TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kulit Risol Anti Sobek, Hanya Butuh 5 Bahan untuk Membuatnya

Tips ini biki kulit risol jadi elastis dan gak ketebalan

ilustrasi kulit risol (instagram.com/dhiahoddie)

Bagi yang belum tahu cara yang benar untuk membuat kulit risol mungkin seringkali mendapatkan kulit risol yang sudah dibuat mudah sobek, agak tebal, dan basah. Membuat kulit risol yang gak mudah sobek memang agak sedikit sulit.

Walaupun sudah mencoba untuk dibuat berkali-kali dengan takaran dan bahan yang berbeda, tapi tetap saja gagal. Untuk membuat kulit risol anti sobek pastinya membutuhkan bahan dan teknik khusus.

Hanya butuh 5 bahan dan cukup mudah untuk ditemukan, kamu sudah bisa memulai untuk membuat kulit risol anti sobek dengan resep berikut ini. Simak yuk! 

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

ilustrasi bahan untuk membuat kulit risol (pexels.com/Elina Fairytale)

Bahan-bahan:

  • 125 gr tepung terigu protein tinggi
  • 310 ml susu cair
  • 1 butir telur
  • 1½ sdm minyak goreng
  • ½ sdt garam

Baca Juga: 12 Tips Membuat Risol Mayo, Krispi di Luar dan Lumer di Dalam 

2. Buat adonan kulit risol

ilustrasi membuat adonan kulit risol (instagram.com/echi_raffani)

Campurkan tepung terigu protein tinggi, susu cair, telur, minyak goreng, dan garam menggunakan chopper, blender, ataupun whisk. Gunakan kecepatan sedang untuk mencampurkan seluruh bahan hingga benar-benar tercampur rata.

Setelah itu, saring adonan kulit risol sambil diaduk-aduk menggunakan sendok atau spatula. Ini dilakukan agar adonan kulit risol benar-benar lembut dan gak menggumpal.

3. Masak adonan kulit risol

ilustrasi memasak adonan kulit risol (instagram.com/echi_raffani)

Panaskan wajan anti lengket menggunakan api sedang cenderung kecil. Kemudian, oleskan sedikit minyak atau margarin di permukaan wajan anti lengket. Ambil adonan kulit risol menggunakan sendok sayur atau centong.

Tuangkan adonan risol di permukaan wajan anti lengket yang telah diolesi sedikit minyak goreng. Setelah itu, segera ratakan adonan risol dengan cara menggoyangkan wajan anti lengket ke kiri dan ke kanan.

Masak adonan hingga matang dengan ditandai munculnya gelembung pada adonan kulit risol dan pinggirannya mulai mengering. Kecilkan api dan angkat wajan, lalu letakkan kulit risol di atas piring. Ulangi dan lakukan cara yang sama untuk seluruh adonan kulit risol.

4. Kulit risol anti sobek siap digunakan

ilustrasi kulit risol anti sobek (instagram.com/nurislamiyah_muchsin)

Kulit risol anti sobek bisa kamu gunakan untuk membuat risol varian apa pun, seperti risol mayo dan risol ragout. Cara membuat risol mayo cukup mudah, kok. Caranya, ambil 1 lembar kulit risol anti sobek, lalu letakkan keju parut, potongan sosis, potongan telur rebus, dan mayones di atasnya.

Kemudian, lipat dan gulung kulit risol. Lumuri risol mayo dengan kocokan telur, lalu balur dengan tepung roti. Terakhir, goreng risol mayo hingga kuning kecokelatan.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Kroket Belanda, Ide Jualan Selain Risol Mayo 

Verified Writer

Tyara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya