu Dikonsumsi, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Garamtoday.com

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa minyak zaitun dapat menjadi pilihan alternatif lainnya untuk menggantikan peran dari garam. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun bersama dengan bahan-bahan makanan lainnya.

Hal ini karena minyak zaitun memiliki kadar minyak lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan antibiotik di dalamnya juga dapat membuat minyak zaitun layak untuk dikonsumsi.

2. Bubuk Bawang Putih

Jangan Melulu Dikonsumsi, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Garamspiceography.com

Ingin menggunakan bahan yang praktis saat memasak? Kamu dapat mencoba mencampurkan makananmu dengan bubuk bawang putih pada saat proses pengolahan.

Bubuk bawang putih memang dikenal dapat menggantikan peran dari garam sebab terdapat kandungan garam pula di dalamnya. Hal ini tentu saja membuatmu tidak perlu menambahkan garam kembali setelah menggunakan bubuk bawang putih.

Baca Juga: Perhatikan Dulu, 10 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Dicuci Sebelum Dimasak

3. Jahe

Jangan Melulu Dikonsumsi, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Garamepicurious.com

Siapa yang tidak mengenal rempah khas nusantara yang satu ini? Jahe dikenal memiliki aroma dan cita rasa yang sangat kuat apabila dimasukkan bersama dengan olahan lainnya.

Hal inilah yang melatarbelakangi alasan mengapa jahe dapat menggantikan peran dari garam. Saking kuatnya aroma dan rasa dari jahe, peran garam seakan tidak dibutuhkan lagi.

4. Saus Tiram

Jangan Melulu Dikonsumsi, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Garamnyonyacooking.com

Pada beberapa olahan tertentu, khususnya yang dimasak dengan cara ditumis, saus tiram memang seakan menjadi salah satu bahan utama yang harus digunakan. Namun, ternyata peranan dari saus tiram dapat digunakan untuk menggantikan garam.

Hal ini karena pada saus tiram sudah terdapat garam sehingga kamu cukup menggunakannya saja saat memasak.

5. Kecap Asin

Jangan Melulu Dikonsumsi, Ini 5 Bahan Alternatif Pengganti Garamdiet-health.info

Dari namanya saja, tentu kita sudah sependapat bahwa kecap asin sudah dapat menggantikan peran dari garam dalam proses pemasakan. Pada umumnya, memang kecap asin sering digunakan untuk memasak olahan oriental khas Asia Timur.

Namun, saat ini, tentu peran dari kecap asin dapat digunakan pada olahan apa pun. Cita rasanya yang sudah asin dan gurih tentu saja akan memberikan sensasi rasa lezat tanpa perlu kembali menambahkan garam.

Nah, lima bahan di atas dapat dipercaya menggantikan peran garam untuk olahan lezatmu. Pernah mencoba salah satunya?

Baca Juga: 10 Bahan Makanan Unik dan Paling Mahal di Dunia, Kamu Mau Beli?

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Just For You