TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memasak Bakwan yang Renyah dan Empuk, Begini Cara Praktisnya

Bisa renyah lebih lama tanpa bahan pengawet

instagram.com/resepmevvah

Bakwan menjadi salah satu camilan favorit bagi sebagian orang. Rasanya yang gurih, bahan-bahannya yang terjangkau, serta cara membuatnya yang mudah membuat kita bisa menikmatinya kapan pun kita mau. 

Meskipun terlihat mudah, bakwan yang kita buat bisa jadi mudah lembek atau gak renyah. Jika kamu pernah membuat bakwan yang gagal, simak beberapa tips membuat bakwan yang renyah dan empuk berikut ini.  

1. Gunakan campuran tepung yang tepat

bakingamoment.com

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk membuat bakwan adalah menggunakan campuran tepung terigu dan tepung beras. Sebab, tepung beras akan menghasilkan bakwan yang renyah.

Sebaiknya gunakan tepung terigu protein rendah atau sedang. Jika menggunakan tepung terigu protein tinggi, maka akan menghasilkan bakwan yang alot. 

2. Gunakan soda kue dan ebi

spoonuniversity.com

Mungkin masih banyak orang yang mencampurkan telur pada adonan bakwan. Namun, hal ini justru akan membuat bakwan jadi lebih mudah lembek setelah dingin.

Supaya lebih renyah, sebaiknya gunakan soda kue. Jika rasanya ingin lebih gurih, kamu bisa menggunakan ebi halus ke dalam adonan bakwan. 

Baca Juga: 10 Tips Memasak Pempek yang Kenyal dan Gak Keras, Rasanya pun Enak

3. Campurkan sayuran secara bertahap

youtube.com/phesiesterju

Saat ingin membuat bakwan, sebaiknya campurkan tepung dengan bumbu dan air terlebih dulu. Setelah itu, aduk perlahan hingga rata.

Jangan aduk terlalu kuat karena akan cepat membuat gluten dalam tepung membentuk. Tekstur bakwan akan alot nantinya. 

Campurkan sayuran hanya saat akan digoreng. Sebab, sayuran mengandung air yang akan membuat adonan jadi lebih encer, terutama jika terlalu sering diaduk. 

4. Gunakan minyak bersih

webmd.com

Sebaiknya gunakan minyak baru untuk menggoreng bakwan. Jika menggunakan minyak bekas yang sudah lama digunakan berkali-kali, warna bakwan akan jadi lebih gelap.

Jika tak ada minyak baru, sebaiknya saring minyak hingga tak ada sisa-sisa makanan. 

Baca Juga: 10 Tips Memasak Perkedel Kentang yang Enak dan Gak Mudah Ambyar

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya