TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Gurita Bakar supaya Bebas Alot

Kuncinya lakukan pre-cooking

Daging gurita di dalam panci (pexels.com/RDNE Stock project)

Gurita adalah salah satu seafood populer yang kerap dijadikan hidangan utama dalam berbagai acara. Salah satunya adalah gurita bakar yang mampu memberi rasa lezat dan tekstur khas menggugah selera.

Supaya daging gurita terhindar dari alot saat dibakar, ada baiknya perhatikan dulu lima tips berikut ini supaya hasil masakanmu lebih enak ketika disajikan.

1. Perhatikan potongan gurita

Daging gurita (pexels.com/RDNE Stock project)

Kamu harus mengetahui betul potongan gurita yang hendak dimasak supaya hasilnya maksimal. Bila gurita tidak dipotong dengan baik, khawatir hasilnya malah tidak enak dan berpengaruh terhadap tekstur. Hindari memotong daging terlalu kecil karena nantinya gurita akan menciut saat dimasak dan bikin alot.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Cumi Asin yang Benar, biar Gak Alot dan Gurihnya Pas

2. Pre-cooking dengan cara direbus

ilustrasi air mendidih di dalam panci (pixabay.com/MYCCF)

Sebelum gurita dibakar, ada baiknya untuk melakukan pre-cooking supaya hasilnya maksimal. Dalam konteks ini, daging gurita yang sudah dibersihkan dapat direbus di air mendidih selama beberapa menit. Ini akan membantu membuat dagingnya lebih gampang empuk walaupun tidak dibakar terlalu lama.

3. Tambahkan lemon ke dalam bumbu marinasi

ilustrasi lemon (pexels.com/Lukas)

Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan marinasi untuk membantu melunakkan daging gurita supaya empuk dan menghindari bau amis. Caranya bisa dengan menyisipkan air lemon ke dalam bumbu marinasi yang dipakai lalu diamkan sebentar. Lemon akan membantu membuat daging lebih lembut dan rasanya semakin intens.

4. Tambahkan minyak zaitun agar tidak kering

ilustrasi minyak zaitun (pixabay.com/Monfocus)

Selain lemon, kamu juga memerlukan tambahan minyak, seperti minyak zaitun, dalam proses membakar daging gurita. Minyak bukan cuma dipakai untuk memberi rasa pada gurita, tetapi mampu membuat daging gurita tetap lembap dan tidak terasa kering saat disajikan.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Gurita agar Tidak Alot, Lembut Digigit

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya