TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Apple Oatmeal Muffin yang Menyehatkan, Cocok buat Diet!

Enak sekaligus bikin sehat, nih!

ilustrasi muffin apel (unsplash.com/Foodie Flavours)

Siapa bilang muffin tidak menyehatkan. Sebenarnya kue ini hampir seperti dessert karena mengandung banyak gula dan mentega sehingga kurang baik jika dikonsumsi tiap hari. Namun, kamu juga dapat mengakalinya dengan membuat muffin versi yang lebih menyehatkan dengan mengganti beberapa bahan bakunya.

Apple oatmeal muffin ini mengandung buah-buahan yang kaya akan vitamin. Serta oatmeal untuk mendapatkan karbohidrat yang dibutuhkan. Resep ini pun cocok untuk kamu yang sedang menjalankan pola hidup sehat. Untuk membuat muffin ini di rumah, berikut step by step yang perlu diperhatikan.

1. Bahan yang dibutuhkan 

ilustrasi oatmeal (pexels.com/Karyna Pachenko)

Untuk membuat apple oatmeal muffin yang rendah kalori, berikut ini bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  • 2 mangkuk oatmeal
  • 2 buah pisang
  • 1 buah apel
  • 2 butir telur
  • 4 sendok minyal alpukat
  • 1 1/2 sendok teh ekstrak vanila
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 3/4 sendok teh sea salt
  • 2 sendok teh bubuk kayu manis
  • 3 sendok irisan kacang almond (opsional)

Baca Juga: Resep Brownies Kukus Gulung, Cara Membuat Camilan Buat Teman Ngeteh

2. Blender oatmeal 

ilustrasi memblender oatmeal (pexels.com/cottonbro)

Langkah pertama, siapkan dua mangkuk oatmeal beserta blender. Pastikan oatmeal yang dipakai bukan yang instan dan sudah memiliki rasa karena ini kurang menyehatkan. Baru setelah itu masukkan oatmeal ke dalam blender dan haluskan sampai bertekstur seperti tepung. Kamu juga bisa menggunakan food processor.

Oatmeal yang dihaluskan ini berfungsi sebagai pengganti tepung terigu. Hasilnya, muffin tetap lembut dan mengembang dengan sempurna. Selain itu, kamu juga boleh menggantinya dengan tepung yang gluten-free.

3. Campurkan bahan-bahan

ilustrasi membuat adonan (pexels.com/RODNAE Production)

Haluskan terlebih dahulu buah pisang menggunakan sendok. Lalu, tambahkan telur, minyak alpukat, ekstrak vanila, dan telur. Baru aduk semua bahan hingga tercampur menjadi satu. Cukup mengaduknya menggunakan sendok atau spatula.

Potong buah apel berukuran kotak kecil-kecil kemudian masukkan ke adonan bahan tadi. Tuangkan juga bubuk oatmeal, soda kue, bubuk kayu manis, dan sea salt. Aduk kembali menggunakan sendok hingga adonan menyatu.

4. Tuang adonan pada cetakan 

ilustrasi cetakan muffin (pexels.com/Castorly Stock)

Siapkan cetakan muffin yang dijual bebas di pasaran. Tuang adonan secara hati-hati ke dalam cetakan. Cukup isi sekitar 3/4 bagian cetakan untuk memberi ruang muffin agar dapat mengembang sempurna.

Tambahkan irisan kacang almond di atasnya sebagai garnish. Selain almond, bisa juga menambahkan sprinkle atau choco chip sesuai selera masing-masing.

Baca Juga: 5 Resep Panna Cotta ala Rumahan yang Enak dan Mudah Dibuat, Coba Yuk!

Verified Writer

Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya