TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Tips Membuat Croissant Anti Gagal. Renyah dan Rasanya Lebih Gurih

Pemula wajib tahu nih!

Tips Membuat Croissant Anti Gagal (freepik.com)

Croissant merupakan salah satu jenis roti yang sangat populer di Tanah Air. Croissant sangat mudah ditemukan di pasaran, mulai dari toko roti, supermarket, kafe-kafe, hingga restoran mewah.

Roti asal Prancis ini disukai banyak orang karena teksturnya yang renyah sekaligus empuk dengan cita rasa yang gurih dan ringan. Untuk membuat croissant yang enak, sebenarnya agak tricky.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat membuat croissant. Jika salah teknik atau pemilihan bahan, justru bisa membuat croissant menjadi tidak enak. Nah, berikut sederet tips membuat croissant yang enak. Dijamin anti gagal, deh!

1. Pilih bahan baku yang berkualitas

Tips Membuat Croissant Anti Gagal (freepik.com)

Bahan baku utama yang diperlukan untuk membuat adonan croissant adalah tepung terigu, ragi, susu, gula, dan mentega. Pastikan menggunakan bahan baku yang berkualitas, supaya croissant buatanmu tetap istimewa.

2. Gunakan mentega, bukan margarin

Tips Membuat Croissant Anti Gagal (eatthis.com)

Idealnya, resep croissant menggunakan mentega bukan margarin. Inti pembuatan croissant adalah berulang kali melipat mentega dalam adonan dan memipihkannya. Mentega di antara lipatan adonan akan menciptakan tekstur croissant yang berlapis-lapis setelah dipanggang.

3. Buat croissant di ruangan yang dingin

Tips Membuat Croissant Anti Gagal (beechefpastryschool.com)

Buatlah croissant di ruangan yang dingin atau sejuk dengan suhu sekitar 21 derajat Celsius. Ruangan yang panas akan membuat mentega meleleh dan terserap terlalu cepat dalam adonan croissant.

4. Diamkan adonan selama 90 menit

Tips Membuat Croissant Anti Gagal (foodandwine.com)

Setelah adonan kalis, diamkan adonan selama sekitar 90 menit dalam suhu ruangan atau sekitar 30 derajat Celsius. Jangan lupa tutup wadah adonan dengan plastik. Langkah ini berfungsi agar adonan mengembang dengan sempurna.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Croissant di Jakarta Ini Pas Dijadikan Tongkrongan

5. Letakkan croissant dengan benar di atas loyang

Tips Membuat Croissant Anti Gagal (ice.edu)

Saat meletakkan croissant di atas loyang, pastikan bagian ujung lipatan berada di bagian bawah. Ini bertujuan agar ujungnya tidak mengembang dan terbuka saat croissant dipanggang di dalam oven.

6. Beri jarak antar croissant

Tips Membuat Croissant Anti Gagal (fussfreeflavours.com)

Jangan lupa memberi jarak antar croissant saat meletakkannya di atas loyang. Jarak yang cukup akan membuat croissant mendapatkan panas merata yang cukup saat dipanggang.

7. Olesi permukaan adonan dengan telur

Tips Membuat Croissant Anti Gagal (roadtopastry.com)

Sebelum dipanggang, olesi permukaan croissant dengan sedikit telur yang sudah dikocok. Hal ini akan memberikan warna keemasan mengilap pada permukaan croissant.

Baca Juga: Resep Bikin Croissant Cuma Pakai Dua Bahan, Cocok untuk Pemula

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya