TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Membuat Roti Goreng yang Renyah dan Gak Berminyak

Adonan roti tak harus diuleni sampai kalis

ilustrasi roti goreng (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Sekarang ada banyak jenis roti yang bisa digoreng. Roti jenis ini tentu memiliki perbedaan dengan roti pada umumnya yang dipanggang, misalnya, dari segi tekstur, roti goreng jelas lebih renyah saat disantap. Dalam proses pembuatannya, kamu tak perlu susah payah menguleni adonan hingga kalis.

Biar kamu semakin semangat membuat roti goreng, berikut beberapa tips membuat roti goreng agar teksturnya renyah dan tak terlalu berminyak. Dijamin hasilnya enak banget!

Baca Juga: Resep Cakwe dan Odading, Pasangan Roti Goreng Terlezat dari Bandung

1. Pastikan adonannya tertutup rapat

ilustrasi roti goreng (instagram.com/leo_chaplin_the_clown)

Salah satu jenis roti yang bisa digoreng adalah roti isi. Pada roti jenis ini, adonannya sudah pasti harus bisa menutupi bahan isian roti dengan rapat. Tujuannya agar bahan isian tersebut tak tercampur dengan minyak saat digoreng. Beberapa bahan yang biasanya dijadikan sebagai isian roti adalah cokelat, keju, daging, custard, dan es krim.

Jadi setelah roti diberi isian, segera kunci adonan. Caranya dengan menekuk bagian adonan yang terbuka seperti saat kamu membuat pastel atau bakpao. Kemudian, untuk memastikan tekstur roti goreng lebih padat, adonan yang sudah diberi isian harus disimpan di kulkas. 

2. Gunakan minyak padat untuk menggoreng

ilustrasi roti goreng (instagram.com/loyang.mas)

Beberapa orang mungkin masih asing dengan minyak padat. Minyak padat merupakan salah satu jenis minyak berwarna putih yang beku dan perlu dipanaskan terlebih dahulu saat akan digunakan agar mencair. Roti yang digoreng dengan minyak padat teksturnya lebih renyah dan tentunya tak akan terlalu banyak minyak.

Tak hanya itu, penggunaan minyak padat bisa membuat roti goreng tak cepat alot. Hal tersebut dikarenakan minyak padat memiliki titik asap lebih tinggi dari minyak goreng. Hebatnya lagi, minyak padat bisa kamu pakai berulang kali dan hasil gorengannya tetap berkualitas baik.

Baca Juga: 5 Penyebab Perbedaan Tekstur antara Roti Tawar dan Roti Manis

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya