TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Apem Gula Merah dari Tepung Terigu, Teksturnya Lembut!

Ternyata buatnya gak susah, lho!

kue apem gula merah (instagram.com/merrytan_tuwendi)

Kamu yang warga Jogja dan sekitarnya pasti udah gak asing sama kue apem. Gak banyak yang tahu, kue apem asalnya bukan dari Indonesia, melainkan India dan Sri Lanka. Di tempat asalnya, kue ini dikenal dengan nama appam. Kue ini kemudian masuk ke Indonesia ratusan tahun yang lalu dan bertahan hingga sekarang.

Memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, kue apem awalnya terbuat dari tepung kanji, kelapa parut, dan gula merah. Tapi ternyata, kamu juga bisa mengganti bahannya dengan tepung terigu. Berikut resep kue apem gula merah dari tepung terigu!

 

Baca Juga: 5 Resep Olahan Kue Apem, Camilan Jadul yang Enaknya Ngangenin

1. Bahan Kue Apem Gula Merah

kue apem gula merah (instagram.com/merrytan_tuwendi)

  1. 225 gram tepung terigu protein sedang
  2. 30 gram tepung tapioka
  3. 250 ml santan kental
  4. 100 ml air
  5. 100 gram gula merah
  6. 3 lembar daun pandan
  7. 2 sendok makan gula pasir
  8. 1/4 sendok teh garam
  9. 1 sendok teh ragi instan
  10. 1/2 sendok teh baking powder
  11. 1/2 butir kelapa, parut kasar
  12. 2 sendok teh garam
  13. 2 lembar daun pandan

2. Cara Membuat Kue Apem Gula Merah

ilustrasi adonan kue apem (pexels.com/Viktoria Lunyakova)
  1. Untuk membuat kue apem, yang harus kita lakukan pertama adalah memasak gula merahnya terlebih dahulu. Siapkan panci, masukkan gula merah, garam, gula, dan sedikit air. Masak gula hingga larut dan mendidih.
  2. Setelah gula merah larut, masukkan santan kental. Aduk-aduk hingga santannya mendidih dan tercampur dengan gula merah. Matikan api, kemudian saring santan gula merah ke gelas dan sisihkan.
  3. Sambil menunggu santan gula merahnya dingin, kita membuat taburan kelapanya. Siapkan kelapa yang sudah diparut kasar, kemudian tambahkan garam dan potongan daun pandan. Kukus parutan kelapa di panci selama 15 menit, angkat dan sisihkan.
  4. Menunggu kukusan, kita kembali ke adonan kue apem. Siapkan loyang, alasi bagian bawahnya dengan daun pisang, kemudian oles permukaan daun pisang dan sisi loyang lainnya dengan minyak goreng. Loyang siap, mari kita bisa mulai membuat adonan kuenya.
  5. Di wadah, campur tepung terigu, tepung tapioka, baking powder, dan ragi instan. Aduk rata dengan sendok atau whisk sampai semua bahan kering tercampur rata. Tuang santan gula merah yang sudah hangat sedikit demi sedikit ke dalam wadah sambil terus diaduk.
  6. Aduk adonan sampai licin dan gak ada bahan yang menggumpal. Setelah itu, tutup wadah dan diamkan adonan selama 1 jam. Setelah 1 jam, adonan akan naik dan teksturnya berubah.
  7. Aduk adonan kue apem sebentar, kemudian tuang adonan ke dalam loyang yang seluruh permukaannya sudah diolesi minyak goreng. Ratakan adonan dengan menggunakan spatula, lalu masukkan loyang ke dalam panci kukusan yang sudah dipanaskan. Kukus adonan selama 30 menit atau sampai kue apemnya matang.
  8. Setelah 30 menit, buka kukusan dan angkat loyang. Diamkan loyang hingga kue apemnya dingin. Setelah kuenya dingin, keluarkan kue apem dari loyang dan buang daun pisang yang menjadi alasnya. Potong kue sesuai selera dan sajikan dengan parutan kelapa. 

Baca Juga: 5 Trivia Kue Putu Ayu, Kue Basah yang Masih Bersaudara dengan Kue Putu

Verified Writer

Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya