TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Ayam Petai Balado ala Rumah Makan Padang, Enaknya Gak Tertolong

Cara membuatnya simpel dan praktis banget, lho!

ayam petai balado ala rumah makan Padang (YouTube.com/Dapur Angah)

Siapa yang tidak mengenal ayam balado? Hidangan khas Padang yang satu ini memang memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Perpaduan rasa pedas, gurih, dan manis dari bumbu baladonya membuat hidangan ini begitu digemari oleh banyak orang. Apalagi jika dimasak dengan petai, rasanya akan semakin nikmat.

Ayam petai balado merupakan hidangan yang mudah ditemukan di berbagai rumah makan Padang. Namun, bagi kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut ini adalah resepnya yang dijamin enak dan tidak kalah dengan yang dijual di rumah makan Padang, deh. Yuk, simak resepnya!

Bahan Ayam Petai Balado

ilustrasi daging ayam (freepik.com/mdjaff)

  1. 1 ekor ayam kampung, potong-potong sesuai selera
  2. 10 buah cabai merah keriting
  3. 10 buah cabai rawit merah
  4. 10 siung bawang merah
  5. 6 siung bawang putih
  6. 1 sdt ketumbar bubuk
  7. 1 sdt jintan bubuk
  8. 1 sdt garam
  9. 1/2 sdt gula pasir
  10. 1/2 sdt gula merah
  11. 1 sdt kaldu bubuk
  12. 1 sdm minyak goreng
  13. 10 buah petai, cuci bersih

Baca Juga: Resep Balado Petai Tenggiri Pedas, Rasa Manis dan Gurih Jadi Satu!

Cara Membuat

ilustrasi sedang memasak (freepik.com/freepik)
  1. Pertama-tama, cuci bersih ayam kampung dengan air mengalir. Setelah itu, lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap dan menghilangkan bau amis ayam.
  2. Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih hingga benar-benar halus.
  3. Panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Kemudian, masukkan bumbu halus dan tumis hingga bumbu harum dan matang. Aduk sesekali agar bumbu tidak gosong.
  4. Setelah bumbu matang, masukkan ketumbar bubuk, jintan bubuk, garam, gula pasir, gula merah, dan kaldu bubuk. Aduk rata hingga bumbu tercampur dengan sempurna.
  5. Setelah bumbu balado tercampur dengan sempurna, masukkan ayam kampung yang sudah dibersihkan dan dilumuri air jeruk nipis dan garam. Biarkan ayam matang dan terendam bumbu selama beberapa menit agar meresap.
  6. Setelah ayam matang dan bumbu meresap, tambahkan petai yang sudah dicuci bersih. Masak selama beberapa menit hingga pete mengeluarkan aroma harumnya. Angkat dan sajikan ayam pete balado dengan nasi putih hangat.

Verified Writer

Aditya

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya