TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kulit Ayam Panggang Krispi, Camilan Sederhana tapi Maknyus!

Dijamin bikin nagih!

iamafoodblog.com

Kulit merupakan bagian dari ayam yang kadang dihindari oleh orang-orang. Padahal, kulit ayam adalah bagian yang mengandung lemak sehat, protein, dan bebas karbohidrat. Sehingga kulit ayam bisa jadi makanan yang sehat, asal diolah dengan benar.

Daripada dibuang, kamu bisa lho memanfaatkan kulit ayam menjadi camilan lezat dan sehat, yaitu kulit ayam panggang krispi. Setelah mencoba resep ini, dijamin kamu tidak akan membuang kulit ayam lagi. Langsung saja, simak resepnya di sini.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

pixabay.com/RitaE

Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat kulit ayam panggang krispi sangatlah sederhana dan mudah dicari, yaitu:

  • 8 bagian kulit ayam dari paha atau dada
  • Sejumput garam
  • Sejumput merica
  • Sejumput penyedap rasa
  • Sejumput bawang putih bubuk

Baca Juga: Rekomendasi 5 Spot Kuliner Kulit Ayam Goreng di Malang Raya

2. Buang lemak dari kulit ayam

freepik.com/mrsiraphol

Lepaskan kulit ayam dari bagian paha atau dada. Buang lemak besar menggunakan pisau dari bagian pinggir. Selanjutnya, hilangkan sisa lemak dengan cara dikikis.

Keringkan kulit seluruhnya di atas tisu dapur. Kemudian, siapkan loyang dan alasi dengan kertas roti. Taruh kulit ayam di atas roti dengan cara diregangkan.

3. Beri sedikit bumbu

unsplash.com/Tiard Schulz

Taburi kulit ayam dengan sedikit bumbu yang telah kamu siapkan. Kamu cukup memberi bumbu pada kulit ayam dengan ditaburi sedikit saja. Ini karena kulit ayam akan menyusut sebanyak 50 persen saat dimasak, sehingga kulit ayam akan memusatkan bumbu begitu dimasak nanti.

Nantinya, kulit ayam akan "tergoreng" dengan menggunakan lemaknya sendiri dan menjadi krispi. Jadi, kamu tidak perlu menambahkan minyak apapun.

4. Panggang hingga garing

lowcarbmaven.com

Masukkan ke dalam oven dan panggang pada suhu 200 derajat Celcius sampai kulit ayam berubah warna kecokelatan dan garing, yaitu selama kurang lebih 20 menit. Kulit ayam yang matang seharusnya berwarna coklat keemasan tua.

Setelah matang, angkat dari loyang. Kemudian, taruh di atas tisu dapur untuk meniriskan lemak berlebih.

Baca Juga: 6 Resep Olahan Kulit Ayam Paling Menggugah Selera, Wajib Dicoba!

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya