TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Membuat Selai Anggur Buat Pendamping Roti Bakar, Rasanya Unik!

Sudah pernah coba belum?

pexels.com/Buenosia Carol

Roti bakar dan selai seperti sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Tapi kalau isian selainya hanya rasa cokelat, stroberi atau keju, itu sudah biasa. Kalau roti bakar pakai selai anggur, pernah coba gak nih?

Kalau penasaran sama gimana cita rasa uniknya, coba bikin selai anggur sendiri di rumah yuk. Simak resep dan panduan cara membuatnya di bawah ini!

1. Pisahkan anggur dari bijinya

unsplash.com/@foodiesfeed

Pertama-tama, kupas anggur lalu keluarkan biji di dalamnya. Kulit anggur yang sudah dikupas jangan dibuang karena akan digunakan untuk tambahan tekstur dan warna pada selai agar lebih menarik

Baca Juga: 5 Ide Olahan Selai Bercita Rasa Gurih, Beda dan Lezat Banget!

2. Peras daging anggur dan didihkan 

unsplash.com/@nevenkrcmarek

Daging anggur yang sudah dipisahkan dari kulit dan bijinya kemudian di peras hingga menjadi bulir-bulir halus. Setelah itu masak daging anggur dengan gula yang sudah disiapkan. Gunakan api sedang agar adonan selai tidak mudah gosong.

3. Masak hingga konsistensinya mengental

pexels.com/One Shot

Proses pemasakan selai berkisar 10-15 menit. Tunggu adonan selai hingga mendidih. Jika konsistensinya sudah mengental dan air sudah menyusut, artinya selai sudah matang.

4. Hilangkan uap panas sebelum disimpan dalam wadah tertutup

unsplash.com/@micheile

Selai yang sudah matang bisa disimpan dalam wadah atau toples kaca hingga uap panasnya menghilang. Sebaiknya hindari  menyimpan selai dalam keadaan panas, sebab uap panasnya akan memengaruhi konsistensi selai sehingga kurang awet dan cepat basi.

Baca Juga: 5 Buah Ini Dapat Kamu Olah Menjadi Selai Lezat, Cocok Untuk Sarapan!

Verified Writer

Lil El

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya