TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Aggala Biji Nangka, Camilan Manis Khas Sri Lanka

Teksturnya nutty, cocok jadi snack sehari-hari!

ilustrasi aggala biji nangka (youtube.com/Kumbuk TV)

Camilan asal Sri Lanka yakni aggala kerap dibuat menggunakan beras atau tepung beras sangrai. Setelah itu, bahan tersebut dicampur gula, parutan kepala dan sedikit merica. Dari resep aggala tersebut akan didapatkan rasa aromatik karena adanya proses sangrai dan penambahan rempah. 

Jika kamu penasaran bagaimana rasa dari camilan manis ini, langsung simak, yuk, resep aggala si jajanan tradisional khas Sri Lanka ini. 

1. Bahan yang dibutuhkan 

ilustrasi biji nangka (youtube.com/Cook with Dilee)

Bahan-bahan:

  1. 1 kg biji nangka
  2. 2 cangkir parutan kelapa
  3. 2/3 cangkir gula pasir atau gula merah
  4. 1/2 sdt merica (opsional)

2. Sangrai biji nangka hingga matang 

ilustrasi sangrai biji nangka (youtube.com/Cook with Dilee)

Hilangkan daging nangka yang tersisa di pangkal bijinya. Cuci bersih biji nangka agar bersih dan tidak terlalu berbau nangka lagi.

Panaskan wajan kemudian sangrai biji nangka hingga kulitnya nampak coklat kehitaman. Ciri lain jika biji nangka sudah matang ialah kulitnya agak menggelum dan biasanya lepas dari biji nangka itu sendiri.

Baca Juga: 5 Camilan Khas Makassar, Manis dan Gurih Nendang di Mulut!

3. Hilangkan kulit biji nangka 

ilustrasi kupas biji nangka (youtube.com/Kumbuk TV)

Diamkan biji nangka yang telah disangrai beberapa saat agar suhu biji turun jadi lebih mudah untuk dikelupas kulit luarnya sekitar 5 menit.

Biji nangka memiliki dua kulit yakni kulit luar berwarna putih yang cukup kaku dan mudah untuk dihilangkan, sedangkan kulit ari berwarna kecoklatan dan melekat pada daging buah.

Untuk hasil lebih baik kamu bisa menghilangkan kulit arinya dengan cari diiris terlebih dahulu kemudian ditarik menggunakan kuku jari. Akan tetapi, kamu juga men-skip tahapan ini agar lebih ringkas.

4. Tumbuk biji nangka bersama bahan lainnya 

ilustrasi tumbuk biji nangka (youtube.com/Cook with Dilee)

Masukkan biji nangka ke dalam alu kayu atau batu ukuran besar, bisa juga menggunakan ulekan biasa namun kamu membutuhkan proses penumbukan beberapa kali karena volume ulekan yang lebih kecil.

Tumbuk biji nangka hingga agak halus, pastikan masih ada butiran-butiran kasarnya seperti kacang yang dicincang halus. Setelah itu masukkan gula, merica dan parutan kelapa, aduk lalu tumbuk beberapa saat agar ketiga campuran saling menyatu.

Baca Juga: Resep Bolu Kayu Manis, Camilan Enak untuk Perayaan Natal

Verified Writer

Allamandawi

Mohon maaf jika ada kekeliruan informasi. Artikel lainnya dari saya dapat dilihat di www.allamandawi.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya