TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Mengapa Kue Keringmu Tidak Lagi Renyah, Penasaran?

Yuk perbaiki caranya agar kue kering tidak gagal lagi

loveandoliveoil.com

Ada beragam jenis kue yang dapat dinikmati dan bahkan dibuat sendiri di rumah. Salah satunya adalah jenis kue kering yang tentunya memiliki karakteristik sebagai kue dengan tekstur yang renyah. Namun, membuat kue kering tak semudah yang dibayangkan sebab jika tak tepat caranya, maka kue akan menjadi tidak renyah.

Untuk kamu yang penasaran mengapa kue kering bisa tidak renyah, berikut lima daftarnya.

1. Pilih jenis tepung yang tepat

Pexels/Skitterphoto

Kegagalan dari kue kering milikmu bisa disebabkan karena penggunaan tepung yang tidak tepat. Biasanya untuk penggunaan tepung pada kue kering memiliki dua jenis secara umum, yaitu terigu rendah protein dan protein sedang.

Pemilihan antara kedua jenis tepung dapat disesuaikan dengan bagaimana tekstur yang diinginkan pada kue kering. Bila kamu ingin kue kering yang dibuat memiliki tekstur renyah sekaligus lembut, maka kamu dapat memilih tepung rendah protein yang memang hanya menyerap sedikit air.

Baca Juga: Anti Gosong, Ini 5 Tips Memanggang Kue Kering Agar Matang Sempurna

2. Menggunakan takaran bahan tak sesuai resep

thespruceeats.com

Tak hanya dalam membuat kue, untuk soal memasak pun tentunya ada takaran-takaran dalam penggunaan bahan-bahan. Kesalahan dalam menggunakan takaran tentu saja dapat menyebabkan kegagalan. Oleh sebab itu, perhatikan takarannya sebelum mengolah bahan-bahan.

3. Beberapa bahan harus mengikuti suhu ruang

dietdoctor.com

Penggunaan berbagai jenis bahan sudah tentu akan memberikan hasil tersendiri pada adonan kuemu. Namun, ada pula beberapa bahan seperti telur dan mentega yang biasanya kamu letakan di kulkas.

Bila ingin menggunakan bahan-bahan tersebut, pastikan untuk telah mengeluarkannya dari kulkas dan mendiamkannya agar mengikuti suhu ruang.

4. Mengaduk adonan secukupnya saja

thegrocer.co.uk

Bersemangat ketika membuat kue sudah tentu boleh-boleh saja, namun jangan sampai membuat akibat fatal terhadap kue keringmu. Cukup aduk adonan hingga menjadi kalis dan jangan terlalu mengaduknya secara berlebihan. Ketika kamu mengaduk secara berlebihan, maka akan berisiko untuk membuat kue kering menjadi lebih keras.

Baca Juga: Resep Nastar Isi Nanas Tanpa Oven, Kue Kering Favorit Banyak Orang

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya