TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahan yang Bisa Jadi Alternatif Gula Merah dalam Masakan

Sudah tahu belum, nih?

wisestepstravel.com

Gula merah kerap digunakan untuk olahan dessert atau pun sajian sarapan sederhana seperti bubur kacang hijau. Selain memberikan citarasa manis yang khas, gula merah juga efektif membuat olahan masakan menjadi lebih wangi. Namun, terkadang saat hendak memasak olahan yang menggunakan gula merah, justru ketersediaan gula merah tersebut rupanya malah kosong.

Jangan gusar, coba cek bahan lain di lemari dapurmu, seperti bahan-bahan berikut yang ternyata dapat menyiasati fungsi gula merah dalam masakan.

1. Gula putih

cbc.ca

Bahan yang paling praktis agaknya memang gula putih. Sesuaikan takaran pemberian gula putih tersebut dengan jenis masakan dan tingkat rasa yang diinginkan. Kendati demikian, tekstur akhir dari masakan yang dihasilkan memang tak sekenyal apabila memakai gula merah. 

2. Gula putih dan molase

bhg.com.au

Perpaduan gula putih dan molase juga dapat mengakali kekosongan gula merah. Banyaknya molase yang digunakan harus seiring dengan tingkat kepekatan untuk 'gula merah' yang diinginkan. Mulai dari gula merah muda dan gula merah dengan warna lebih pekat. 

Baca Juga: 6 Khasiat Mengagumkan Gula Merah Bagi Kesehatan

3. Gula putih dan sirup maple

freshfarmsusa.com

Sirup maple yang dikombinasikan dengan gula putih pun dapat jadi alternatif untuk gula merah. Citarasa akhir pada masakan juga mirip apabila seandainya memang menggunakan gula merah yang sebenarnya. Takar pemakaian gula putih dan sirup maple tersebut hingga menemukan rasa yang pas.

4. Sirup maple ataupun nektar agave, dan madu

houseofwellness.com.au

Kombinasi jitu lainnya yakni madu yang dicampur dengan sirup maple ataupun nektar agave. Cermati saat mengatur takaran dari bahan tesebut sebab sejatinya kandungan air di dalam bahan itu memang terbilang cukup tinggi. Imbasnya, citarasa masakan dapat terpengaruh.

Baca Juga:  5 Cara Memilih dan Menyimpan Gula Merah Agar Tetap Awet

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya