TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Bikin Adonan Pizza yang Enak, Gak Kalah dengan Restoran Mahal

Bye bye adonan bantat...

bbc.com

Bikin pizza di rumah tuh asyik juga kali ya! Selain kita bisa menyesuaikan selera dan topping apa pun yang kita suka, biayanya pun jadi lebih murah. 

Sayangnya, seringkali kita terkendala dengan adonan yang gak pas, sehingga menghasilkan pizza yang rasanya tanggung. Bisa dibilang gak begitu enak. Nah, ternyata ada beberapa trik untuk menghasilkan adonan yang oke, lho. Simak caranya berikut ini!

1. Pastikan ragi yang kamu gunakan benar-benar masih bagus

blog.kingarthurflour.com

Pertama, yang wajib kamu cek adalah kualitas ragi. Kalau ragi yang digunakan sudah terlalu lama, adonan juga akan sulit mengembang.

Ada caranya untuk memeriksa ragi bagus atau tidak. Masukkan ragi ke air hangat, perhatikan apakah ragi akan berbusa. Jika berbusa, berarti yang kamu gunakan masih baik, tapi kalau tidak bereaksi berarti raginya sudah jelek.

Oh iya jangan lupa gunakan air hangat ya, jangan terlalu panas, jangan terlalu dingin, harus pas kurang lebih sama dengan suhu tubuh.

2. Uleni adonan dengan tepat

wisegeek.com

Uleni adonanmu kurang lebih selama 10 menit. Caranya dorong adonan ke depan, lalu gulung ke atas, ulangi terus menerus.

3. Olesi wadah adonan dengan minyak zaitun

afterorangecounty.com

Olesi wadah yang digunakan meletakkan adonan dengan minyak zaitun. Tujuannya supaya tidak lengket. Oh iya, olesi juga bagian atas adonan ya!

Baca Juga: 10 Tips Memasak Ceker Ayam, biar Makin Empuk dan Gak Amis

4. Diamkan adonan semalaman

afterorangecounty.com

Sebenarnya, satu jam saja sudah cukup untuk mendiamkan adonannya. Tapi, akan lebih baik jika kamu membiarkannya semalaman. Hasilnya akan lebih bagus lho, lebih fluffy!

5. Uleni kembali adonan setelah mengembang

blog.gygi.com

Setelah mengembang, adonan jangan langsung dipotong dan dibentuk. Untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam adonan, uleni sekali lagi kurang lebih 1-2 menit saja. 

6. Tambahkan sedikit tepung dan tutup dengan handuk

portplums.com

Ketika sudah dibagi menjadi beberapa bagian, taburi sedikit tepung, lalu tutup dengan kain dan diamkan lagi sekitar sejam. Benar-benar harus sabar nih! 

Baca Juga: 9 Tips Memasak Telur Rebus Setengah Matang yang Enak dan Gak Amis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya