TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bola-bola Ubi Ungu Kopong, Tekstur Renyahnya Bikin Nagih

Camilan untuk santai yang nikmat

ilustrasi bola-bola ubi ungu kopong (instagram.com/vioattala)

Ubi ungu menjadi varian ubi paling diminati karena memiliki rasa yang lebih manis dan warna ungu yang menarik. Biasanya dinikmati dengan cara dikukus, kamu bisa olah ubi ungu menjadi bola-bola ubi ungu kopong. Camilan ini menawarkan rasa manis dan tekstur krispi yang menggoyang lidah. Dijamin kenikmatannya bikin kamu ketagihan, deh.

Kelezatan bola-bola ubi ungu kopong bisa kamu nikmati tanpa harus beli di luar karena cara membuatnya mudah dilakukan di rumah. Cocok banget dinikmati sebagai suguhan saat santai, inilah resep bola-bola ubi ungu kopong yang bisa kamu sontek.

Baca Juga: Cara Membuat Kolak Pisang Ubi, Terasa Nikmat di Setiap Suapan

Bahan Bola-bola Ubi Ungu Kopong

ilustrasi ubi ungu (freepik.com/jcomp)

Bahan-bahan:

  1. 150 gram ubi ungu
  2. 50 gram tepung tapioka
  3. 35 gram tepung maizena
  4. 1 sdt baking powder
  5. 1/2 sdt garam
  6. 40 gram gula halus

Cara Membuat Bola-bola Ubi Ungu Kopong

ilustrasi mengukus ubi (unsplash.com/Frank Zhang)
  1. Cuci bersih ubi ungu, tiriskan. Kemudian kukus sampai benar-benar matang. Setelah matang lalu angkat dan kupas ubi ungu. Barulah haluskan menggunakan sendok garpu.
  2. Tambahkan tepung tapioka, tepung maizena, baking powder, garam, serta gula halus. Jika sudah, uleni sampai adonan kalis serta bisa dibentuk.
  3. Ambil sedikit adonan lalu bentuk bola-bola. Lakukan sampai selesai. Kemudian diamkan adonan di dalam kulkas selama 15 menit.
  4. Goreng adonan ke dalam minyak panas menggunakan api sedang cenderung kecil. Jika adonan mulai kering, lalu tekan perlahan sampai pipih dan goreng hingga kuning kecokelatan.
  5. Bola-bola ubi ungu kopong siap disajikan.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Korea Selatan dari Ubi, Ada Ubi Bakar Lho!

Verified Writer

Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya