TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Membuat Kulit Lumpia Anti Gagal, Hanya Pakai 4 Bahan

Kulit lumpia gak mudah sobek, elastis, dan renyah 

ilustrasi kulit lumpia yang renyah (freepik.com/lifeforstock)

Memiliki tekstur yang lebih tipis dan ringan dibandingkan kulit risol, membuat kulit lumpia jauh lebih renyah setelah digoreng. Dengan kulit yang jauh lebih tipis, gak salah jika kulit lumpia lebih sulit untuk dibuat sendiri. Karena itu sebagian dari kita seringkali membeli kulit lumpia terlebih dulu dibandingkan harus membuat kulit lumpia yang seringkali gagal.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat kulit lumpia, mulai dari cara yang cukup rumit seperti membuat adonan roti yang harus digilas hingga cara yang cukup mudah hanya dengan bermodalkan blender atau pun chopper.

Membuat kulit lumpia bermodalkan blender atau pun chopper juga gak butuh telur, lho. Walaupun nampak mudah, tapi tetap membutuhkan teknik khusus untuk membuat kulit lumpia anti gagal seperti resep beserta tipsnya berikut ini. 

1. Siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan

ilustrasi bahan untuk membuat kulit lumpia (freepik.com/user14908974)

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt garam
  • 450 ml air
  • minyak goreng secukupnya

Alat yang dibutuhkan:

  • kuas silikon
  • wajan anti lengket

Baca Juga: 10 Tips Membuat Lumpia Goreng ala Rumahan, Renyahnya Meriah

2. Buat adonan kulit lumpia

ilustrasi membuat adonan kulit lumpia (instagram.com/faraleyama)

Campurkan tepung terigu protein sedang, garam, dan air di dalam blender atau chopper. Untuk mencampurkan adonan, kamu juga bisa menggunakan whisk tapi akan butuh waktu yang lebih lama untuk menghasilkan adonan kulit lumpia yang lembut dan benar-benar tercampur rata.

Setelah itu, saring adonan kulit lumpia menggunakan bantuan sendok atau spatula. Ini dilakukan agar adonan kulit lumpia benar-benar tercampur rata dan gak menggumpal.

3. Masak adonan kulit lumpia

ilustrasi memasak kulit lumpia (instagram.com/faraleyama)

Panaskan wajan anti lengket dengan api yang benar-benar kecil, lalu beri sedikit minyak goreng di permukaannya dan ratakan menggunakan tisu. Selanjutnya, oleskan adonan kulit lumpia sedikit demi sedikit pada permukaan wajan anti lengket menggunakan kuas silikon.

Gak hanya memudahkan, dengan kuas silikon kamu juga bisa mengatur ketebalan adonan kulit lumpia yang dimasak sesuai selera. Biarkan selama kurang lebih 3 menit hingga pinggiran kulit lumpia mulai mengering. Terakhir, angkat kulit lumpia dengan mengangkat bagian pinggirnya terlebih dulu.

4. Tutupi dengan kain bersih sebelum kulit lumpia digunakan

ilustrasi menutup kulit lumpia dengan kain bersih (instagram.com/faraleyama)

Letakkan kulit lumpia yang telah matang di atas wadah yang telah ditaburi dengan tepung terigu. Tutupi kulit lumpia dengan kain bersih agar kulit lumpia tetap lembut sebelum digunakan.

Lakukan cara dan langkah yang sama untuk seluruh adonan kulit lumpia. Kulit lumpia yang sudah kamu buat ini bisa bertahan selama seminggu jika disimpan di kulkas, lho. Tapi, sebaiknya lapisi setiap lapisan kulit lumpia dengan plastik dan tepung terigu agar teksturnya bisa tetap elastis.

Baca Juga: 10 Kuliner Legendaris Semarang Selain Lumpia, Gak Kalah Menggoda

Verified Writer

Tyara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya