TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Wajik Pandan Pakai Rice Cooker, Begini Cara Buat yang Mudah

Cara ini bikin wajik pandan gak pakai lama dan praktis

ilustrasi wajik pandan rice cooker (instagram.com/vitakwee)

Wajik pandan merupakan kreasi yang lezat dari wajik tradisional dengan sentuhan aroma dan cita rasa pandan yang wangi. Dengan sentuhan hijau alami dari daun pandan, wajik pandan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pencinta makanan manis. Dan yang terbaik, gak perlu repot-repot lagi untuk membuatnya karena sekarang wajik pandan bisa dibuat dengan mudah menggunakan rice cooker.

Dengan memanfaatkan teknologi rice cooker,  kamu bisa menciptakan wajik pandan yang tetap mempertahankan keempukan, kelembutan, dan kekenyalannya yang khas.

Buat kamu yang ingin mencoba membuat wajik pandan, berikut resep wajik pandan dan cara membuatnya menggunakan rice cooker.

Baca Juga: Resep Wajik Gula Merah Pakai Rice Cooker, Gampang Banget Bikinnya

Bahan Wajik Pandan

ilustrasi beras ketan (freepik.com/jcomp)

  1. 500 gram beras ketan
  2. 300 gram gula pasir
  3. 200 ml santan kental
  4. 300 ml santan encer
  5. 100 ml jus pandan
  6. 1/4 sdt pasta pandan
  7. 1/4 sdt garam

Cara Membuat Wajik Pandan

ilustrasi membuat wajik pandan pakai rice cooker (instagram.com/vitakwee)
  1. Masukkan beras ketan yang telah direndam, santan encer, dan jus pandan ke dalam rice cooker. Aduk hingga tercampur rata, lalu masak beras ketan hingga matang selama kurang lebih 45 menit.
  2. Sementara itu, rebus santan kental bersama gula pasir, sedikit pasta pandan, dan garam hingga mendidih sambil terus diaduk agar gak pecah santan menggunakan api sedang cenderung kecil.
  3. Kemudian, masukkan ketan yang telah dimasak menggunakan rice cooker. Aduk ketan hingga mengental dan tercampur rata dengan rebusan santan.
  4. Setelah itu, masukkan wajik pandan ke dalam loyang yang telah dioles dengan minyak goreng. Ratakan seluruh permukaannya dengan cara ditekan-tekan.
  5. Diamkan wajik pandan hingga dingin dan memadat sebelum dipotong-potong dan disajikan.

Baca Juga: 5 Fakta Golla Kambu, Wajik Khas Mandar-Polewali yang Legit

Verified Writer

Tyara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya