TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Tumis Tahu Tempe Cabai Hijau, Lauk Makan yang Sedap

Menu pendamping nasi yang nikmat dan praktis

ilustrasi olahan tahu (pixabay.com/jsbaw7160)

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tempe dan tahu. Makanan berbahan dasar kedelai ini menjadi bahan makanan untuk lauk pauk yang populer.

Biasanya, tahu atau tempe disajikan dengan cara digoreng dan dimakan bersama nasi putih. Jika bosan dengan olahan tempe dan tahu yang itu-itu saja, kamu bisa menerapkan resep tumis tahu tempe cabai hijau di bawah ini, lho.

Resep tumis tahu tempe cabai hijau ini selain praktis, tapi juga bisa menjadi alternatif untuk mengolah tahu dan tempe di rumah. Langsung saja ikuti langkah pembuatannya lewat resep di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Tahu putih (pixabay.com/621hjmit)

Bahan utama:

  • 4 buah tahu putih
  • 1 papan tempe
  • 400 ml air
  • kaldu bubuk secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 8 buah cabai rawit hijau
  • 4 cabai rawit merah
  • 5 buah cabai hijau besar

2. Potong-potong tahu dan tempe

Potongan tahu (pixabay.com/allybally4b)

Ambil tahu putih, lalu potong menjadi empat bagian dan pindahkan ke dalam wadah. Kemudian, ambil satu papan tempe dan potong berbentuk dadu. Untuk ukuran dan jumlah potongan tempe ini dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Setelah itu, nyalakan api kompor dan panaskan minyak goreng secukupnya di wajan. Kalau minyak sudah panas, goreng tahu dan tempe hingga matang. Goreng tempe dan tahu secara terpisah, lalu angkat dan tiriskan.

Baca Juga: Resep Burger Tempe Simpel dan Enak untuk Vegetarian

3. Haluskan dan tumis bumbu halus

ilustrasi menghaluskan bumbu (pexels.com/Cottonbro)

Masukkan semua bahan bumbu halus, seperti bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, dan cabai hijau besar ke dalam blender atau food processor, lalu giling hingga halus. Kamu juga bisa menggunakan ulekan untuk menghaluskan bumbu.

Setelah itu, nyalakan api kompor, lalu panaskan kembali minyak goreng di wajan. Kalau minyaknya mulai panas, masukkan bumbu yang telah dihaluskan sambil diaduk agar bumbu tidak gosong. Aduk dan tumis bumbu hingga mulai matang dan harum.

4. Masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap

Ilustrasi menumis (pixabay.com/StockSnap)

Masukkan tahu dan tempe yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu. Kemuidan, aduk sebentar hingga tahu dan tempe tercampur rata bersama dengan bumbu.

Setelah itu, tuang air ke dalam wajan sambil terus diaduk agar bumbu tidak gosong. Kemudian, masukkan bumbu, seperti garam, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupnya, ke dalam tumisan tahu dan tempe. Aduk hingga tercampur dengan rata bersama bumbu.

Kalau sudah, masak hingga kuahnya mulai menyusut dan bumbu meresap sempurna ke dalam tempe dan tahu. Kecilkan api dan diamkan sebentar.

Baca Juga: Resep Tumis Kangkung Tempe Ulek yang Bikin Ngiler

Verified Writer

Max Thobias

Cooking, writing and exercising... Do your part and all you can, and let God do his part and finish it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya