TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips dan Resep Bikin Bawang Goreng Renyah, Pelengkap Makan Enak!

Ini tips supaya bawang gorengmu gak gampang gosong

instagram.com/menubundadee

Setiap orang punya kebiasaan makan yang berbeda-beda. Ada yang suka sayur, ada yang wajib makan pakai kerupuk, dan ada juga yang makannya terasa gak nikmat tanpa adanya bawang goreng sebagai teman. Apa kamu salah satunya? 

Memang sih bawang goreng punya cita rasa yang khas dan membuat selera makan makin meningkat. Nah, supaya gak boros karena harus beli bawang goreng di luar, kenapa gak bikin sendiri di rumah?

Berikut ini adalah resep dan tips bikin bawang goreng yang renyah. Yuk coba!

1. Jangan potong bawang terlalu tipis atau terlalu tebal

unsplash.com/amiebell

Kunci supaya bawang gorengmu tidak mudah gosong saat digoreng adalah dengan memperhatikan ketebalannya. Jika kamu memotong terlalu tipis, bisa cepat gosong dan jika terlalu tebal, hasilnya akan sulit renyah. Dan untuk ketebalan yang disarankan dalam mengiris bawang untuk digoreng adalah 0,2 cm. 

2. Rendam dalam larutan air garam supaya rasanya kian gurih

unsplash.com/jeffsiepman

Penasaran gak sih kenapa bawang goreng yang dijual di pasaran selalu punya cita rasa yang gurih dan nagih? Ini karena setelah dicuci, bawang goreng direndam dalam larutan air garam selama 30 menit. Selain itu merendam air garam juga bisa mengurangi kelembapannya. Namun ingat, keringkan lebih dulu selepas direndam supaya minyak gak menyiprat ke mana-mana. 

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Bawang Goreng di Rumah Agar Tetap Awet, Gurih Banget!

3. Rahasia restoran kenapa punya bawang goreng yang renyah adalah dengan menabur tepung jagung sebelum digoreng

unsplash.com/Simona Sergi

Nah ini dia rahasia dapur restoran kenapa bawang goreng mereka selalu crunchy. Sebelum digoreng, biasanya bawang merah ditaburi dengan tepung jagung. 

Selain itu, pastikan juga minyak yang digunakan cukup banyak dan digoreng secara bertahap alih-alih langsung goreng dalam jumlah banyak. Dengan begitu, resep bikin bawang goreng apapun yang kamu pakai pasti akan berhasil! 

4. Jika ingin bawang goreng yang lebih gurih, pilih minyak goreng yang tepat

instagram.com/chopstick_bbq

Gak semua orang tahu kalau jenis minyak goreng memberi pengaruh kepada rasa bawang gorengnya. Pilih minyak goreng yang memiliki titik asap paling tinggi supaya mendapatkan rasa yang maksimal misalkan seperti minyak kacang tanah, minyak biji bunga matahari, dan minyak kanola. Namun ingat, hindari menggunakan minyak saat terlalu panas karena bisa membuat gosong. 

5. Hanya pakai bawang merah yang masih segar

unsplash.com/wonderlane

Sebisa mungkin, pilih bawang goreng yang masih segar ya. Ini karena bawang yang sudah layu akan cepat gosong ketika digoreng.

Baca Juga: 7 Kesalahan Mengolah Bawang Putih yang Sering Dilakukan Banyak Orang

Verified Writer

Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya