Comscore Tracker

5 Cara Memanfaatkan Ampas Sisa dari Kopi, Bisa Buat Masker Nih!

Meski sudah dinikmati, tetap dapat dimanfaatkan lho

Siapa yang tidak mengenal kopi? Minuman berkafein yang satu ini seakan menjadi salah satu bagian umum dari masyarakat di dunia. Meski pada zaman sekarang kita lebih sering dan umum menemukan kopi tanpa ampas, namun pada varian originalnya tentu saja kopi memiliki ampas yang khas.

Sebagian besar orang menganggap ampas kopi hanyalah bahan sisa biasa dan membuangnya begitu saja, padahal ampas kopi justru dapat dimanfaatkan menjadi hal yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. 

Untuk kamu yang penasaran mengenai apa saja yang dapat dimanfaatkan dari ampas kopi, berikut lima daftarnya! 

1. Body scrub alami

5 Cara Memanfaatkan Ampas Sisa dari Kopi, Bisa Buat Masker Nih!medicalnewstoday.com

Hal yang satu ini sudah tentu dikenal oleh banyak orang, bukan? Tak mengherankan lagi bila memang pada umumnya ampas kopi dijadikan salah satu bahan penting dalam pemanfaatan body scrub. Tidak hanya itu, beberapa klinik kecantikan bahkan produk skincare yang menggunakan ampas kopi sebagai salah satu bahan alaminya untuk menghaluskan kulit. 

2. Pengharum di kulkas

5 Cara Memanfaatkan Ampas Sisa dari Kopi, Bisa Buat Masker Nih!enjoyjava.com

Punya masalah dalam mengatasi aroma tidak enak pada kulkas? Jangan khawatir sebab kamu dapat menggunakan ampas kopi sebagai salah satu bahan alami untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas. Tidak perlu ribet sebab kamu hanya butuh semangkuk kopi dan letakan di dalam kulkas selama kurang lebih dua jam untuk kemudian membantu menetralisir aroma di dalam kulkas. 

Baca Juga: Ini Lho 5 Hal yang Terjadi dalam Tubuhmu Jika Sering Minum Kopi

3. Kompos alami

5 Cara Memanfaatkan Ampas Sisa dari Kopi, Bisa Buat Masker Nih!farmersalmanac.com

Kata siapa kompos hanya berasal dari kotoran semata? Ternyata kamu dapat pula lho memanfaatkan ampas kopi sebagai kompos alami untuk tumbuhan. Ampas tersebut sangat ampuh dalam memberikan nutrisi pada tumbuhan. Cara yang dilakukan juga sangat sederhana dengan langsung meletakan ampas kopi pada tanaman tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu. 

4. Bahan pengempuk daging

5 Cara Memanfaatkan Ampas Sisa dari Kopi, Bisa Buat Masker Nih!seriouseats.com

Untuk kamu yang gemar mengolah daging khususnya daging sapi dan kambing, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengempukkan tekstur dagingnya. Kamu dapat memanfaatkan ampas kopi beserta kopinya sendiri untuk menjadi rendaman dari daging tersebut. Kopi beserta ampasnya secara ampuh dapat meningkatkan cita rasa sekaligus mengempukkan tekstur daging. 

5. Pewarna alami

5 Cara Memanfaatkan Ampas Sisa dari Kopi, Bisa Buat Masker Nih!southernliving.com

Kopi beserta ampasnya memang telah dikenal sebagai pewarna alami bagi makanan maupun rambut. Kamu dapat melihat berbagai olahan dengan berbahan dasar kopi, warna yang tercipta tentu saja mirip seperti warna kopi secara alami. Selain itu, kopi dan ampasnya dapat menjadi pewarna alami rambut meskipun tidak bisa tahan dalam waktu lama. 

Nah, lima hal di atas dapat didapatkan dari pemanfaatkan kopi beserta ampasnya. Tertarik mencoba? 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Caffe Latte, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya