TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Bikin Sambal Cumi Balado Kualitas Resto ala Devina Hermawan 

Rasanya dijamin bikin ketagihan!

Sambal cumi balado (youtube.com/Devina Hermawan)

Kita tentu membutuhkan makanan serba praktis untuk disantap saat sahur maupun berbuka puasa. Sambal cumi balado bisa dijadikan opsi karena mudah disimpan dan disantap kapan saja. Hanya bermodalkan nasi hangat, kamu bisa menyantap hidangan ini dengan penuh nikmat.

Bagi kamu yang masih takut gagal membuatnya, lebih baik simak tips berikut agar sambal cumi buatanmu sama lezatnya dengan kualitas resto. Tips ini dibagikan oleh Devina Hermawan melalui kanalnya di Youtube. Yuk, simak di bawah ini!

1. Cuci cumi asin dengan air panas

ilustrasi cumi-cumi (pixabay.com/DigitalDDay)

Saat memasak hidangan cumi, tentunya kamu tidak lupa untuk mencuci cumi asin dengan air panas. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan aroma sekaligus membuat teksturnya menjadi lebih empuk.

Rendam cumi asin dengan air panas dan tiriskan. Potong cumi sesuai selera dan cuci bersih agar sisa pasir yang tertinggal keluar.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Cumi-cumi Segar, Aromanya Anti Amis!

2. Tumis cumi terlebih dahulu 

Proses menumis cumi (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah dipotong dan dicuci bersih, tumis cumi terlebih dahulu hingga setengah matang. Hal ini untuk mengurangi aroma cumi yang tidak sedap sehingga aromanya tidak terlalu menyengat.

Tutup wajan saat menggoreng cumi-cumi agar letupan-letupannya terhindar. Setelah setengah matang atau berubah warna, angkat dan tiriskan.

3. Gunakan cabai kering untuk warna yang lebih merah 

ilustrasi cabai kering (pexels.com/My Walking Diary)

Tentu saja, kamu bisa menggunakan cabai apapun dalam membuat hidangan ini. Kamu bisa menambahkan cabai rawit, jika ingin rasa yang lebih pedas.

Namun, untuk warna yang lebih merah, kamu bisa menggunakan cabai kering yang sudah direndam air panas untuk melunakkan teksturnya.

4. Masukkan cumi setelah bumbu matang 

Proses membuat sambal cumi (youtube.com/Devina Hermawan)

Bumbu matang ditandai dengan warna cabai yang berubah menjadi merah disertai minyak yang mulai tenang. Pada tahap ini, kamu sudah boleh memasukkan cumi.

Tambahkan bumbu seperti gula, garam, dan penyedap secukupnya. Pastikan kamu memerhatikan penambahan garam karena menggunakan cumi asin.

Baca Juga: 5 Menu Lembut Berbahan Cumi-cumi, Rempahnya Terasa Meresap!

Verified Writer

Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya