TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Nasi Goreng Kornet Sapi, Cocok Untuk yang Baru Belajar Masak

Praktis dan gampang banget cara bikinnya #LokalIDN

sprinkleofsesame.com

Punya nasi sisa tapi tidak tahu ingin dimasak apa? Nasi goreng kornet yang lezatlah jawabannya. Nasi goreng merupakan salah satu masakan andalan orang Indonesia saat mereka masih memiliki nasi sisa. Daripada terlanjur basi atau dibuang sia-sia lebih baik diolah menjadi menu masakan yang lezat, bukan?

Bagi kamu yang baru belajar memasak pun tak perlu khawatir karena memasak nasi goreng kornet sangat mudah, lho. Penasaran kan bagaimana cara memasaknya? Langsung saja simak resepnya berikut ini.

1. Bahan – bahan yang kamu butuhkan

steemit.com

Bahan – bahan:

  • 1 piring nasi putih
  • 100 gram kornet sapi
  • 1 butir telur yang dikocok lepas
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1/4 buah bawang bombay
  • 2 lembar daun bawang
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 1/2  sendok teh garam
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Margarin untuk menumis

2. Ambil satu porsi nasi putih

delish.com

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah mengambil nasi putih terlebih dahulu. Usahakan untuk tidak menggunakan nasi dalam keadaan panas.

Bila nasi yang kamu miliki berada dalam rice cooker sebaiknya dinginkan terlebih dahulu hingga uap panasnya hilang. Barulah diratakan dengan menggunakan centong nasi. Setelah benar-benar dingin barulah nasi siap untuk digunakan.

Baca Juga: 5 Ragam Resep Nasi Goreng Kawasan Asia, Beda Negara Beda Rasa!

3. Iris bahan-bahannya terlebih dahulu

cutco.com

Langkah selanjutnya untuk membuat nasi goreng kornet sapi adalah dengan mengiris bahan-bahannya terlebih dahulu seperti daun bawang, bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Untuk model potongannya sendiri sesuai seleramu, ya. Kamu boleh mengirisnya ataupun mencincangnya.

Ada tips nih untuk kamu yang sering menangis saat mengiris bawang merah. Caranya cukup mudah kamu hanya perlu memotong bagian akarnya terlebih dahulu, kemudian rendam dalam air sebentar, barulah iris dengan menggunakan pisau tajam. Dijamin kamu gak akan nangis lagi.

4. Tumis bumbu nasi goreng

mapsofworld.com

Panaskan wajan dengan api sedang lalu masukkan margarin. Setelah margarin meleleh masukkan bawang bombay, bawang putih dan juga bawang merah. Terakhir masukkan daun bawang. Jangan lupa untuk mengaduknya ya agar bawang yang kamu tumis tidak mudah gosong. Tumis hingga bawang layu dan harum.

5. Masukkan telur dan kornet sapi

sonshinekitchen.com

Singkirkan ke samping bumbu yang telah kamu tumis, lalu masukkan telur yang sudah dikocok lepas ke dalamnya. Orak arik sebentar hingga semua tercampur rata. Langkah selanjutnya adalah menambahkan kornet ke dalam campuran ini. Tunggu hingga aroma kornetnya keluar dan warnanya berubah menjadi sedikit lebih gelap.

Baca Juga: 5 Olahan Sisa Nasi yang Bisa Kamu Coba, Gak Melulu Nasi Goreng deh!

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya